Blackhole

Kata Pengantar:

Blackhole Jilid 1

Karya Ibnu Somowiyono NA

Jilid satu ini agak berbeda dengan yang saya tulis sebelumnya, sebab pada tulisan yang terdahulu terdapat banyak hal yang saya anggap membingungkan pembaca, terutama menyangkutkesinambungannya akibat tidak adanya urutan bab dan setiap kali saya membuka blog baru. Terus terang, sarana internet merupakan barang baru bagi saya.

Menulis dalam blog sangat nyaman bagi saya, sebab dengan mudah setiap saat saya dapat mengedit,sehingga setiap kali ada masukan-masukan dan ide baru dari siapapundatangnya dapat saya gunakan untuk lebih memperbaiki mutu tulisan saya.

Kesulitan yang mungkin saya hadapi ialah jika sewaktu-waktu terdapat bagian yang dianggap meresahkan seseorang atau golongan dan harus saya robah atau bahkan saya hilangkan, padahal jika bagian itu saya  robah atau tiadakan terjadi protes dari pembaca yang menganggap bagian itu sangat penting atau menganggu kesinambungan jalannya ceritera.

Saya memohon pengertian dan memohon maaf kepada yang telah membaca tulisan saya,jika kemudian tiba-tiba saya menghilangkan atau merobah bagian itu dan menggantikan dengan yang baru, ini semata-mata demi kebaikan  kita semua. Sebaliknya jika pada tulisan saya terdapat hal-hal yang kurang berkenan dihati pembaca justru saya harap segera memberitahu kepada saya dengan argumen-argumennya dan akan saya sampaikan kepada seluruh pembaca agar terjadi hubungan interaktif antara penulis dan seluruh pembaca. Saya menulis untuk anda dan anda membaca untuk saya, hasilnya untuk kita semua.

Bagi saya merupakan suatu kehormatan jika tulisan saya dibaca, diberi kritik dan saran agar lebih menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Saran dan kritik itu dapat disampaikan lewatbuku tamu yang tersedia di site/situs saya.

Terima kasih. Selamat membaca.

Penulis: Ibnu Somowiyono NA.

Bab I Jilid 1: TEORI BARU dan ISTILAH BARU:

I.Teori Kekekalan Energi dalam Fisika merupakan dasar dari teori Minimalis:

Dalam sebuah sistem tertutup jumlah seluruh energi tetap, yang berubah adalah jenis energinya.

Sebuah sistem tertutup adalah bagian yang terisolasi dari sekelingnya sehingga tidak terjadi pertukaran energi antara bagian itu dengan sekitarnya.

Beberapa jenis energi dalam fisika: Energi Grafitasi, Energi Potensial, Energi Panas, Energi Kinetik, Energi Listrik, Energi Kimia, Energi Biologi, Energi Elektro magnet, dan masih banyak sekali yang lainnya. Energi ini disebut sebagai Energi Fisika, memiliki dimensi waktu,ruang dan massa    Gunanya untuk melakukan aktifitas fisik, misalnya berpindahan koordinat, perubahan ujud, komunikasi, pembentukan dan pengancurkan sesuatu dan lain-lain

2. Teori Minimalis : gagasan Ibnu Somowiyono NA yang dimaksudkan agar pembaca dapat mengikuti jalannya ceritera fiksi berjudul Blackhole.

Alam semesta merupakan sebuah sistem tertutup, sehingga jumlah energinya tetap yang berubah adalah jenis energinya.

Asumsi ini berdasarkan anggapan bahwa saat ini alam semesta sedang mengembang.

Sesuatu dikatakan mengembang/memuai karena ada batas antara sesuatu itu dengan sekelingnya. Batas itu dapat saja merupakan sebuah sekat yang mengisolasi alam semesta dengan sekelilingnya sehingga tak terjadi pertukaran energi alam semesta dengan sekitarnya.

Karena teori Minimalis hanya dimaksud agar pembaca dapat mengikuti sebuah fiksi jadi tak perlu diuji kebenarannya sebagai sebuah teori ilmiah, namun jika ada yang mensejajarkan sebagai teori ilmiah justru itu merupakan kehormatan bagi saya petapapun dianggapnya tak ada manfaatnya, bahkan dikatakan sesat.

I.Jenis Energi dan Sub Alam Semesta:

A. Energi Fisika: memiliki dimensi waktu,ruang dan masa (detik,m kubik,kilogram).  Gunanya untuk melakukan aktifitas fisik makluk hidup maupun benda/materi.

Energi Fisika terakumulasi dalam Sub Alam Fisik yang dapat terakses oleh pancaindra secara langsung.(penglihatan,pendengaran,penciuman,perabaan,pencecapan.) Alatnya: mata,telinga,hidung,kulit,lidah. Jenis energinya: gelombang electromagnetik/sinar,gelombang suara,energi kimia gas,eneri mekanik,energi kimia zat cair.

B. Energi Metafisik: memiliki dimensi waktu dan koordinat ruang. Gunanya untuk melakukan aktifitas metafisik, misalnya berfikirberimaginasi, mengambil suatu keputusan dan lain lain oleh manusia (dan makluk hidup lainnya sesuai kemampuan masing-masing) yang ditunjang energi fisik sebagai pendukungnya. Alatnya Otak, Jenis energinya: akal/filir, imaginasi,inspirasi,konektsitas.Dalam fiksi Blackhole digunakan istilah Darkenergy/darkenergi sesuai dengan istilah ilmiah yang dipakai dalam astronomi dalam komposisi alam semesta.

Energi Metafisik terakumulasi dalam Sub Alam Metafisik yang hanya dapat terakses oleh kemampuan metafisik makluk hidup termasuk manusia dengan bantuan energi fisik. Misalnya: ilmu pengetahuan,adat istiadat,budaya, perilaku dan aktifitas fisik setiap makluk hidup dilakukan dengan  menggunakan energi metafisik yang ditunjang dengan penggunaan energi fisik. Lain halnya dengan benda/mati yang tidak mempunyai kemampuan menggunakan energi metafisik fisik dan hanya  dapat memanfaatkan energi fisik,misalnya mesin, angin,letusan gunung berapi). Sebuah robot hanya membutuhkan energi fisik,tetapi manusia disamping energi fisik membutuhkan energi  metafisik

C.Energi Gaib: hanya memiliki dimensi waktu. Gunanya untuk melakukan aktifitas gaib, misalnya mempertahankan hidupmengembangkan jenismelakukan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa dalam memanfaatkan kemampuan masing-masing yang telah bibekalkan oleh Nya. Alat yang digunakan: bathin,hati nurani,insting,naluri, emosi. Energinya:keyakinan,firasat,simpati/antipati,cinta kasih,benci/marah. Satu diantara  energi gaib adalah brightenergi.

Dalam keyakinan religi/agama Alam Gaib dinyatakan rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa, merupakan hak mutlak  Allah (menurut Arief Wicaksana). Dalam religi  dijelaskan adanya kehidupan abadi,sorga dan neraka, malaekat,siblis, yang sebenarnya  merupakan rahasia Tuhan Yang Maha Esa, yang dibutuhkan oleh manusia untuk menuju kekehidupan abadi yang tak berdimensi. Sebenarnyam Sub Alam Gaib hanya dapat diakses dengan energi gaib lewat: bathin,hati nurani,naluri,firasat. Tetapi karena manusia dianugerahi akal dan emaginasi yang luar biasa,maka manusia lebih mudah diberi pengertian dengan menggunakan energi metafisik, sehingga agama/keyakinan “meminjam” kemampuan metafisik  manusia untuk “membuka” pengertian manusia tentang kehidupan abadi.

Penulis mengasumsikan Brightenergi sebagai bagian dari  Sub Alam Gaib yang dihuni oleh  sesuatu/kehidupan yang hanya diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa, namun Brightenergi masih terakses oleh kemampuan supernatural manusia dan masih berdimensi waktu. Bagian yang lainnya hanya terakses oleh “Utusan Tuhan Yang Maha Esa” yang akanmembawa umatnya kedalam kehidupan abadi yang bebas dari dimensi waktu.

*Energi Gaib (selain Brightenergi) yang terakumulasi dalam Sub Alam Gaib  dapat diserap oleh makluk hidup secara pasif lewat : bathin, naluri, instink,hati nurani,firasat, dan diserap secara aktif lewat   kemampuan supernatural untuk membawa manusia memasuki kehidupan abadi yang tidak berdimensi.

*Brightenergi  yang diasumsikan  terakumulasi di Sub Alam Gaib diserap oleh makluk hidup secara pasif lewa: bathin,naluri, instink,hati nurani,firasat dan diserap secara aktif olehmakluk hidup lewat kemampuan supernatural, tetapi hanya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sementara ,  lewat proses perobahan jenis energi hingga  dapat berubah demensinya dan  sanggup melintasi  Sub Alam Semesta dari Sub Alam Gaib kearah Sub Alam lainnya dan sebaliknya.

Peralihan Brightenergi ke Darkenergi , penyatuan brightenergi dengan darkenergi menjadi transenergi, sampai menjadi bioenergi.  

Braghtenergi merupakan operator minus. Secara matematis jika dua operator  minus (tanpa diberi nilai mathematis) diurutkan  akan menjadi operator plus (minus minus= plus).Sebaliknya operator plus jika diurutkan tak mungkin  menjadi opetator minus kecuali  jika diikuti dengan sebuah operator minus. Berapun panjangnya deretan operator plus namun jika diikuti  oleh satu operator minus akan berubah menjadi operator minus.

Minus didapat dari min pangkat ganjil. Plus didapat dari min pangkat genap.

Jika operator itu diberikan  variable matematika* hasilnya dapat menjadi nilai positip atau nilai negatip tergantung operatornya. Contoh  – 4 =min 4= negatif 4 ,  + 4 =plus 7 = positif 7

Dalam Ilmu  Supernatural Modern berlaku Formula Supernatural Modern: brigtenergy (  variable x )  disatukan darkenergy (  variable y ) akan menghasilkan  trasenergy atau  pra clearenergy ( hasil penyatuannya E ). Operator yang mengawali E menentukan pada wilayah mana transenergy itu berada, jika bertanda  minus itu berarti transenergyi termasuk dalam wilayah irrational, ini didapat bila x>y, jika  E bertanda plus  berarti pra clearenergi  dalam wilayah rational, diperoleh bila x<y.  Jika hasilnya Nol (0 ) transenergy menjadi pra clearenergy. Jika benar-benar dalam keseimbangan prima, ini terjadi bila x=y=q, maka jika q merupakan bilangan pecahan maka akan tetap menjadi praclearenergy sedangkan jika  q merupakan bilangan bulat akan terjadi unsur premordial yang sifatnya tidak stabil, mudah terurai.

 E=0  merupakan hasil keseimbangan prima  pra clearenergi.Variable x=y=q boleh berapa saja asal sama. Kita misalkan sebuah timbangan, jika beban kiri dan kanannya sama dikatakan dalam keadaan seimbang. Besarnya beban dapat berapa saja, asal persis sama.

 Nol (0) dapat merupakan penggabungan dari  -0,85 dan + 0,85 , -1 dan +1 , -15,7 dan +15,7, – 1000.00,3 dan + 1000.003 dan lain-lain nya. Dalam keseimbangan prima  pra clearenergy dapat* menjadi unsur premordial* yang merupakan cikal bakal  terjadinya clearenergi atau partikel yang memiliki masa ( berdimensi waktu, ruang dan masa). Unsur premordial   dapat*menghasilkan clearenergi, sebuah foton atau sebuah bola raksaksa yang merupakan cikal bakal Alam Semesta tergantung nilai q nya. Jika q bilangan pecahan atau 0< q<1 yang terjadiclearenergi. Jika q bilangan bulat akan terjadi partikel bermasa (clearbodi) tapi tak berenergi dalam yang keadaannya tak stabil Jika q bukan bilangan bulat tetapi q> 1  terjadi materi yang berenergi dalam yang akan menjadi stabil.

Quanta (q): yaitu nilai variable matematis yang menjadikan keseimbangan prima  pra clear energi atau pra clearbody hingga dapat menjadi unsur premordial. Sebuah electron memiliki quanta tertentu. Satu,dua atau beberapa buah electron memilili quanta sama. Sebuah, atau sejuta positron memiliki q sama. Tetapi jika bergabung menjadi proton, nilai quantanya berubah. Satu atom H jika menjadi unsur H2 quantanya berubah tetapi bukan menjadi dua kalinya, melainkan memiliki quanta baru. Unsur hidrogin (H2) satu atau satu triliun quantanya sama, setelah menyadi air akan berubah quantanya. Energy grafitasi blackhole dan energi grafitasi planit quantanya sama (mendekati 1,) energi mekanik mesin berkekuatan 100 pk, quantanya sama dengan energi mekanik mainan kanak-kanak yang hanya 0,1 pk. Besarnya quanta suatu jenis energi tidak ada kaitannya  secara langsung dengan besarnya energi. Masa sebuah benda tidak ada kaitannya secara langsung dengan quanta benda.  Sebuah  benda  yang terdiri dari beberapa komponen dan merupakan sebuah sistem, akan memiliki  quanta yang lebih besar dari quanta komponen pembentuknya.

Quanta dapat disamakan dengan identitas . Agar dapat dibuat sistematika, Quanta nilainya diurutan  dari yang terkecil ( clearenergi quantanya mendekati nol) hingga yang nilainya mendekati tak berhingga.

Dalam sistim informatika quanta merupakan alamat sebuah file yang memuat segala sesuatu mengenai clearbodi.Jadi quanta disusun berdasarkan data-data fisika pada suatu saat,sehingga  setiap saat dapat berubah nilainya jika ternyata ilmu fisika semakin canggih.

Nilai variable quanta merupakan “abjad” penyusunan file materi dari yang paling sederhana hingga yang sangat komplek. Nilai pecahan menentukan  adanya internal energi yang dimili body agar stabil. Bilangan bulat menyatakan sebuah body yang tak stabil hingga  mudah pecah.

Quanta  dibawah ini yang berlaku sesuai kemampuan penulis saat ini. Penulis sangat berharap masukan dari para Pakar Fisika Modern untuk menyusun “kamus” quanta agar antara Fisika Modern dan Supernatural Modern saling mendukung dalam mencapai tujuan mengungkap unsur premordial yang pada gilirannya dapat membuat Hidrogen baik secara Supernatural  Modern atau Fisika Modern, ibaratnya dua orang yang berlomba menuju kesatu titik dari dua arah yang berlawanan.

q=0 =  No body .0<q< 1 pra clearenergi.q=1 = unsur premordial tak stabil.1<q<2 = unsur premordial stabil.2=  partikel elementair tak stabil.2<q<3 partikel elementair stabil.3= electron tak stabil.3<q<4 electron stabil.4= positron tak stabil.4<q<5 = positron stabil.6= inti atom  hidrogin tak stabil.6<q<7= inti atom hidrogin stabil.q=7 =atom hidrogin tak stabil 7<q<8 = atom hidrogin stabil.q=8 =molekul hiodrogin tak stabil.8<q<9 =molekul hidrogin stabil.9=inti helium tak stabil 9>q>10 inti helium stabil. 10=atom helium tak stabil. 10>q>11=atom helium stabil dan seterusnya.

Makna yang sangat penting dari quanta:  Dalam kehidupan sehari-hari kita menjumlahkan sesuatu hanya dapat dilakukan bila sesuatu itu quantanya sama. Coba jumlahkan dua ekor binatang dengan seorang manusia, hasilnya bukan tiga ekor manusia, atau tiga ekor binatang. Mengapa binatang dan manusia tak dapat ditambahkan, karena masing-masing memiliki quanta sendiri yang berbeda. Energi kenetik dan energi potential juga tak dapat dijumlahkan, kecuali telah berubah  jenisnya hingga memiliki quanta sama.

Apakah No Body itu ? No Body tidak memerlukan internal energi untuk tetap exist. No Body memiliki E=0 jadi tetap seimbang walaupun tidak memiliki faktor x dan y. No Body tak membutuhkan external energi. Mengapa? Karena Dia memiliki semuanya dan dapat menciptakan dan memusnahkan setiap energi maupun body.

Sebuah lagu yang sangat menyentuh hati penulis adalah I’m No Body’s Child. Seorang anak yatim piatu yang tak memiliki sesuatupun menganggap dirinya sebagai No Body’s Childs. Anak itu sangat beruntung  justru karena tidak berarti bagi siapapun dia merasa dirinya sebagai No Body’s child. Anda tahu alasan saya?

Faktor X = Exfact:

Jika y=0, maka E=-x. Karena x>0 maka E<0. Semakin tinggi factor x, semakin tinggi tingkat kerahasiaan. Sub  Alam Gaib memiliki x mendekati tak berhingga, atau E mendekati minus tak berhingga.Sub Alam Gaib merupakan rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Bathin,hati nurani,naluri,insting memiliki x tinggi. Supernatural memiliki x rendah. Brightenergi juga memiliki x rendah. Beberpa jenis Brightenergi. Yang paling tinggi  x nya adalah energi untuk tetap exis/hidup, energi untuk mengembangkan diri dengan menyerap external energi, energi cinta, energi marah, dan yang paling rendah adalah energi nafsu (Menjadi tugas  Pakar Moralitas  dan Psychologi Paranormal untuk menyusun kamus x)

Faktor Y=Yfact:

Jika x=0, maka E=+y. Karena y>0 maka E>0. Semakin tinggi factor y, semakin tinggi nilai rationalnya. Sub Alam Metafisika memiliki y mendekati tak berhingga, sekaligus E juga mendekati tak berhingga. Semua ilmu pengetahuan yang rational ,misalnya: Matematika,Fisika, memiliki y tinggi. Beberapa darkenergi menurut nilai y nya, dari atas kebawah: energi akal, energi logika,energi pertimbangan,energi pernilaian, dan seterusnya. (menjadi tugas pakar Psycholog Terapan untuk menyusun urutan y )

Faktor T=Tifact:

 x>0, y>0, maka E= -x + y E dapat plus, dapat nol, dapat min.  Cahaya merupakan energi yang variabelnya berubah, sehingga ada yang menyebabkan E>0 ada yang E<0 ada yang E melintasi nol. Gelombang electromagnit adalah salah satu  cahaya yang E nya melintasi nol hingga sebagian dapat diakses pancaindra. Cahaya metafisik E>0 hingga hanya dapat diakses oleh otak. Cahaya Gaib/Nur  E<0 hanya dapat diakses oleh bathin,hati nurani,naluri,insting dan kemampuan supernatural.

Big Body:

Sub Alam Fisika terjadi saat Big Bang. E=0 , q mendekati takberhingga. Agar  Big Body tetap exist q harus terdiri dari bilangan bulat dan pecahan. Dalam keadaan q bulat  saja maka  Big Body tak memiliki internal inergi dan akan mengalami supernova. Big Body mengenal dimensi waktu,ruang dan masa. Betapapun besar  volume dan massanya  Big Body masih dalam lingkaran/genggaman No Body. Dalam konsep matematika  0  merupakan permulaan, setiap angka besarnya diukur dari 0, Jadi 0 merupakan pusat koordinat.

Sedikit sensasi: 

1.Angka 0 merupakan angka yang tak berujung dan tak terdapat titik persilangan. Perhatikan dari deretan angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9. Angka 8 memang tidak berujung tetapi terdapat titik persilangan. Karena tak berujung dan tak terdapat titik silang, maka 0 dapat  melingkari/ engurung/ menggenggam  angka berapa saja .

2. 0+0+0 …………=0.  0 x berapa saja = 0. Jadi 0 itu hanya ada satu dan tak pernah ada lainnya. Tetapi 0 bagi 0 dapat menjadi berapa saja. Kata bagi dalam bahasa Indonesia berarti untuk, misalnya : ……….bagi mu negri aku berbakti, artinya: untuk mu negri aku berbakti………. Jadi 0 bagi 0 dapat diartikan 0 untuk 0 dapat menghasilkan apa saja. Apa itu artinya: Dia menciptakan segalanya untuk Dia. Dia menciptakan Alam Semesta untuk Dia bukan untuk apa dan siapapun, Alam Semesta diciptakan untuk Dia, bukan untuk manusia, manusia ibaratnya sebutir debu di Alam Semesta.

Semua itu sekedar sensasi dan tidak bertujuan mengkultuskan atau bahkan mensakralkan angka nol. Namun sekali lagi renungkan jeritan yatim piatu dalam lagu I’m No Body’s Child. Siapakah No Body itu? Anda ingin tahu sajaknya. Dengar saja lagu yang sangat mengharukan itu.

Jenis Clearenergi:

Clearenergi memiliki quanta pecahan  0<q<1 sehingga jenisnya jauh lebih banyak dari bilangan bulat yang merupakan quanta clearbodi. Pecahan itu sangat mudah berubah dibanding bilangan bulat, sehingga clearenergi juga jauh mudah berubah dari  body. Secara kasar dapat diurutkan: a. dari yang nilainya mendekati  1 kearah  pecahan yang nilainya 0 adalah : energi grafitasi, energi potensial,energi mekanik ,energi kinetik,l dan seterusnya. b. dari yang nilainya mendekati nol kearah satu:energi medan magnit, energi elektomagnetik , energi medan listrik, energi panas, dan seterusnya.

Perbedaan Fisika Modern dan Supernatural Modern: 

Fisika modern  merupakan pengembangan dari Fisika Konvensional: Bertolak dari mempelajari benda, molekul , atom, proton,positron dan electron, elemen pembentuk elektron, seterusnya sehingga  akhirnya  menguak unsur premordial.  Jika digunakan urutan quantanya dari yang q besar kearah yang lebih kecil.

Fisika Modern ditunjang oleh Matematika terapan, Kimia, tehnologi berbasis fisika dan lain-lain. Formula yang digunakan antara lain  Formula Einstein. Manfaatnya sudah dinikmati oleh kehidupan yang bersifat sementara. Teori yang menunjangnya adalah ,teori Big Bang,teori kekekalan energi, teori evolusi  yang berawal dari Big Bang  sampai evolusi kehidupan yang semuanya terhimpun dalam Ilmu Pengetahuan.  Targetnya :Kenikmatan hidup sementara yang semakin meningkat berawal dari Big Bang , Sub Alam Fisika, Sub Alam Kehidupan berujung pada unsur premordial.

Supernatural Modern merupakan pengembangan dari Supernatural Konvensional: Bertolak dari mempelajari  fenomena gaib, fenomena transien, fenomena metafisik, terjadina  transenergi, pra clearenergi , keseimbangan prima pra clearenergi, terjadinya unsur premordial.. Urutan quanta nya dari kecil ke yang lebih besar.

Supernatural Modern ditunjang oleh: Keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Azas Theosofi, Psychologi Supernatural dan lain-lain. Formula yang digunakan adalah Formula Supernatural Modern. Teori yang menunjang adalah teori Minimalis , teori evolusi Alam Semesta yang berawal dari energi gaib dan berakhir  menjadi energi gaib, dan teori  suternatural lainnya. Targetnya: Kesinambungan kehidupan sementara  yang berupa lingkaran kecil yang ujungnya saling tersambung  satu lingkaran dengan lingkaran berikutnya, menjadi sebuah lingkaran besar yang tidak berujung, berawal dari yang gaib dan kembali kepada yang gaib.

Menurut Supernatural Modern Lingkaran sangkan paraning dumadi dimulai dari Sub Alam Gaib: berawal dari energi gaib yang irrational dan memiliki operator minus, terjadinya operator plus dari penggabungan operator minus ( plus = minus minus), terjadilah energi metafisik yang rasional yang terhimpun dalam Sub Alam Metafisik.  Diperkenalkannya variable irrational x dan variable rasional y. Digabungkannya dua komponen energi dalam berbagai keseimbangan hingga terjadi transenergi dan terhimpun dalam Sub Alam Transien. Dalam Alam Sub Alam Transien terjadilah  energi transien , pra clearenergi yang mulai mendekati keseimbangan, keseimbangan prima yang menghasilkan pra clearenergi. Jika lingkungan mendukung maka pra clearenergi dapat berubah menjadi unsur premordial.

Unsur premordial dapat menjadi clearenergi atau clearbody. Himpunan clearenergi dan clearbody menjadikan Bola Raksaksa yang merupakan terjadinya Sub Alam Fisika lewat Big Bang, dilanjutkan sesuai dengan evolusi di masing-masing Sub Alam Semesta untuk kembali menjadi energi gaib lagi dan seterusnya. Yang dapat memutuskan mata rantai itu adalah Tuhan Yang Maha Esa. 

Science/Ilmu Pengetahuan  mengkaim sebagai satu-satunya ilmu yang ilmiah dan layak untuk dipelajari. Sub Alam Fisika dianggap sebagai Alam Semesta, ketiga Sub Alam  yang lain dianggap tidak ada. Sub Alam Kehidupan dianggap sebagai bagian dari Sub Alam Fisika. Tuhan Yang Maha Esa tidak ikut campur dalam penciptaan dan pengaturan Alam Semesta.

Dalam Supernatural Modern yang berdasar teori Minimalis :Alam Semesta terdiri dari 5 Sub Alam Semesta,yaitu: Sub Alam Gaib, Sub Alam Metafisika,Sub Alam Transien,Sub Alam Fisika dan Sub Alam Kehidupan. Kelima Sub Alam Semesta itu berbaur dalam Alam Semesta yang  merupakan sebuah sistem tertutup yang diisolasi dengan sekelilingnya hingga jumlah energinya tetap dan hanya berubah jenisnya.

Tuhan Yang Maha Esa adalah yang menciptakan Alam Semesta dan mengaturnya melalui dua fenomena: a. Fenomena Jagad Jilik: Tuhan Yang Maha Esa memberikan wewenang kepada ciptaannya untuk mengatur dirinya sesuai dengan hukum-hukum yang telah ditetapkan sebelumnya. b. Fenomena Jagad Gede: dalam keadaan tertentu Tuhan Yang Maha Esa langsung menggunakan wewenangnya (hak Mutlak – Nya) untuk menangani langsung atau mengirimkan utusannya untuk “mengoreksi” penyimpangan yang terjadi di Alam Semesta. Tuhan Yang Maha Esa tidak termasuk dalam  lingkaran evolusi Alam Semesta, melainkan Alam Semesta-lah yang ada dalam genggaman Nya.

Catatan: Penulis menggunakan istilah Tuhan Yang Maha Esa, karena secara lexious/asal kata terdiri dari Kata Tuhan yang artinya “pemberi pengayoman dan sangat dimuliakan/ disembah”, Maha Esa berarti maha satu, atau tak ada lainnya. Jika ada dua atau lebih, akan tidak disebut sebagai Tuhan Yang Maha Esa, melainkan tuhan saja. Dalam tulisan Tuhan Yang Maha Esa dapat disingkat menjadi Tuhan Y.M.E., atau Tuhan YME. atau Tuhan, sedangkan tuhan adalah sesuatu yang dianggap dapat memberikan perlindungan, kesenangan duniawi : misalnya :penguasa,raja,kedudukan,uang dll. Secara lisan saya gunakan sebutan lengkap : Tuhan Yang Maha Esa untuk membedakan dengan tuhan.

Keunikan Cahaya, terjadinya Foton :

Sub Alam Transien yang memiliki dimensi ruang dan waktu  dapat dilalui oleh cahaya, demikian halnya  Sub Alam Fisik yang memiliki dimensi waktu, ruang dan masa juga dapat dilalui cahaya .  Cahaya memiliki sifat mendua/ambigus, disatu sisi tidak bermasa, disisi lain bermasa. Dari mana cahaya memperoleh masa/foton? Cayaha memenuhi formula supernatural E=f(x,y)  dengan nilai variabel  x dan y berubah-ubah yang dapat menyebabkan E<0, E=0 dan E>0  mencakup wilayah gaib,wilayah fisik dan wilayah metafisik. Energi cayaha mengalami perubahan dimensi hingga sanggup melintasi berbagai Sub Alam Semesta: dari Sub Alam Gaib  sampai ke Sub Alam Kehidupan.

Energi cahaya adalah transenergi, x>0 dan y>0.  Nial x dan y berubah setiap saat. Jika perubahan itu periodik dan identik(selalu sama)  banyaknya perubahan perdetik disebut frekwensi.Gelombang electromagnetik.( termasuk cahaya ) adalah satu diantara transenergi yang mengalami kondisi kesimbangan (x=y) walau hanya dalam waktu yang sangat pendek. Komponen energinya adalah H* (medan magnit) dan E* (medan listrik) .H* termasuk dalam Darkenergi dan E* termasuk dalam Brihtenergi.

Sekedar catatan Fisika: E* hanya akan timbul bila H* berubah,sebaliknya E* yang tetap justru akan menghasiklan H.* yang dapat mengatur molekul baja menjadi magnit permanen, magnit perrmanen adalah clearbody yang memiliki darkenergi (ini dapat dibuktikan dengan pita magnetis yang sanggup merekam ilmu pengetahuan.) Catatan tanda * untuk membedakan energi medan listrik E* dengan kondisi keseimbangan E pada Formula Supernatural Modern . Kesimpulan: tibulnya foton akibat pergantian komponen medan magnit dan medan listrik melintasi E=0, Jika E tidak melintasi E=0 foton tak akan terjadi.

Semakin tinggi frekwensi semakain singkat kesempatan E=0, padahal E=0 adalah kesempatan munculnya foton (clearenergi) yang mimiliki nilai q pecahan sangat kecil, jadi foton itu bukan body melainkan energy. Foton tak akan terjadi bila frekwensi cahaya sangat tinggi, inilah prinsip cahaya metafisik menurut Fras. Faraday. Menurut Johanes Weber cahaya metafisik adalah pulsa medan magnit monopole, sehingga merupakan trans energi yang nilai E-nya tak pernah melintasi 0,atau E>0. Som Xiang  menganggap kedua memiliki kecepatan lebih tinggi dari cahaya biasa, karena tidak memiliki foton,tetapi tetapi berbeda konsepnya. Cahaya Fisika yang E>0,E=0 dan E<0 sebagian dapat terdeteksi oleh pancaindra dan alat fisik yang dibuat dengan bantuan Darkenergi. Cahaya Metafisika x=0  dan  y setiap saat berubah  y=f(waktu) diwilayah E>0 hanya dapat diakses oleh akal dan emaginasi manusia,

Dalam Fisika Gaya yang diberikan kepada sebuah benda dengan masa m  akan menyebabkan benda itu bergerak dengan percepatan a, dengan harga a=F/m.  Untuk nilai F tertentu semakin kecil m semakin besar a.  Jika m sangat kecil m< masa foton yang selama ini dianggap paling kecil, pasti a<a foton. Jika m mendekati sepertakberhingga maka a akan menjadi mendekati tak berhingga. Inilah dasar kecepatan cahaya metafisika yang diperkenalkan dalam fiksi Blakhole sesuai dengan kosep fisika dan Formula Supernatural Modern.

Resonansi: Cahaya  merupakan fenomena Alam Semesta yang merupakan energi transien yang berubah-ubah nilai variabelnya karena perubahan waktu  L=f(t) atau C=f(w). Sebagai contoh dalam matematika dikenal fungsi sinusoidal, yang merupakan dasar dari terbentuknya fungsi periodik lainnya.Energi transien ini  ada yang merupakan memiliki sifat sebagai fungsi periodik dari waktu, jadi memiliki frekwensi, Frekwensi merupakan jumlah perulangan yang terjadi dalam satuan waktu (misalnya detik), satuannya cps (circle per second, hertz,megahertz dll) Disekitar kita terdapat transenergi, diantranya getaran/gelombang electromagnetik yang memiliki berbagai frekwensi. Agar kita dapat “menyerap” energi itu kita harus memiliki alat untuk menyerapnya. Untuk dapat menyerap dengan efisien, alat itu harus diresonansikan (dengan tuner) dengan frekwensi transenergi yang kita perlukan. Jadi frekwensi adalah anugrah Tuhan Yang Maha Esa agar kita dapat memilih trans energi yang kita butuhkan. Fenomena resonansi juga sangat erat dengan frekwensi.

Dengan sebuah alat yang bernama televisi anda dapat memilih statsiun mana yang kita kehendaki. Televisi mempunyai kemampuan untuk meresonan gelombang elekctro magnetik.Demikian juga radio dan alat telekumikasi lainnya. Sejalan dengan fenomena itu: bathin,hati nurani,naluri dan instink makluk hidup dapat meresonansi transenergi irrationil. Otak,dengan kemampuan akal,imaginasi dapat meresonansikan diri dengan transenergi rational.

Kita dapat memilih Chanel  TV yang kita sukai dan menikmati tayangan yang sedang berlangsung,  tetapi kita tak pernah bertanya dari mana tayangan itu dipancarkan. Begitu juga kita dapat merasakan senang,merasakan sedih, marah tetapi kita tak pernah peduli dari mana semua itu datangnya.Kita tak dapat memilih perasaan yang mana yang kita kehendaki sebagai yang dapat kita lakukan dalam memilih chanel TV. Ini disebabkan semua itu terakses lewat kemampuan pasif. Jika kita memiliki kemampuan aktif untuk memilih perasaan itu, maka berarti kita akan mampu memilih perasaan mana yang kita inginkan sebagaimana memilih chanel TV.

Sebenarnya Tuhan Yang Maha Esa telah melengkapi makluknya  dengan sarana itu, yaitu kemampuan Super Natural yang sanggup mengakses trans energisecara aktif. Kemampuan supernatural sanggup meresonan frekwensi  transenergi yang kita butuhkan.

Setiap makluk dianugerahi kemampuan ini, namun besar kecilnya berbeda, tergantung berbagai faktor, diantaranya jenis makluknya, kebiasaan penggunaannya, faktor lingkungan dan lain lain. Jika kita bertanya dari mana transenergi itu dipancarkan, jawabnya sangat mudah dari Sub Alam Gaib yang sepenuhnya menjadi hak Mutlat Tuhan Yang Maha Esa.

Jangan dikira hanya transenergi irrationil yang dipancarkan dari Sub Alam Gaib, transenergi rationilpun berasal dari Sub Alam Gaib, namun telah diubah operatornya dari minus ke plus. Siapa yang merubah operator ini? Dia adalah  Tuhan Yang Maha Esa. Apakah Dia berada dalam Sub Alam Gaib? Menurut Formula Supernatural seluruh Alam Semesta ada dalam genggaman Nya, jadi Sub Alam Gaib adalah sekedar  tempat/sarana untuk pengaturan seluruh Alam Semesta, dan merupakan  sangkan paraning dumadi. Sekali lagi: Sub Alam Gaib bukanlah tempat Tuhan Yang Maha Esa, melainkan bagian dari ciptaannya yang tak ada yang boleh/sanggup menguak rahasianya. Dari sinilah segalanya diatur.

Keunikan tumbuh-tumbuhan:  Tumbuh-tumbuhan adalah biobody yang sanggup memanfaatkan transenergi rationil (cahaya/gelombang electromagnetik) hingga sanggup melakukan conservasi bioenergi dari clearenergy dan transenergi berupa zat carbohidrat.

Jika ingin membuat hidrogin dari pra clearenergi manusia harus belajar dari tumbuh-tumbuhan. Kita mulai dengan penelitian apakah hidrogin dalam carbohidrad jumlahnya berbeda dengan yang diserap dari air dan clearenergi lainnya.?

Jika kwantitas hidrogin dalam carbohidrad melebihi yang diserap dari air (dan clearenergi lainnya), itu berarti tumbuh-tumbuhan sanggup membuat hidrogin dari transenergi dan clearenergi. Percobaan ini harus dilakukan dengan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan,dari yang paling sederhana  dan yang telah memiliki clorofil. Apakah cayaya hanya sekedar katalisator atau ikut berproses secara aktif..Proses kimia dalam pembentukan/merubah zat anorganik  menjadi zat organik, pembentukan sel hidup(biobody) yang memerlukan pertolongan transenergi(cahaya/gelombang electromagnetik) juga harus dipelajari .Apa fungsi transenergi/energi cahaya dalam mengubah zat anorganik menjadi zat organik dan seterusnya pembentukan  bioenergi dan biobody.

Cahaya merupakan sarana pemindahan energi di Alam Semesta yang sangat efisien dan telah dimanfaatkan oleh manusia sebagai sarana komunikasi yang dibutuhkan untuk menyebarkan informasi.

Keunikan teori MinimalisTeori ini semula hanya dimaksud untuk membuat pembaca dapat mengikuti fiksi Blackhole, tetapi setelah saya kembangkan ternyata dapat dimanfaatkan untuk “menjelaskan” berbagai fenomena Alam Semesta dengan sangat mudah.

Teori Minimalis  sengaja dibuat sangat sederhana agar mudah dimengerti oleh orang awam, maka tidak menjelaskan secara terperinci proses yang sebenarnya terjadi, misalnya terjadinya energi, foton, inti atom, atom, molekul, sel hidup,kristal,sifat sifat materi, terbentuknya rantai karbohidrat dan lain-lain.Proses yang sesungguhnya terjadi  sangat rumit,tidak sesederhana yang saya  sebutkan diatas, namun uraian saya merupakan sumbangan untuk menjelaskan hal-hal yang sesungguhnya sangat rumit menjadi seolah sederhana.

Formula Supernatural Modern  merupakan obsesi penulis untuk dapat menciptakan hidrogin dari pra clearenergi. Hidrogin sangat diperlukan dalam reaksi nuklir nuklir fusi yang lebih ramah lingkungan. Jika hidrogin dapat dibuat dari pra clearenergi, maka penggunaan bahan bakar hidrogin tidak akan mengurangi persediaan hidrogin sebagai pembentuk air (H dua O) dan makanan (Carbo hidrad) yang sangat dibutuhkan bagi seluruh makluk hidup.

Pra clearenergi tersedia diseluruh Alam Semesta dalam Sub Alam Transien  termasuk bumi dan lingkungannya dan sangat dibutuhkan oleh makluk hidup, disamping clearenergi. Materi/benda hanya membutuhkan clearenergi karena tidak mempunyai kemampuan untuk menggunakan pra clearenergi.

D.Sub Alam Transien: memiliki dimensi waktu dan ruang. Tempat berlangsungnya proses transisi: perubahan operator minus menyadi plus, penyatuan brightenergi dan darkenergi menjadi pra clear energi, proses pra clear energi  memperoleh keseimbangan prima,pembentukan unsur premordial, tempat  tersedianya pra clear energ, tempat makluk yang belum/sudah tidak/tidak pernah mempunyai masa (spirit/makluk halus).

Sub Alam Transien  merupakan alam semu yang mirip Sub Alam Fisik namun  belum berdimensi masa. Bagian Alam Semesta yang hampa  secara fisik/tidak terisi materi, tetap terisi oleh pra clearenergi dalam berbagai jenisnya,  sebagaimana dalam Sub  Alam Fisika juga terdapat berbagai jenis clearenergi.

Sub alam transien dapat  diakses secara aktif oleh makluk hidup lewat kemampuan supernatural, alat fisik/benda yang dirancang dengan bantuan kemampuan supernatural  dan terakses secara pasif oleh paralogika (logika bawah sadar,mimpi,kondisi trance), dan indra khusus. Alam transien  terisi oleh  transenergi (pra clearenergy), dan transbody dan makluk yang belum/tidak/sudah tidak/sedang tidak/tidak pernah memiliki masa, yang disebut  spirit/makluk halus , termasuk virus yang tak bermasa .

Pra clearenergy/transenergi dapat dimanfaatkan oleh penghuni Sub Alam Transien  yaitu transbody/spirit yang tidak bermasa,sebagaimana clearenergi  dapat dimanfaatkan  olehpenghuni Sub Alam Fisika, yaitu materi (clearbody) dan makluk hidup yang bermasa (biobody).

Dalam kesimbangan prima transenergi dapat menjadi unsur premordial/cikal  bakal untuk terjadinya  clearenergi dan materi.  Pra clearenergi dapat terjadi secara alami, namun dapat dibuat dengan kemampuan supernatural dalam  Sub Alam Transien.

Jika x tidak=y, dan E=-x+y =0 dapat terjadi q’  dan t’ atau q” dan x”/y”.  Saya ambi angka x= 5 dan y= 7,02 Jika x=4=y=q’ maka t memiliki x’=1 dan y’=3,5. Jika x=5=y=5=q” maka t’ memiliki x”=0 dan y”=2,5 Jadi jika  x tidak= y  maka dapat terjadi berbagai clearbody dan berbagaitrans body. T adalah transbody body yang tidak meniliki q  (clearbody) dan hanya memiliki transbody. Jelas bahwa q bukan harus berupa kesimbangan dari x dan y terdekat.Konsep ini dapat digunakan untuk menjelaskan perbedaan manusia,hewan dalam berbagai jenisnya dan tubuh-tumbuhan dalam berbagai jenisnya yang memiliki quanta sama tetapi transbodi berbeda, atau sebaliknya,

E. Energi hidup/bioenergi:  Terdiri dari  Clearenergi  E=0 dan transenergi E tidak=0  Komponen  trasenergi hanya berdimensi waktu dan ruang, sedangkan komponen clearenergi berdimensi waktu, ruang dan masa.

Bioenergi dimiliki dan diperlukan oleh setiap makluk hidup/biobody, terjadi  dari dua jenis  energi, yaitu:

Unsur Fisik ( clearenergi ): Besarnya x=y=q=pecahan  kecil, atau 0<E<1 yang menentukan jenis clearenergi, misalnya energi grafitasi,energi listrik,energi mekanik,energi panas dll, Perubahan nilai variable q menyebabkan perubahan jenis clearenergi.

Unsur transien/transenergi :  x tidak= y  *a. x> y atau  -1<E< 0 transenergi irrational, b*.  x<y atau 1>E>0 transenergi rational.

Disambing kedua unsur itu makluk hidup juga memiliki/memerlukan  Brightenergi (y=0) dan Darkenergi (x=0)

II.A.Supernatural Modern:  Mempelajari proses terjadinya darkenergi dari brightenergi, pembentukan pra clearenergi dari brightenergi dan darkenergi , wilayah letak pra clearenergi,berbagai jenis pra clearenergi ,keseimbangan prima pra clear energi, terbentuknya unsur premordial, bobot unsur premordial yang menentukan jenis clearenergi yang terjadi atau masa partikel/materi yang terjadi. Perbedaan antara energy dan pemilik danpengguna energi.

II.B.Formula Supernatural Modern dijabar secara matematika.

Operator Gaib: – (min), atau minus pangkat ganjil= minus  

Operator Metafisik :+(plus), diperoleh sesuai konsep matematika   – – = + atau min pangkat genap = plus

Nilai  variable Matematika : Bilangan bulat atau pecahan dari pecahan mendekati nilai nol, sampai dengan pecahan dan bilangan bulat mendekati tak berhingga ( tak berhingga tidak termasuk dalam nilai metafisika, melaikan merupakan nilai gaib). Nilai variable tersebut diwakili oleh  simbol x dan y.

Formula Supernatural Modern:  E= -x +y

Jika x = y=q maka E=0, dikatakan pra clearenergi dalam keadaan keseimbangan prima, yang memungkinkan pra clearenergi berubah menjadi unsur premordial.  Nilai q menentukan bobot unsur premordial: Jika q berupa pecahan 0<q<1, maka terjadi clearenergi. Jika q merupakan bilangan bulat, maka akan terjadi partikel fisika. Jika pecahan diatas 1 , diberi simbul z, yang terjadi partikel radioaktif.

Jika x<y maka E positip,berarti pra clearenergi rational . Jika x>y maka E negatif,berarti pra clearenergi irrational

 Variable x dan y dapat berubah sehingga E juga berubah. Nilai E antara  minus berhingga (mendekati minus tak berhingga) sampai plus berhingga (mendekati plus tak berhingga). Pada saat E=0 terjadilah clearenergi atau materi yang terakses oleh pancaindra secara langsung atau dengan alat fisik yang dibantu darknergi. Pada E<0 energi hanya terakses oleh kemampuan supernatural dan alat fisik yang dibantu bright energi. Pada E>0 energi hanya terakses oleh logika dan alat fisik yang dibantu darkenergi. Contoh: Cahaya( transenergi) sebagian dapat terakses oleh pancaindra, sebagain hanya terakses oleh logika, sebagian lagi hanya terakses oleh kemampuan supernatural.

Cahaya merupakan fenomena alam semesta yang unik, cahaya dapat melintasi ruang hampa secara fisika, ini membuktikan cahaya adalah fenomena non fisik.  Menurut teori gelombangcahaya tidak bermasa (gelombang electro magnetis),namun menurut teori quantum  cahaya memiliki masa (foton).

III.Pembedaan Energi dan Body.

Harus dibedakan energi dan yang  memiliki,menyerap dan memanfaatkan energy. Untuk itu dapat digunakan digunakan Formula Supernatural Modern: E= -x + y

Jika E=O, x=y=q<1  maka dihasilkan clearenergi. Jika q bulat dihasilkan clearbody tak berenergi dalam mudah pecah, jika tidak bulat dihasilkan clearbody bertenaga dalam yang stabil. Pecahan  pada sebuah body dapat lebih dari satu jika clearbody memiliki  energi dalam lebih dari satu jenis, misalnya energi grafitasi dan energi kimia. Jika terdapat body berkelompok (secara fisika)  dan tetap sifat aslinya quantasnya tetap pada quantas masing-masing kecuali telah menjadi satu kesatuan( misalnya lewat proses kimia) sehingga memiliki sifat baru , maka quantasnya berubah. Walaupun quantas ada kaitannya dengan besarnya masa, namun quatas tidak identik atau sejalan dengan besarnya masa,quantas lebih menentukan sifat/jenis materi atau sifat/jenis energi.

Sebuah sistem yang terdiri dari beberapa jenis energi dan body dapat dianggap sebagai sebuah body, walaupun komponennya memiliki q masing-masing sistem itu dianggap memiliki q tersendiri. q sebuah sistem bukan merupakan jumlah q komponennya, namun semakin banyak komponen pembentuknya nilai q nya akan semakin tinggi. q dapat disejajarkan dengan besaran vektor.

Jika E=0,  nilai pecahan berubah menjadi 1(bulat), energi kerakumulasi menjadikaan body. Jika q>1  nilai pecahan dapat naik atau turun, jika naik menjadi 1 berarti energi terakumulasi menjadikan body yang menaikkan bobod body, jenis body berubah, jika turun menjadi 0 berarti body kehilangan energi dalam, bobod body tetap tetapi tak memiliki energi dalam,mudah pecah.

Jika E=0  dan q mendekati tak berhingga, maka body memiliki bobod mendekati tak berhingga,misalnya Bola Raksaksa cikal bakal Alam Semesta atau Blakchole yang merupakan inti galaksi.Bola Raksaksa dan Blackhole memiliki  nilai q bulatnya dan pecahannya. Bola Raksaksa memiliki q jauh lebih besar dari Blackhgole. Nilai pecahan pada Blackhole mendekati 1, sehingga  untuk turun menjadi 0 jauh lebih sulit dibanding Bola Raksaksa. Tetapi jika Blackhole menyerap clearenergi dan menambah bobodnya hingga menjadi bulat, maka Blackhole akan tambah bobotnya, namun tak memiliki energi untuk mempertahankan diri dan akan pecah sebagaimana nasib Bola Raksaksa. Ketika bola raksaksa itu tak memiliki energi cukup untuk mempertahankan diri maka pecah menjadi body yang lebih kecil dan pancaran energi. Ini sudah terbukti dengan terjadinya Big Bang. Kalau Blackhole benar-benar tidak memiliki energi, niscaya akan pecah sebagai yang telah dialami oleh Bola Raksaksa. Untungnya disekitar Blackhole tidak terdapat clear energi .

Jika E< 0 , y=0,  Jika -1<x<0  dihasilkan brightenergi, jika x<-1 dihasilkan brighbody.

Jika E>0 , x=0. Jika 0< y<1 dihasilkan darkenergy, jika y>1 dihasilkan darkbody.

Jika x>0 dan y>0  -1>E<0  dihasilkan trasenergi irrational, -1<E<0 trasbody irrational.

Jika x>0 dan y>0  0<E<1 dihasilkan transenergi rational, E>1 transbody rational. 

Energi dibutuhkan oleh body untuk melakukan suatu aktifitas. Body memiliki energi sehingga dapat menyerap energi luar atau memberikan energi yang dimilikinya. Body juga dapat dipecah  oleh external energy  atau pecah sendiri karena kehilangan internal energinya   berubah menjadi body lebih kecil dan energi. Body juga dapat menyatu dengan body yang lain dengan memancarkan energi atau menyerap energi dari luar dengan nilai q lebih besar(tetapi bukan merupakan penjumlahan q komponennya).

Kaitan  Body dan energy:

Body merupakan konservasi dari energy, jika quanta nya bulat , berarti body dalam keadaan tak memiliki energi dalam, body akan mudah terurai/pecah menjadi body lain yang memiliki quanta lebih kecil dan memancarkan energi. Bila body memilik quanta bulat dan pecahan, berarti memiliki energi dalam dan sanggup menerima (pasif) atau menyerap external energi untuk menaikkan kemampuannya menghadapi lingkungan atau merubah quantanya. Penambahan energi menyebakan quanta naik atau turun tergantung dari jenis energi yang diserap. Jika suatu saat quantanya bulat, body akan kehilangan energi dalamnya.

Jenis Body dan jenis energi yang dapat dimanfaatkan:

Clearbody/materi : electron,proton,atom,molekul,materi: memiliki dan memanfaatkan clearenergi:

Brightbody: rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa,  memiliki dan memanfaatkan brightenergi.

Darkbody: Disiplin ilmu pengetahuan memiliki dan memanfaatkan  darkenergi.

Transbody:  Makluk halus,spirit memiliki dan memanfaatkan transenergi..

Tumbuh-tumbuhan : memiliki dan memanfaatkan: bioenergi,clearenergi, transenergi .

Hewan: memiliki dan memanfaatkan bioenergi,clearenergi,transenergi dan brightenergi.

Manusia: memiliki dan memanfaatkan bioenergi, clearenergi, transenergi, darkenergi,             brightenergi.

Tiap biobady memiliki quanta dan tfact,  manusia memiliki quanta  standard tertinggi dari makluk lainnya dan memiliki t.fact standard juga tertinggi.  Seorang yang cacat fisik dapat dianggap quantanya menyimpang dari quanta standar manusia, dapat lebih dapat kurang. Seorang yang mengalami penyimpangan mental, factor t nya dikatakan menyimpang dari standard faktor t manusia. Dalam kehidpan kita lihat seorang tuna rungu, tuna netra  dan  kekurangn/kerusakan organ fisiknya, atau justru organ fisiknya berlebih hingga dikatakan memiliki indra keenan. Disisi lain dikenal adanya  tuna grahita (cacat mental), yang quantanya standard tetapi  faktor t nya menyimpang, ada  yang dikatakan genius, para normal atau sakit jiwa.

Kita dapat melihat  seseorang yang ujudnya manusia tetapi perilakunya sebagai binatang, sebaliknya kita dapat  lihat seekor binatang tetapi berperilaku seperti manusia. Semua ini karena penyimpangan standard, yang menyimpang dapat quantanya atau t faktornya. Dalam peradabam manusia saat ini, standard quanta yang digunakan. Manusia akan dianggap manusia karena ujud fisiknya, bukan kelakuannya.  Manusia dilindungi oleh hukum berdasarkan quantanya. Manusia memberlakukan hukum terhadap  akibat perbuatanmanusia. Seorang yang berkelakuan sebagai binatang dapat terkena sanggsi hukum sebagaimana seorang manusia karena melakukan pelanggaran terhadap hukum yang disusun berdasarkan kesepakatan sekelompok manusia, jadi bukan karena t factornya melainkan akibat dari perbuatan itu. Manusia yang memiliki t faktor binatang tak akan dikenai sangsi sepanjang tidak melakukan pelanggaran terhadap hukum manusi atau pelanggaran itu tidak dapat dibuktikan secara hukum.

Formula Supernatural Modern sekedar menjelaskan perbedaan binatang dan manusia sesuai dengan standarnya dan dengan tegas membedakan antara Standar quanta (wadag) dan standar t faktor (transbody/transinergi yang melengkapi wadag). Benda hanya memiliki quanta, sedangkan makluk hidup disamping quanta memiliki f faktor.  Standard quanta manusia merupakan wadag manusia normal (tidak cacat), Standard t faktor manusia merupakan metal manusia normal(tidak cacat). Quanta manusia dipelajari lewat ilmu kedokteran sedangkan t faktor dipelajari ilmu Psychology Supernatural. 

VI Disiplin Ilmu Pengetahuan:

Sebagai mana Alam Semesta terdiri dari dari Sub Alam Semesta, maka Ilmu yang mempelajari Alam Semesta Juga terdiri dari:

I. Disiplin Ilmu Fisika Modern: mempelajari  Sub Alam Fisika dimana kondisi E=0, diantaranya :Sub Fisika Nuklir,  Sub Astronomi  dll.

2.Disiplin Ilmu Metafisika Modern: mempelajari  Sub Alam Metafisika dimana E>0. diantaranya: Sub Matematika Murni, Sub Psychologi Kecerdasan, Sub Budaya dan  Sastra, Filsafat, Sub Informatika, 

3.Disiplin Ilmu Supernatural Modern: mempelajari Sub Alam Transien dimana E<0 : diantaranya : Sub Paranormal dan Penyerapan aktif; Sub  Penyerapan: Pasif  bathin,hati nurani,Instink, Naluri; Sub Psychologi Supernatural dan  penyimpangan kejiwaan;  Sub Kesehatan Rohani dan Spiritual ;Sub Pengobatan Alternatif,  dll.  

4.Disiplin Imu Biologi: mempelajari makluk hidup yang terdiri dari ketiga  unsur  tsb., diantaranya:  Sub Biologi , Sub Kedokteran Hewan, Sub Bioenergi dan Lingkungan Hidup, Sub Ecologi dan Kesehatan Lingkungan dll.

5. Disiplin Ilmu Sosial, Politik,Hukum dan antar disilin: mempelajari ilmu yang tidak murni  dalam suatu Disiplin diatas, melainkan mencakup beberapa distiplin murni.

VII.Jenis Energi  menurut asalnya.

Sesuatu/body pasti memiliki energi, sebab sesuatu tak mungkin  bertahan atau melakukan aktifitas jika “tak memiliki” energi.

Energi dalam/ Internal energy: Dimiliki oleh body yang melakukan aktifitas. Energi dalam dapat merupakan energi bawaan dan energi serapan.

Energi bawaan diperoleh saat body itu terjadi (misalnya saat seltelor dibuahi oleh sperma). Energi bawaan ini sangat menentukan kemampuan untuk memperoleh energi serapan disamping kondisi sekelilingnya.

Energi serapan diperoleh sesuatu/sebuah sisitem dengan menyerap/mengambil dari sekelilingnya untuk  dapat mempertahankan eksistensi dan mengembangkan diri.

Energi luar/ External Energy: Didapat  oleh body dari luar/lingkungan secara pasif, aktif atau interaktif.

Body memiliki energi bawaan, jadi sebenarnya body itu memiliki kemampuan untuk menentukan sikapnya terhadap external energi. Jika body itu hanya sekedar mempertahankan diri atau  bahkan membiarkan masuknya external energi atau bahkan menjadi objek “bulan-bulanan” lingkungannya,body dikatakan berfikap pasif atau tidak berdaya/loyo. Jika body itu melakukanpenyerapan atau penolakan terhadap external energy hingga sanggup menguasai lingkungan,itu dikatakan bersikap aktif. atau agresifBody juga dapat bersikap interaktif jika body itutidak hanya menerima/mengambil  external energy namun juga memberikan internal energinya kepada lingkungannya.

Energi relatif/ Relative EnergyBody yang hanya memiliki Internal Enegy kecil, dapat menjadi berkemampuan besar, karena memperoleh external energy yang seakan “dimiliki” oleh bodyitu, padahal sebenarnya internal energynya tetap (kecil), sebagai contoh uang. Energi uang menjadi sangat dahsat karena didukung oleh lingkungannya/penggunanya,namun uang tidak berkemampuan menyerapnya/menguasai external energy itu.

Konservasi energi: Body dapat menyerap energi dari lingkungannya dan menyimpannya untuk sewaktu-waktu digunakan. Untuk ini dibutuhkan kemampuan menyimpan dan mengisolasi energi itu agar tidak diserap atau dirampas oleh sesuatu disekitarnya. Manfaat konservasi ini sangat penting, sebab sangat menentukan kemampuan mempertahankan eksistensi, tidak terlalu tergantung pada lingkungan bahkan dapat menguasai lingkungan.

Transfer Energy/ pemindahan energi: Dalam Alam Semesta ini terjadi perpindahan energi dari body yang satu ke yang lain. Perpindahan ini dapat berlaku secara sukarela, interaktif ataupaksa. Jika energi itu berlimpah, untuk mendapatkannya mudah, maka perpindahan itu tak menimbulan gejolak, sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga secara alamiah.  Jika energi itu sulit untuk diperoleh padahal yang memerlukan banyak, maka akan terjadi perjuangan hidup atau mati,kill or to be killed, bertahan atau musnah.

Agar diperoleh kehidupan damai, maka harus dihindari pergulatan mati atau hidup itu dengan berbagai cara, diantaranya memanfaatkan energi se efisien mungkin, mencari sumber energi baru, menciptakan kondisi agar terjadi perputaran mata rantai energi yang tak terputus dengan menerapkan konservasi energi lingkungan disekitar kita.

Teori Minimalis adalah suatu harapan semoga Tuhan Yang Maha Esa mengisolasi Alam Semesta, hingga kehidupan dapat berlangsung berkesinambungan tanpa kekurangan energi.

Bab 2.  Jilid 1.Terjadinya alam semesta :

A.   TEORI BIG BANG

Alam semesta ini berasal dari sebuah ledakan yang sangat dahsyat, ledakan
ini disebut Big Bang (Dentuman Besar). Dahulu ilmu yang mempelajari asal-usul alam        semsta disebut Kosmogoni.  Namu dewasa ini, Kosmogoni telah
diperluas, tidak hanya mempelajari tentang asal-usul alam semesta dan
evolusinya tetapi juga meliputi isi alam semesta dan organisasinya
sehingga disebut Kosmologi.

Ø      Menurut prinsip Kosmologi modern, dasar terbentuknya alam semesta
dapat dikelompokkan ke dalam tiga teori :
1.      Teori Keadaan Tetap
      “Alam semesta sama di manapun atau bilamanapun atau dengan kata lain alam
semesta sama di mana-mana setiap saat.”
Hipotesis ini disebut Kosmologi Keadaan Tetap (Steady-State Cosmology).
Namun teori ini tergoyahkan karena alam semesta cenderung mengembang dan
tidak tetap.
2.      Teori Osilasi
      “Materi alam semesta bergerak saling menjauhi kemudian akan berhenti, lalu
akan mengalami pemampatan demikian seterusnya secara periodik.”
Teori ini mengemukakan bahwa alam semesta sekarang sedang mengembang
      karena sebelumnya telah terjadi penyusutan. Dalam proses ini tidak ada
materi yang rusak atau hilang ataupun tercipta, hanya mampat atau
merenggang.
 3.       Teori Dentuman Besar / Big Bang
“ Seluruh materi dan energi dalam alam semesta pernah bersatu membentuk
sebuah bola raksasa. Kemudian bola raksasa ini meledak sehingga seluruh
materi mengembang karena pengaruh energi ledakan yang sangat besar.”

Sekedar catatan “Apakah anda tidak bertanya dari mana atau bagaimana terjadinya Bola Raksaksa cikal bakal Alam Semesta itu?” Pertanyaan itu pernah dijawab oleh Stephen Hawking “Tidak ada manfaatnya pertanyaan  itu, bagaikan pertanyaan apakah yang terletak di utara Kutub Utara?”

Theosofi adalah komunitas yang berkeyakinan: Sangkan paraning dumadi, reinkarnasi, dan hukum kharma.( Dari mana dan kemana segala sesuatu yang ada, perulangan proses,hukum sebab akibat).  Keyakinan ini tidak menganggap Alam Semesta hanyalah sekedar materi/fisik/ partikel/benda mati melainkan juga mencakup makluk hidup.

Big Bang merupakan teori terbentuknya  Alam Semesta secara fisik dan tidak termasuk  kehidupan di Alam Semesta ini. Banyak teori yang mengatakan kehidupan terjadi setelah Big Bang, namun  tidak dijelaskan bagaimana kehidupan itu terjadi. Yang jelas makluk hidup tidak sekedar terdiri dari materi, ini dapat dibuktikan dengan perbedaan kendaraan yang digerakkan oleh semuah mesin dan ditarik oleh seekor kuda, selamanya robot tidak akan sama dengan manusia. Dalam keadan “istirahat” mesin dan robot tidak perlu clearenergy, sedangkan kuda dan manusia tetap memerlukan bioenergi,clearenergi,transenergi untuk mempertahankan kehiudupannya.. Kuda dan manusia memiliki kemampuan menggunakan bioenergi sedangkan mesin dan robot  hanya sanggup memanfaatkan clearenergi. Mesin dan robot tidak akan segera membusuk, sedangkan tubuh kuda dan manusia akan segera membusuk .

Saya akan mengulas keyakinan sangkan paraning dumadi (tidak sekedar dumadinya kehidupan melainkan termasuk  dumadinya Alam Semesta), reinkarnasi dan hukum karma , bukan berdasarkan keyakinan Theosofi melainkan dengan teori Minimalis (kekekalan energi di Alam Semesta),

Kembali ke persoalan: sangkan paraning dumadi,reinkarnasi dan hukum karma.

*Alam Gaib yang hanya diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa adalah sangkan dan paraning dumadi. Semua berasal dari Alam Gaib dan akan kembali ke Alam Gaib yang hanya diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa.

* Dengan mengasumsikan Alam Semesta sebagai sebuah sistem tertutup, maka terjadilah lingkaran besar yang tidak berujung namun  terdiri dari lingkaran-lingkaran kecil  yang masing-masing merupakan bagian dari lingkaran besar.

*Semua yang terjadi di Alam Senesta ini saling berhubungan/berkesinambungan: yang lebih dulu menjadi sebab bagi yang datang kemudian, yang datang kemudian merupakan akibat dari yang lebih awal. Inilah makna waktu yang tidak dapat diputar balikkan. Oleh karena itu dimensi waktu berlaku dalam setiap Sub Alam Semesta, kecuali dalam kehidupan abadi.
Tahapan terjadinya Dentuman Besar :
1)      Segera setelah terjadi dentuman besar, alam semesta mengembang
dengan cepat hingga kira-kira 2000 kali matahari.
2)      Sebelum berusia satu detik, semua partikel hadir dalam
keseimbangan. Satu detik setelah dentuman, alam semesta membentuk
partikel-partikel dasar, yaitu elektron, proton, neutron, dan neutrino
pada suhu 10 miliar kelvin.
3)      Kira-kira 500 ribu tahun setelah terjadi ledakan, lambat laun alam
semesta menjadi dingin hingga mencapai suhu 3000K. Partikel-partikel dasar
membentuk benih kehidupan alam semesta.
4)      Gas hidrogen dan helium membentuk kelompok-kelompok gas rapat yang
tak teratur. Dalam kelompok-kelompok tersebut mulai terbentuk
protogalaksi.
5)      Antar satu dan dua miliar tahun setelah terjadinya dentuman besar,
protogalaksi-protogalaksi melahirkan bintang-bintang yang lambat laun
berkembang menjadi raksasa merah dan supernova yang merupakan bahan baku
kelahiran bintang-bintang baru dalam galaksi.
6)      Satu di antara miliaran galaksi yang terbentuk adalah galaksi
 Bimasakti. Di dalam galaksi ini terdapat tata surya kita, dengan matahri 
adalah bintang yang terdekat dengan bumi.

Radiasi Isotropis 3K
                  Radiasi isotropik sinar kosmik yang redup dari radiasi
gelombang mikro yang bersuhu sangat rendah yaitu sekitar tiga derajat
kelvin (3K) atau 270oC sekarang dapat dilihat di seluruh alam semesta,
menurut ahli astronomi, merupakan sisa-sisa dentuman besar yang disebut
radiasi isotropis 3K. Arno Penzias dan Robert Wilson dari New Jersey,
Amerika Serikat, pada tahun 1965 menangkap radiasi dari gelombang
mikro tersebut dari segala arah. Dari arah datangnya radiasi para ahli
astronomi mengharapkan dapat menemukan pusat alam semesta. Karena radiasi
ditangkap dari segala arah maka dapat disimpulkan bahwa pusat alam semesta
maupun asal mulanya ada di sekeliling kita. Sumber radiasi isotropik 3K
yang identik dengan benda hitam seharusnya berasal dari pusat dentuman
besar, karena pusat dentuman menjadi kosong atau disebut Black Hole. (PNDX
‘2005)

Tulisan ini sepenuhnya diambil dari Google.com. dengan maksud agar tidak terjadi penyimpangan dari sumber asalnya.

B.Supernova:

Supernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi yang teramat besar. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai ratusan juta kali cahaya bintang tersebut semula.
Energi yang dipancarkan oleh supernova amatlah besar. Bahkan pancaran energi
yang dipancarkan saat supernova terjadi dalam beberapa detik saja dapat menyamai
pancaran energi sebuah bintang dalam kurun waktu jutaan hingga miliaran tahun.
Pancaran energi supernova dapat dihitung berdasarkan sifat-sifat pancaran
radiasinya.
Supernova biasa terjadi dikarenakan habisnya usia suatu bintang. Saat
bahan-bahan nuklir pada inti bintang telah habis, maka tidak akan dapat terjadi
reaksi fusi nuklir yang merupakan penyokong hidup suatu bintang. Dan bila sudah
tidak dapat dilakukan fusi nuklir ini, maka bintang akan mati dan melakukan
supernova.

Berdasarkan pada garis spektrum pada supernova, maka didapatkan beberapa jenis
supernova :
Supernova Tipe Ia
Pada supernova ini, tidak ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen saat
pengamatan.
Supernova Tipe Ib/c
Pada supernova ini, tidak ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen ataupun
Helium saat pengamatan.
Supernova Tipe II
Pada supernova ini, ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen saat pengamatan.
Hipernova
Supernova tipe ini melepaskan energi yang amat besar saat meledak. Energi ini
jauh lebih besar dibandingkan energi saat supernova tipe yang lain terjadi.

Berdasarkan pada sumber energi supernova, maka didapatkan jenis supernova
sebagai berikut.
Supernova Termonuklir (Thermonuclear Supernovae)
Berasal dari bintang yang memiliki massa kecil
Berasal dari bintang yang telah berevolusi lanjut
Bintang yang meledak merupakan anggota dari sistem bintang ganda.
Ledakan menghancurkan bintang tanpa sisa
Energi ledakan berasal dari pembakaran Karbon (C) dan Oksigen (O)
Supernova Runtuh-inti (Core-collapse Supernovae)
Berasal dari bintang yang memiliki massa besar
Berasal dari bintang yang memiliki selubung bintang yang besar dan masih
membakar Hidrogen di dalamnya.
Bintang yang meledak merupakan bintang tunggal (seperti Supernova Tipe II),
dan bintang ganda (seperti supernova Tipe Ib/c)
Ledakan bintang menghasilkan objek mampat berupa bintang neutron ataupun
lubang hitam (Black hole).

Suatu bintang yang telah habis masa hidupnya, biasanya akan melakukan supernova.
Urutan kejadian terjadinya supernova adalah sebagai berikut.
Pembengkakan
Bintang membengkak karena mengirimkan inti Helium di dalamnya ke permukaan.
Sehingga bintang akan menjadi sebuah bintang raksasa yang amat besar, dan
berwarna merah. Di bagian dalamnya, inti bintang akan semakin meyusut.
Dikarenakan penyusutan ini, maka bintang semakin panas dan padat.
Inti Besi
  Saat semua bagian inti bintang telah hilang, dan yang tertinggal di dalam
hanyalah unsur besi, maka kurang dari satu detik kemudian suatu bintang
memasuki tahap akhir dari kehancurannya. Ini dikarenakan struktur nuklir besi
tidak memungkinkan atom-atom dalam bintang untuk melakukan reaksi fusi untuk
menjadi elemen yang lebih berat.
  Peledakan
  Pada tahap ini, suhu pada inti bintang semakin bertambah hingga mencapai 100
miliar derajat celcius. Kemudian energi dari inti ini ditransfer menyelimuti
bintang yang kemudian meledak dan menyebarkan gelombang kejut. Saat gelombang
ini menerpa material pada lapisan luar bintang, maka material tersebut menjadi
panas. Pada suhu tertentu, material ini berfusi dan menjadi elemen-elemen baru
dan isotop-isotop radioaktif
.
Pelontaran
Gelombang kejut akan melontarkan material-material bintang ke ruang angkasa.

Dampak dari Supernova
Supernova memiliki dampak bagi kehidupan di luar bintang tersebut, di antaranya:
Menghasilkan Logam
Pada inti bintang, terjadi reaksi fusi nuklir. Pada reaksi ini dilahirkan
unsur-unsur yang lebih berat dari Hidrogen dan Helium. Saat supernova terjadi,
unsur-unsur ini dilontarkan keluar bintang dan memperkaya awan antar bintang
di sekitarnya dengan unsur-unsur berat.
Menciptakan Kehidupan di Alam Semesta
Supernova melontarkan unsur-unsur tertentu ke ruang angkasa. Unsur-unsur ini
kemudian berpindah ke bagian-bagian lain yang jauh dari bintang yang meledak
tersebut. Diasumsikan bahwa unsur atau materi tersebut kemudian bergabung
membentuk suatu bintang baru atau bahkan planet di alam semesta.
Peristiwa Supernova yang teramati
Supernova 1994D Ada satu bintang yang melakukan supernova di ruang angkasa tiap
satu detik kehidupan di bumi. Hanya saja, untuk menemukan bintang yang akan
melakukan supernova tersebut amatlah sulit. Banyak faktor yang memengaruhi dalam
pengamatan supernova. Walaupun begitu, ada beberapa peristiwa supernova yang
telah teramati oleh manusia, di antaranya:
Supernova 1994D
Dahulu kala, sebuah bintang meledak di tempat yang amat jauh dari bumi.
Ledakan itu tampak seperti sebuah titik terang. Ini terjadi di bagian luar
dari galaksi NGC 4526, dan dinamakan Supernova 1994D. Sinar yang
dipancarkannya selama beberapa minggu setelah ledakan tersebut menunjukkan
bahwa supernova tersebut merupakan Supernova Tipe Ia.
Diperoleh dari “http://id.wikipedia.org/wiki/Supernova” lewat www.Google.co.id.
C.Blackhole

Apakah Blackhole itu? Bagaimana terjadinya Blackhole? Jika Blackhole dapat menarik benda di sekitarnya, apakah blackhole berbahaya?

Bintang-bintang di alam semesta (jauh lebih besar daripada matahari) tidak akan lenyap dalam periode jutaan tahun seperti massa yang lebih kecil. Bintang-bintang itu baru lenyap bila terjadi ledakan nuklir yang sangat besar. Ledakan yang dikenal sebagai supernova terjadi bila gravitasi bintang menjadi sangat kuat sehingga menghancurkan dirinya sendiri.

Tetapi pada beberapa bintang, gravitasinya amat besar sehingga penghancuran terus menerus terjadi, merusak segala sesuatu di dalamnya. Kepadatan benda itu terus meningkat dan memaksa gravitasi terus meningkat pula, sampai tak ada satupun yang bebas dari pengaruhnya, bahkan cahaya sekalipun. Hasilnya adalah “Blackhole” alias Lubang Hitam. Apapun yang masuk ke dalam tarikan gravitasi objek tersebut tidak bisa melarikan diri. Meskipun tak tampak, lubang hitam bisa dideteksi dengan satelit sinar-X.

Lubang hitam pertama ditemukan di sistem perbintangan Cygnus tahun 1972.

Pendapat pembaca tentang Blackhole yang dapat menjajagi bagaimana pengertian Blackhole dari masing-masing pembaca.

  1. Dhani:Sekedar mau meluruskan. Bintang yang massanya lebih besar dari matahari umurnya justeru lebih pendek, karena lebih cepat menghabiskan bahan bakar hidrogennya.Bintang akan runtuh oleh massanya sendiri apabila keseimbangan hidrostatiknya terganggu. Pada bintang yang sedang dalam tahapan stabil (main sequence), tekanan ke arah luar akibat pelepasan energi akan setara dengan tekanan ke arah dalam akibat gravitasi bintang. Ini disebut keseimbangan hidrostatik. Apabila bahan bakar hidrogen telah habis, maka reaksi termonuklir (yg mengubah hidrogen menjadi helium) akan terhenti. Dengan demikian pelepasan energi akan terhenti pula. Akibatnya, tekanan ke arah luar berkurang. Akibatnya, seluruh materi bintang tersedot ke arah pusat bintang oleh gravitasi bintang itu sendiri. Ini membuat bintang menjadi tidak stabil. Inti bintang menjadi sangat padat, karena seluruh materinya mengumpul disana. Suatu saat, pusat bintang tidak sanggup lagi menahan tekanan yang terjadi. Mirip seperti balon yang terus menerus ditiup hingga pecah, bintang tsb suatu saat akan meledak menjadi supernova. (ps: penjelasan ini juga sebenarnya sudah sangat disederhanakan.July 21st, 2007 at 5:39 pm
  2. Yessi Pratiwi:Thanks, Mas Dhani.July 22nd, 2007 at 5:12 pm
  3. Nurdiansah:Hanya mau menambahkan dari saudara dhani:berdasarkan ilmu astronomi, setelah terjadinya ledakan belum tentu terjadi Black Hole, bisa jadi menjadi Bintang Netron (Katai Potih). Black Hole terjadi apabila kita perumpamakan, ada sebuah bintang meledak (Nova) yg memiliki masa 5 kali besar matahari kita maka baru bisa menjadi sebuah Black Hole. Sementara Matahari kita apabila Mati (Nova) akan berubah menjadi Bintang Netroun.October 21st, 2007 at 4:54 am
  4. Yessi Pratiwi:Ayo, ayo.. semua yang masih bisa menambahkan dan meluruskn, berbagi semua disini .November 20th, 2007 at 5:05 pm
  5. Win-okz:Aku mau tanya…setelah supernova,bagaimana cara mengidentifikasi bahwa setelah supernova itu akan berubah menjadi black hole atau bintang netron??tolong dijawab yah………………..November 21st, 2007 at 12:44 pm
  6. Teguh:tapi inget, hukum kekekalan energi dan informasi.
    energi dan informasi tidak akan hilang melainkan dapat berubah wujudnya.
    jadi klo benda luar angkasa tersedot ke dalamnya akan tersimpan dalam waktu yg lama. ntar stlh black hole tersebut mati, maka energi dan informasi yang pernah ada di dalamnya akan dipancarkan kembali dalam bentuk yg tercerai berai dan tidak dapat dikenali lagi.December 7th, 2007 at 12:41 pm
  7. Ichsan:yang diataz pa betuL????
    emank sich energi yang dapat dimusnahkan, pi masa bisa dipancarkan lagi????December 21st, 2007 at 10:41 am
  8. Paijo:kalo gt dr mana pasokan bahan bakar hidrogennya apa di sana ada pos pengisian bahan bakar?December 24th, 2007 at 12:41 pm
  9. Ibnu:Baca teori saya yang bernama teori Minimalis (dalam site saya : www.ibnusomowiyono.multiply.com yang menjadi dasar fiksi saya berjudul Blackhole. Jangan keliru: itu hanya fiksi, tetapi coba terka bagaimana isi fiksi saya, ngawur atau ilmiah.December 25th, 2007 at 12:24 pm
  10. Mkhbub:Proses terjadinya blackhole kurang lebih seperti apa yang telah diungkapkan diatas, pada dasarnya blackhole adalah sebuah bintang ytang telah mengalami perubahan wujud/ mengalami fase kehidupan yang berbeda dari sebelumnya, dari sebuah bintang yang telah tua yang masanya lebih besar dari masa matahari, meledak, menjadi netron, blackhole dengn kemampuan menarik/makan segala sesuatu dalam radiusnya untk mempertahankan hidupny, bahkan benda secepat cahayapun tak lepas darinya. Stephen hawkings lebih jauh mengatakan bahwa di antariksa yang tak diketahui batasnya ada kemungkinan ada lebih dari satu blackhole. yang jadi persoalan ketika dua black hole bertemu apa yang akan terjadi? beliau mengatakan karena kemampuan blackhole untk menarik benda disekitar maka akan terjadi tarik menarik antara 2 blackhole yang mengakibatkan ada ruang kosong diantara dua kekuatan tsb/ TEROWONGAN yang mempunyai kemampatan yang tak bisa dibayangkan. nah soalnya sekarang MENUJU KEMANAKAH TEROWONGAN TSB? Akankah munuju kelangit yang lain, krn ada 7 langit, akankah menuju ke semesta yang berbeda? Ada yng bisa membantu? ALLAHU A`LAM BISHOWAB.December 31st, 2007 at 12:41 pmone:sekarang ini telah ada sebuah satelit khusus yang mengamati perkembangan blackhole, tapi seperti biasa tak ada seorangpun ilmuwandari Indonesia yang berpartisipasi, atau memang di negara kita tak ada ilmuwan, Marilah kita bangkit dari keterpurukan! tak ada yang tak bisa! kalau jita mau mencoba!December 31st, 2007 at 1:04 pm
  11. Hintia:blackhole merupakan sebuah keajaiban dan rahasia besar ALLAH SWT, yang tak mungkin dapat terpecahkan teka-teki nya sampai kapanpun, selama ini yang terungkap hanyalah teory-teory belaka yang tak ada ujung… sebenarnya dengan adanya blackhole ALLAH SWT menegur kita untuk bertafakur agar senantiasa dekat dan takut pada-NYA.January 10th, 2008 at 6:17 pm
  12. Norman:Wah iya, seru banget perdebatan tentang hal ini..February 7th, 2008 at 6:07 pm
  13. Adil:sy setuju semua pendapat tersebut. keren banget blackhole. ayo tambah materi lagi tentang si manis blackhole. dia merupakan salah satu teka-teki dunia bidang astrofisika yang belum banyak diungkap.setahu sy yang aku baca, hukum kekekalan energi tetap berlaku untuk materi yang diuraikan blackhole. stephen hawkin saja meralat pernyataan yang mangatakan kalo materi tersedot balackhole, ia akan masuk ke negeri entah berantah yang tak bisa diketemukan lg.tp, spt nya diralat jika materi disedot blackhole ia kan akan diuraiakan menjadi energi/materi lain spt sinar alpa dst.sehingga hukum kekekalan energi tetap berlaku. ak hanya baca artikel di internet, bukan studi ilmu astro.
    ” sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar dari penciptaan manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya”February 13th, 2008 at 10:40 am.
         
  chintia
blackhole merupakan sebuah keajaiban dan rahasia besar ALLAH SWT, yang tak
mungkin dapat terpecahkan teka-teki nya sampai kapanpun, selama ini yang
terungkap hanyalah teory-teory belaka yang tak ada ujung… sebenarnya dengan
adanya blackhole ALLAH SWT menegur kita untuk bertafakur agar senantiasa  dekat dan takut pada-NYA.
January 10th, 2008 at 6:17 pm
  norman
  Wah iya, seru banget perdebatan tentang hal ini..
February 7th, 2008 at 6:07 pm
adil
sy setuju semua pendapat tersebut. keren banget blackhole. ayo tambah materi
lagi tentang si manis blackhole. dia merupakan salah satu teka-teki dunia
bidang astrofisika yang belum banyak diungkap.setahu sy yang aku baca, hukum
kekekalan energi tetap berlaku untuk materi yang diuraikan blackhole. stephen
hawkin saja meralat pernyataan yang mangatakan kalo materi tersedot
balackhole, ia akan masuk ke negeri entah berantah yang tak bisa diketemukan
lg.tp, spt nya diralat jika materi disedot blackhole ia kan akan diuraiakan
menjadi energi/materi lain spt sinar alpa dst.sehingga hukum kekekalan energi
tetap berlaku. ak hanya baca artikel di internet, bukan studi ilmu astro.
” sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar dari penciptaan manusia,
tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya”
February 13th, 2008 at 10:40 am
Ibnu Somowiyono
saya sedang menulis fiksi Blackhole, perlu banyak masukan. Trima kasih atas
sumbangan anda semua
February 14th, 2008 at 11:51 am
  irvan
itu semua rahasia ALLAH.Hanya DIA yang Maha Mengetahui
February 16th, 2008 at 12:04 am
ibnu Somowiyono
  Di Alam Semesta ini terdapat banyak sekali Blackhole, sebab Blackhole
berfungsi sebagai inti sebuah Galaksi (misalnya Bima Sakti). Blackhole
memiliki kepadatan masa sangat tinggi hingga energi grafitasinya sangat besar.
Manfaat Blackhole adalah memberikan gaya tarik terhadap benda angkasa yang
bergerak mengelilinginya. Dapat dibuktikan, bila anda memutar batu yang
bermasa dengan seutas tali, akan terasa ada gaya tarik melawan tangan anda
yang disebabkan benda yang anda putar. Jika tali itu putus benda itu akan
terlempar keluar/jauh. Fungsi energi grafitasi Blackhole ibaratnyya sebagai
tali pengikat benda-benda yang berputar disekelilingnya. Jika Blackhole
kehilangan energi grafitasi, benda-benda yang mengelilinginya akan terlempar
keluar, sebaliknya bila
gaya sentrifugal akibat putaran berkurang, benda itu akan bergerak mendekati
Blackhole,jika sudah begitu akibatnya sangat fatal bagi galaksi itu. Oleh
karena itu Tuhan Yang Maha Esa memberikan keseimbangan dua gaya itu, dengan
memberikan energi grafitasi pada Blackhoe untuk menarik benda-benda
disekitarnya dan memutar benda-benda itu dengan kecepatan tertentu agar tetap
pada orbitnya.
Apa yang terjadi bila dua buah Blackhole berjarak jangkau energi grafitasi
masing-masing gaya tarik F=k.m1xm2/r kwadrad hingga dapat mengatasi
“kelembaman massa”, kedua benda itu akan bergerak saling mendekati. Benda yang
memiliki masa kecil akan lebih mudah bergerak. Setiap benda yang bergerak akan
memiliki energi kinetik yang besarnya setengah dari perkalian masa dan kwadrad
kecepatan. Jika kecepatan itu tinggi dan masanya juga besar, benda itu akan
berbenturan. Energi kinetik yang dahsat itu akan menghancurkan/merusak dan
akan terjadi pecahan masa dan pancaran energi.Saya tidak mengerti proses
terjadinya terowongan menuju semesta yang lain.
Ceritera Fiksi Blackhole akan menambah wawasan anda mengenai Alam Semesta
termasuk Blackhole sesuai dengan teori Minimalis.
February 25th, 2008 at 3:19 pm
ibnusomowiyono
Secara Fisika Blackhole sanggup menarik setiap materi dan energi yang bermasa
yang dalam jangkauan gaya tarik grafitasinya, sehingga disekitar Blackhole
terjadi ruangan yang “kosong materi yang bermasa”. Jadi nama Blackhole
sebenarnya kurang tepat jika diberikan untuk materi yang memiliki masa sangat
padat dan lebih cocok sebagai nama ruangan disekitar benda itu. Dahulu benda
itu tidak terdeteksi oleh pancaindra manusia, secara langsung atau dengan
peralatan yang diciptakan manusia. Sekarang benda itu dapat dideteksi dengan
menggunakan sinar-X. Jadi tidak benar jika Blackhole dikultuskan, lebih-lebih
disakralkan. Blackhole adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai tugas
memelihara keseimbangan sebuah Galaksi.
February 25th, 2008 at 10:33 pm
  joko & Wira
  olong jelaskan bagaimana bisa cahaya yang begitu cepat dapat terhisap
pula?kalau begitu bagaimana sinar X dapat mendeteksinya?
March 3rd, 2008 at 3:02 pm
  atsu
Wah, walaupun aku berumur 10 tahun, tapi aku sangat menyukai alam semesta.
Dilihat dari per- debatan aku gak mau ikut.
March 21st, 2008 at 10:31 am
atsu
Bagaimana sinar-X saja yang bisa, jelaskan. Aku kan org bth pengetahuan lbh.
March 21st, 2008 at 10:33 am
ibnu Somowiyono
Silakan akses www.ibnusomowiyono.multiply.com Buka blog. Cari: Blackhole Jilid
1 Bab 1. Baca teori Minimalis.
Disitu dijelaskan ada cahaya yang memiliki masa(foton) dan ada cayaha yang
belum/tidak memiliki foton.
a.Cahaya yang berfoton tertarik oleh Blackhole (sesuai dengan hukum
grafitasi),mula-mula cayaha dibelokkan mengitari Blackhole, semakin lama
semakin kecil radius putarannya dan achirnya “mendarat” dipermukaan Blackhoe
dan energinay diubah menjadi nergi panas. b.cayaha yang tak berfoton terdiri
dari berbagai cahaya, ada yang dapat menembus apa saja dan ada yang memiliki
sifat hampir sama dengan cahaya berfoton hingga dapat terdeteksi oleh alat
fisika(misalnya sinar X dapat mempengaruhi emulsi fotografi) Tehlogi canggih
telah sanggup memanfaatkan berbagai disiplin ilmu Astronomi, diantaranya X-ray
Astronomy dan satelit pengindera ruang angkasa (Baca Wikipedia: Astronomy).
Hanya dengan alat fisik yang diciptakan bantuan akal manusia
(darkenergy),banyak rahasia alam semesta telah dapat disingkap, namun yang
belum tersingkap masih jauh lebih banyak.
March 22nd, 2008 at 12:41 pm
  pgirl
aq bru buka tentang ini,tp aq pengen banget tahu tentang proses penciptaan
black hole itu lebih rinci lagi.tolong bantu donx kak?!’n’ kapan sebuah
bintang itu bisa meledak?!dtunggu.thanx buaangetz y.
March 26th, 2008 at 10:18 pm
pgirl
  oh ya, td aq bru lihat klu ada empat galaksi besar yang berada di cluster
galaksi CL0958+4702, berjarak 5 miliar tahun cahaya dari bumi saling
bertabrakan dan pastinya akan membentuk suatu black holeJujur aq belum ngerti
banget tentang ini walaupun aq ska bgt ma astronomy, jadi aq mohon banget
penjelasannya y.dtunggu!
March 26th, 2008 at 10:31 pm
pgirl
oh y satu lagi yang mo aq tanyain ma kakak semua.pastinya smua tahu tentang
segitiga bermuda khan?apakah kejadian-kejadian aneh disana itu ada hubungannya
dengan black hole?!khan td kata kak Makhbub klu ada 2 black hole yang
berdekatan maka akan membentuk suatu terowongan yang sampai sekarang ga   tau kemana arahnya, apa terowongan itu berhubungan dengan bermuda triangle di
daerah Amerika?!thanxx.
March 26th, 2008 at 10:46 pm
Ibnu Somowiyono
  Sg.3 Bermuda ada di Bumi sedangkan Blackhole ada diantariksa, satu diantaranya
merupakan pusat galaxi Bimasakti. Walaupun letaknya “sangat” jauh menurut
ukuran yang berlaku dibumi, tapi sangat dekat menurut ukuran Alam Semesta;
yang jelas keduanya berada di Alam Semesta, maka “mungkin saja” ada
hubungannya antara Sg.3 Bermuda dengan Blackhole, paling tidak ada persamaan
sifat kedua fenomena itu. Blackhole mempunyai gaya tarik grafitasi sangat
tinggi hingga dapat menarik materi yang berada dalam jangkauan kekuatan
grafitasinya. Sg.3 Bermuda juga sanggup menarik
sesuatu yang berada dalam jangkauannya, bedanya:
Gaya tarik grafitasi Blackhole berlangsung terus menerus, sedangkan gaya tarik
Sg.3 Bermuda bersifat eksidensil.
Lepas dari gaya tarik grafitasi,jika anda membaca teori Minimalis atau Tanya
jawab tentang teori minimalis di www.ibnusomowiyono.multiply.com anda akan
tahu bahwa “hilangnya/ lenyapnya” sesuatu secara tiba-tiba dapat dijelaskan
dengan Formula Supernatural Modern, yang rumusnya sangat sederhana E=-x + y.
Materi hanya dapat exist jika E=0,jika ada kekuatan/energi luar yang
menjadikan E tidak sama dengan nol, maka materi itu akan lenyap dan kembali
menjadi energi(Trasnenergi,Brightenergi atau Darkenergi).
Selama ini orang menganggap “hilangnya” sesuatu sebagai hal yang aneh, padahal
sebenarnya yang lebih aneh “bertahannya” sesuatu agar tidak lenyap. Agar
sesuatu tetap exsist dibutuhkan energi dalam, jika sesuatu itu kehilangan
tenaga dalam untuk bertahan maka sesuatu itu akan “hancur” menjadi
bagian-bagian pembentuknya.
Partikel atau apapun yang bermasa akan kehilangan masanya jika E tidak sama
dengan nul. Teori menimalis membagi Alam Semesta menjadi Lima Sub Alam
Semesta, Tiga Sub Alam Semesta tak berdimensi masa, hanya dua Sub Alam Semesta
yang mengenal dimensi masa.
Sg.3 Bermuda memiliki kemampuan “menyedot energi dalam” atau menghilankan
Keseimbangan Prima sebuah benda/materi yang terimbas oleh kekuatannya,
sehingga E tidak sama dengan nul, akibatnya benda/materi itu “hilang” dan tak
mungkin diketemukan bangkainya.
March 29th, 2008 at 9:49 am
  Ibnu Somowiyono
Untuk atsu. Ada beberapa Blackhole justru memancarkan sinar-X hingga dapat
ditangkap oleh satelit-satelit yang memantau seluruh aktifitas antariksa.Hasil
itu dikirim kebumi dan dianalisa dilaboratorium yang khusus menganalisa
data-data yang dikirim oleh satelit-satelet yang bertebaran diantariksa.
Agar anda dapat mengerti mengapa Rinar-X dapat lolos dari cengkeraman
Blackhole silakan anda membaca sifat-sifat sinar ini di Wikipedia mengenai:
X-ray, gamma -ray dan sebagainya. Jika anda belum juga faham: Ikuti tanya
jawab tentang teori Minimalis di web saya.
March 29th, 2008 at 10:02 am
 Sliderone
  Banyak ilmu kita pelajari dari alam ini sebagai bukti kebesaran Tuhan. Makin
kita pelajari makin banyak kita tahu dan makin banyak pula yang tidak dan
belum kita ketahui… kita wajib mencari ilmu dari mulai lahir hingga akhir
hayat karena sebagian ayat-ayat Allah ada disana. hingga menambah keimanan
kita. saya suka wacana ini dan punya pendapat yang mungkin tidak punya dasar.
“Black hole” Terjadi karena adanya dua atau lebih gravitasi yang
berdekatan..baik itu karena terjadinya supernova atau gravitasi antar galaxy
turbulence yang di hasilkan dari benturan gravitasi akan terjadinya satu
lubang yang memiliki gravitasi yang berlipat kekuatannya.. seberapa panjang
ataupun seberapa luasnya black hole tergantung gravitasi yang bersinggungan
tersebut terjadi. itulah yang bisa saya sampaikan sebagai perkenalan saya
untuk dapat bergabung dengan anda-anda semua para ahli, cendikiawan astrologi.
saya mohon koreksi thank’s.
April 3rd, 2008 at 6:09 pm
Ibnu Somowiyono
  Saya sependapat, semakin banyak belajar semakin bertambah yang kita ketahui
sekaligus kita sadar bahwa jauh lebih banyak yang belum kita ketahui.
Saya tidak/belum tahu hubungan Blackhole sebagai yang anda maksud diatas.
Setahu saya dalam ilmu astronomi Blackhole mula-mula “dikira” sebuah “lobang
hitam”, ternyata “didalamnya” terdapat “benda yang memiliki kepadatan masa
sangat tinggi hingga memiliki gaya grafitasi sangat besar”. Terakhir telah
terbukti satu diantara “Blackhole” itu merupakan pusat galaksi Bimasakti.
Fungsi Blackhole adalah sebagai pemelihara keseimbangan antara putaran
benda-benda disekitarnya agar tidak terlempar keluar. (Silakan baca keterangan
saya sebelumnya) yang saya gunakan sebagai sarana agar jangan mengkultuskan
atau mensakralkan Blackhole. Blackhole adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
sebagai bagian dari Alam Semesta (sebagaimana planit,bintang/matahari, bulan
dan lain-lainnya) dengan fungsi sebagai pemelihara keseimbangan dalam sebuah
galaksi, misalnya Bimasakti.
April 9th, 2008 at 10:54 pm
Asep
mu nanya? emang blackhole kapan bisa sampai di Indonesia.. ^_^
April 12th, 2008 at 1:23 pm
  Ibnu Somowiyono
Saat ini sudah datang di www.ibnusomowiyono.multiply.com
April 23rd, 2008 at 5:27 am
                 Bab 3 Jilid 1. Komposisi Alam Semesta saat ini, dugaan bahwa Alam    Semesta mengembang dan Posisi Bumi dalam Galaksi Bima Sakti
  A.Inilah susunan/komposisi Alam Semesta saat ini: Heavy Elements  0,003%,   Neutrinos  0,3%,Stars 0,5%, Free Hidrogen and Helium 4%, Dark Matter 25%, Darkenergy 70%.( Bahan dari Wikipedia)
Darkenergy yang merupakan bagian terbesar dari Alam Semesta ternyata sampai saat ini masih merupakan sebuah misteri. Jika Darkenergy ini merupakan energi fisik (clearenergy) maka seharusnya dapat dideteksi oleh pancaindra secara langsung atau dengan alat fisik /benda yang dibuat dengan bantuan energi metafisik dan tidak akan menjadi misteri lagi. Jika Darkenergy merupakan energi gaib (brightenergi) tentunya tak terdeteksi oleh akal manusia. Karena Darkenergy terdeteksi oleh akal manusia, namun tidak dapat diakses oleh pancaindra secara langsung atau dengan bantuan alat fisik, maka dapat merupakan dark energi atau pra clear energi. Pra clear energi hanya dapat terdeteksi oleh kemampuan paralogika dan tak mungkin diderima oleh logika. Jadi darkenergi pastilah energi metafisik. Ini sebabnya dalam fiksi Blackhole energi metafisik disebut sebagai darkenergy. Jika ini benar, manusia harus bersyukur karena ternyata di Alam Semesta tersedia Darkenergy melimbah, padahal darkenergi sangat dibutuhkan sebagai penunjang pemanfaatan clear energy yang tersedia di alam semesta .
B.Dugaan Alam Semesta mengembang memberikan harapan baik bagi seluruh penghuni alam semesta. Jika alam semesta mengembang berarti alam semesta dibatasi dari sekelilingnya. Jika sekat ini menjadikan alam semesta sebagai sebuah sistim tertutup, maka sesuai dengan teori Minimalis, tak akan ada energi keluar, terjadilah konvervasi energi dalam alam semesta.
C.Posisi bumi dalam Galaksi Bimasakti:
    Disamping ini saya sajikan peta Galaksi Bimasakti  yang saya ambil dari Wikipedia.
Pusat Bimasakti merupakan sebuah Blackhole yang dikelilingi oleh sistem bintang yang masing-masing berputar pada orbitnya. Dari peta itu orbit sistem matahari kita terletak paling jauh dari Blackhole, berbatasan dengan daerah diluar Bimasakti.
Jika diurutkan dari dalam:
1. Pusat Bimasakti.
2.Norma.
3.Scuturm Crux.
4.Sagittarius.
5.Perseus.
6.Matahari kita yang dikelilingi oleh
   Planit,planitnya.( Lihat denah sistem  Matahari ):

Gambar dari Planit dalam Solar System sesuai dengan letak dan besarnya. Dari kiri kekanan/ dari dalam keluar: Mercurius,Venus,Bumi,Mares,Jupiter,Saturnus,Uranus,Neptunus, dan planit kecil Pluto,Eris

Gambar planit dalam (Inner Planet) dari Solar System, sebagai perbandingan besarnya.:
Dari kiri kekanan : Mercurius,Venus,Bumi,Mars.
  Gambar Planit Luar (Outer Planit) dalam Solar System sebagai perbandingan besarnya.
   Dari atas kebawah/ dari luar kedalam:Neptunus,Uranus,Saturnus,Jupiter.
   Gambar Solar System dengan Planit Dalam serta partikel-partikel  disekitar matahari. Matahari merupakan pusat Solar System yang dikelilingi oleh planit menurut orbit masing-masing. Terdapat planie lain: Greeks,Heldas,Trojans.
Gambar diambil dari Wikipedia
Bab IV: Kehidupan di Bumi yang sempit dan sangat pendek:
Setelah manusia sadar bahwa bumi ini sangat sempit dan hidup indinvidu sangat pendek, maka manusia berusaha memanfaatkan anugrah Tuhan Yang Maha Esa  itu sebaik-baiknya.
Bumi memang sempit dan hanya memiliki cadangan energi fisik sangat terbatas,namun sebenarnya dibumi ini tersedia energi lain yang belum dikuasai oleh manusia.Hidup yang pendek hanyalah dirasa oleh manusia secara individu, namun sebagai  bagian dari seluruh kehidupan , manusia hidup secara berkesinambungan. Mungkin saja seseorang tidak sempat menikmati hasil jerih payahnya dalam kehidupannya pendeknya, namun yang akan menikmati adalah generasi berikutnya dan seluruh kehidupan dibumi ini.
Cadangan energi bumi yang sangat terbatas dan kebutuhan energi manusia  semakin meningkat menjadi masalah utama disamping dampak penggunaan energi yang tidak ramah lingkungan.
Pada dasarnya agar masalah energi dan penggunaannya dapat teratasi adalah:
1. Penggunaan energi harus efisien dan ramah lingkungan.
2.  Mencari sumber energi baru yang tersedia di Alam Semesta, tidak  hanya yang berupa energi fisik, melainkan energi lain lain.
3. Melakukan konservasi energi, tidak hanya dengan menyimpan/menimbun, namun dapat menggunakan energi reversible,sehingga terjadi mata rantai energi yang berkesinambungan.
A. Energi Listrik:
Gerakan elektron melalui sepasang hantaran listrik( conduktor) sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Gerakan electron disebut arus electron yang aranya berlawanan dengan arus listrik. Arus listrik dapat diubah menjadi energi panas ,sekaligus diatur intensitasnya oleh tahanan (resistor=R). Arus listrik dapat diubah menjadi energi kimia oleh aki hingga dapat disimpan, dapat diubah jadi muatan listrik statis oleh sebuah condensator ( capasitor=C). Arus listrik dapat diubah menjadi medan magnit oleh sebuah lilitan/kumparan ( induktor=L).
Ada dua macam arus listrik, yaitu arus searah( direct current= DC) dan arus bolak-balik (alternating current=AC).
DC bermanfaat untuk berbagai keperluan:
1.Menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.,misalnya pada aki,batery recharcable.
2.Menimbun muatan listrik dalam bentuk energi electrostatis,untuk dilucuti seketika agar
   berkekuatan sangat dahsat, misalnya pada lampu kilat/Blitz.
3.Melakukan proses penguraian air menjadi oksigin dan hidrogin, melapisi logam.
4.Mencatu/penyedia energi listrik bagi alat-alat electronika, menggerakan motor listrik DC.
5.Peleburan logam, dan masih banyak sekali manfaatnya.
AC. sangat banyak manfaatnya, namun yang paling penting adalah untuk memindahkan /transmisi energi litrik dengan daya sangat besar. Kelebihan AC dari DC ialah dapat dinaikkan tegangannya hingga menjadi sangat tinggi dan diturunkan lagi sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan.
Dalam pengiriman energi listrik  Kerugian daya=ArusxArusxTahaman. Untuk sesuatu harga Tahanan,  Arus harus dibuat sekecil mungkin agar kerugian nya kecil. Daya yang dikirim = ArusxTegangan kirim, Untuk sesuatu pengiriman energi listrik dengan daya tertentu , jika arus kecil (agar kerugian pengiriman kecil)  tegangan harus besar. Itulah pentingnya SUTET.
Energi Listrik diperoleh dengan berbagai cara:
1. Untuk memperoleh energi listrik dalam skala besar digunakan Tenaga Penggerak yang diperlukan untuk memutar generator pembangkit tenaga listrik. Mesin penggerak itu dapat berupa kincir,turbin,motor torak, motor jet dan mesin penggerak awal (Prime movers) lainnya.
Mesin penggerak itu merubah energi tertentu (misalnya:energi potential air,angin,uap,bahan bakar minyak,bahan bakar gas, bahan bakar batu bara,sampai bahan bakar nuklir.) menjadi tenaga mekanik/gaya.
2.Dalam sekala kecil dapat diperoleh  tanpa melalui mesin penggerak, misalnya dari elemen matahari, elemen kimia, perbedaan konsentrasi air laut dan tawar, proses pizo elektrik, proses biologis dan lain lain.
Pertanyaan :
Bagaimana ya Pak untuk memperoleh energi listrik alternatif yang kekal sehingga bisa membuat kendaraan yang digerakkan listrik tanpa harus mengisi kembali charge,apabila ini dimungkinkan bukankah sangat berguna untuk menghemat BBM dan bahan bakar fosil?Jawab :
Menurut hukum kelembaman setiap benda yang bergerak akan tetap bergerak jika tidak ada gaya yang menghambatnya. Sebutir kelereng akan lebih cepat berhenti jika bergerak ditempat yang permukaannya kasar dari pada jika bergerak dipermukaan yang licin (boleh dibuktikan) Mengapa? Yang menghentikan gerakan itu adalah external energi akibat adanya gesekan. Secara teoritis jika tak terdapat gesekan kelereng yang bergerak akan tetap bergerak dan tak membutuhkan tambahan energi. Ekternal energi yang menghambat suatu gerakan bukan hanya diakibatkan oleh gesekan dengan lantai, melainkan banyak faktor, misalnya gesekan dengan udara, grafitasi (jika kelereng bergerak naik akan melambat,berhenti dan kembali turun dan gerakannya akan semakin cepat karena ditarik oleh bumi, kelereng akan berhenti bergerak setelah dihalangi oleh permukaan bumi atau benda lainnya. Jika kita ingin membuat kendaraan tanpa bahan bakar, semua yang menghambat gerakan itu harus ditiadakan atau kendaraan itu tak memiliki masa (muatannya juga tak boleh bermasa) Max Freud dalam ceritera Blackhole telah membuat kendaraan itu dan dinamakan Cispin ( Capsule Sub Pra Natural). Lain halnya Som Xiang, dia akan membuat kendaraan seperti yang anda inginkan dengan memantaatkan tenaga magnit permanen dan bergerak diatas monorell besi khusus, silakan ikuti terus serial Blackhole. Sayangnya saat ini ceritera itu saya hentikan untuk sementara karena kurang diminati pembaca.
Jika hanya sekedar mobil bertenaga listrik, saat ini sudah banyak yang digerakan dengan motor listrik DC yang digerakkan dengan acu yang diisi terus menerus dengan menggunakan cel tenaga surya yang sanggup merubah energi cayaha matahari menjadi tenaga listrik. Agar menghemat tenaga listri motor DC itu dirancang dengan menggunakan magnit permanen sebagai statornya.
Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s