Tanya Jawab Teori Minimalis (2)

Pertanyaan : Dapatkah anda membuktikan bahwa suatu informasi tidak memiliki massa?

Jawaban: TM dan FSM bukanlah Science melainkan bagian dari informatika,ibaratnya hanya sekedar jendela untuk melihat keluar, bukan pintu untuk melakukan sesuatu tindakan. Saya akan menginformasikan kepada anda bagaimana caranya mengukur besarnya massa. .

Sesuatu hanya dapat ditimbang massanya jika nyata (riel), jadi sandinya adalah 0qq(photon,electron,atom,molekul,kristal dll), atau 0qq#0#0#0(cell,senyawa organik, mayat,fosil dll), atau Oqq#0#0#0z (makluk hidup yang berwadag: tumbuh-tumbuhan,hewan dan manusia). Apakah manusia sanggup menimbang massa atom? Jelas dapat, bukan hanya atom, massa elektron bahkan foton pun dapat diukur. Caranya? Tanya pada ilmuwan science atau baca risalah science!

Setiap informasi memerlukan medium/media untuk “menyimpannya” misalnya batu/ prasasti, daun lontara, kertas,piringan hitam mekanik, pita rekam magnetik, compactdisk optik(cd),flopy , hard disc magnetik, flash disk,…………… sampai dengan otak manusia,insting pada tumbuh-tumbuhan dll. Saya ganti bertanya kepada para ilmuwan science: jika sebuah medium ditimbang, sebelum dan sesudah dimuati suatu informasi massanya akan berubah atau tetap? Saya yakin pasti dapat terjawab, sebab mereka mempelajari masalah quantum. Semoga  Hawking bersedia menjawab pertanyaan saya ini dengan teori barunya.

Sekedar gagasan minimalis: Sebuah batu prasasti yang menyimpan informasi masa lampau, dipahat untuk dimuati suatu informasi maka massanya akan berkurang dari sekedar batu polos karena dipahat, sebalinya kertas jika dimuati informasi yang berupa tulisan dengan bahan tinta, akan bertambah massanya. Bagaimana dengan cd, floppy. flah disk dan……. otak manusia? Media yang memuat informasi berubah massanya  bukan karena massa informasi yang di”titipkan kepadanya” melainkan karena konsekwensi dari tehnik yang digunakan.

Menurut Teori Minimalis Informasi itu termasuk fenomena sub alam transien yang sandinya #0#0#0, memerlukan media untuk menyimpan dan mentransfer, namun  sebenarnya informasi itu telah memiliki wadah hingga dapat menjadi suatu kesatuan, yaitu trans body. Manusia dapat mengirimkan informasi lewat transwave (misalnya siaran radio, televisi, komunikasi dll). Apakah gelombang pembawa (carrier wave) yang termodulasi dengan informasi yang berupa signal analog atau digital bertambah massanya akibat membawa suatu informasi itu? Tanyakan saja pada ahli komunikasi yang sekaligus ahli bidang informatika. Bukan kapasitas saya untuk membuktikan informasi tidak bermassa. Teori Minimalis akan runtuh jika terbukti informasi memiliki masa.

109. Pertanyaan: Anda katakan: ” Hidup ini  merupakan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan YME untuk mewariskan sesuatu “ Ini sangat berbahaya, karena berarti Tuhan YME membiarkan manusia bertindak sesukanya tanpa ada sangkinya, misalnya korupsi.

Jawaban: Membaca suatu statemen jangan sepotong-espotong, ini yang menjadikan berbahaya. Jika anda memotong  Statement Tiada tuhan selain Tuhan YME, menjadi  Tiada  tuhan(saja ) dan tak membaca phrase berikutnya), maka itu adalah pernyataan  seorang atheis, padahal pernyataan yang sesungguhnya sangat theosofis/ theologis/monotheis.

Bacalah secara lengkap statement Minimalis: Hidup ini merupakan kesempatan yang diberikan oleh  Tuhan YME untuk mewariskan sesuatu yang bermanfaat bagi generasi berikutnya,bukan sekedar materi dan bukan hanya untuk  anak cucu.

Apakah korupsi itu bermanfaat bagi generasi berikutnya? Yang diwariskan bukan hanya materi melainkan peradaban, kebudayaan, moral,ilmu pengetahuan, dan lain-lain yang sangat bermanfaat untuk generasi berikutnya bagi  seluruh isi alam semesta,bukan sekedar manusia apalagi hanya untuk anak cucu secara genetik.

Kalau anda mempelajari sesuatu seharusnya  tidak sepotong-sepotong, pelajari secara keseluruhan. Disebuah diskusi saya dicemooh: keminter karena mungkin dianggap sesat atauingin meruntuhkan teori-teori yang saat ini telah mapan dan diyakini kebenarannya, baik dengan bukti ilmiah (science) atau sekedar dogma, Padahal saya sekedar menginformasikan atau sekedar “menawarkan” sebuah teori alternatif yang mungkin dapat digunakan untuk menjawab/menjelaskan/menginformasikan sesuatu yang tidak dapat dijelaskan oleh teori/dogma lain yang sudah ada.

Jika anda  bersedia membaca tulisan-tulisan sayan secara runtut,tidak sepotong-sepotong, di situs saya, justru anda  akan tahu bahwa sebagai mansuia yang sangat minimalis/ sederhana (tidak memiliki keahlian tertentu) saya memberanikan diri “memperingatkan” kepada manusia (termasuk saya) bahwa kemampuan manusia “mengakses” rahasia Alam Semesta ini sangatlah terbatas (baca Basic Information of Universe). Atas cemooh “keminter” itu saya “terima dengan senang hati dan saya akui kebenaran cemooh itu, karena merupakan konsekensi dari seorang minimalis (serba terbatas ilmunya) yang berani mengemukakan gagasan baru bahkan  “menggurui” para cerdik pandai.

Menurut saya sebagai orang yang benar-benar pintar/pandai dan berwawasan luas, membaca statement, tulisan dan karya orang lain seharusnya  secara utuh dan tanpa syakwa sangka, kemudian memberikan kritik dan saran untuk mengoreksinya atau memberikan pembanding dengan: pendapat, tulisan dan karya nyata yang lain. Namun sayapun mengucapkan terima kasih tulisan saya telah dibaca, penafsirannya terserah pada pembaca.

110. Pertanyaan: Setujukah anda jika abad ini disebut sebagai Era Informatika? Apakah informatika hanya bermanfaat bagi manusia? Dapatkah informatika disimpan dan dipindahkan dengan media yang bukan fisik?

Jawaban: Informatika sebenarnya sudah tercipta bersama diciptakan  Nya Alam Semesta (bukan dimulai sejak lahirnya Sub Alam Fisika). Informasi merupakan kebutuhan untuk“berhubungan lintas ruang dan lintas waktu.” (bedakan dengan komunikasi yang menghubungkan lintas ruang).  Jadi informatika  dibutuhkan selama-lamanya, bukan saat ini saja, jadi menamakan saat ini (saja) sebagai Era Informatika sebenarnya “mengecilkan arti usia  informatika itu sendiri” , yang sebenarnya telah dimulai sejak penciptaan Universe oleh Tuhan YME dan  dapat hidup sepanjang waktu (immortal)..Tetapi itulah manusia, sering berlebihan dalam memberikan nama sesuatu. Tanpa informatika yang dapat menghubungkan lintas ruang danwaktu, maka manusia tak mungkin hidup berkesinambungan dan setiap kali harus memulai dengan nol (blank).

Yang memerlukan dan dapat memanfaatkan informatika bukanlah hanya manusia, setiap ciptaan Tuhan YME di Alam Semesta ini membutuhkan dan dapat memanfaatkannya sekaligus masing-masing merupakan pembawa informasi masa lalu yang sangat dibutuhkan generasi berikutnya untuk  melakukan evolusi maumun revolusi demi menyesuaikan diri dengan keadaan sesuatu lingkungan dan sesuatu saat. Inilah sebabnya  manusia dapat membuktikan universe itu selalu berubah setiap saat, atau  dalam istilah science tunduk pada dimensi waktu. Tanpa informasi masa lalu, tak mungkin manusia mengetahui perubahan/evolusi/revolusi Universe.

Media untuk menyimpan dan menyampaikan informasi sangatlah luas dan beraneka ragam, bukan hanya sarana fisik atau materi. Ambil contoh: seorang yang mati, jasatnya akan membusuk, namun dia meninggalkan informasi kepada orang disekelilingkan tentang perbuatan selama hidupnya. Jika dia seorang yang menggunakan kesempatan selama hidupnya untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi generasi berikutnya, bukan hanya sekedar materi dan bukan hanya untuk anak cucunya, maka dia telah mengabadikan sebuah informasi untuk dimanfaatkan oleh generasi berikutnya, misalnya peradaban,ilmu pengetahuan dll.

Bagi yang yakin akan “kehidupan” hari kemudian, informasi ikut terbawa oleh nyawa/roh untuk mempertanggung jawabkan setiap perbuatan selama hidupnya. Jadi jelas: informasi tidak hanya dapat disimpan atau dipindahkan dengan sarana fisik.

Dalam keyakinan Hindu dan Buddha informasi dapat terbawa bersama  live trans body atau  Spirit untuk suatu saat “kembali” bersatu dengan bio body menjadi reincarnated body.

Secara minimalis setiap  Artificial Genetic Body (teb) hanya mungkin dimasuki oleh spirit yang telah termuati dengan informasi masa lalu, tak mungkin dimasuki nyawa/roh  yang merupakan sesuatu yang fitri( white blank zeroh). Mengapa? Karena geb telah tercemari oleh rekayasa manusia,  sell diperlakukan sebaga molecul, #0#0#0  dan 0qq diubah menjadi (QT)a yang menyatu.Sesuai dengan Teori Minimalis Plus tak mungkin  0qq  dapat dimasuki Zeroh, identik dengan fenomenon itu, maka  (QT)a yang diperlakukan oleh manusia sebagi tiruan 0qq hanya dapat ditempati oleh Spirit.

Spirit bukanlah harus jahat, dapat juga baik tergantung informasi yang dibawanya.

Natural bio body mendapatkan zeros yang belum terkontaminasi oleh informasi dari kehidupan sebelumnya atau spirit yang “dipanggil” lewat harapan/keinginan seorang ibu yang sedang mengandung. Ini dapat terjadi karena seorang ibu yang sedang mengandung  merupakan tuner/filter untuk memilih/mengharap anak yang dikandungnya sesuai dengan keinginannya.Jadi keyakinan/religi/filosofi/lingkungan seorang ibu yang sedang mengandung sangat menentukan zeros atau spirit yang akan masuk kedalam bayi yang akan dilahirkan sebagaimana halnya makanan menentukan kondisi fisik(quanta) bayi, kejiwaan menentukan komponen non fisik (tfact) bayi yang akan dilahirkan.  Natural Bio body adalah live bio body yang diharapkan oleh seorang ibudan bukan didapat dari sembarangan spirit yang mencari tempat sesuai dengan keinginan spirit itu, sehingga  natural bio body”mudah” diarahkan oleh orang tuanya.

Reincarneted body sulit untuk diarahkan karena telah membawa  informasi dari kehidupan sebelumnya, dan masuk kedalam zigote atas keinginan Spirit itu sendiri hingga belum tentu sesuai dengan keinginan orang tuanya. 

Geb tercipta lewat proses rekayasa genetika, sejak lahir telah membawa sifat tertentu sesuai dengan keinginan yang melakukan rekayasa itu  namun  jika rekayasa itu gagalmaka makluk  baru itu  menjadi tak terkendali, dapat baik (memberikan manfaat bagi lingkungannya) atau jahat (merusak lingkungannya )tergantung spirit yang  masuk dan menghuni hasil rekayasa yang gagal itu.

Secara singkat: a. Menganggap  saat ini saja sebagai era informasi terlalu berlebihan. b. Bukan hanya manusia yang butuh dan sanggup memanfaatkan informasi. 3. Informasi dapat tersimpan dan dipindahkan dengan berbagai media, bukan hanya medium fisik.

111. Pertanyaan: Atas dasar apa anda membuat devinisi atau penjelasan-penjelasan dalam Rasa Bahasa dan Kedaikata yang menyimpang dari makna yang selama ini dianggap baku dan telah mapan? Misalnya difinisi Metafisika, Supernatural, Zeros, Bright energy dll?

Jawaban: Itu sangat penting untuk menjelaskan gagasan saya ” Teori Minimalis” agar tak menimbulkan kesalah fahaman. Metafisika menurut difinisi klasik adalah sumber segala ilmu pengetahuan, termasuk filosofi, keyakinan,budayaan dll. Dalam Teori Minimalisi istilah itu dipersempit hanya sebagai ilmu yang rational, yang tidak rational tak termasuk dalam metafisika minimalis. Penyempitan ini karena disesuaikan oleh kebutuhan dan perkembangan zaman. Dahulu kimia termasuk dalam ilmu fisika, belakangan “dikeluarkan” dari ilmu fisika karena sudah pantas untuk dijadikan ilmu tersendiri. Saat ini bidang ilmu Fisika semakin luas sehingga fisika yang lama disebut fisika konvensional, timbul istilah Fisika Modern. Supernatural konvensional saat ini dianggap sebagai  ilmu klenik alias tak rasionil, maka saya memperkenalkan Supernatural Modern yang mencakup segala sesuatu yang bukan natural (kebendaan) dan artifisial. Supernatural artinya melebihi natural. Sesuatu fenomena yang hanya dapat terakses oleh keyakinan dan fikiran dan tak terakses oleh pancaindra saya sebut Supernatural, yang terakses oleh pancainra atau alat fisik disebut natural.

Saya membuat Blog khusus mengenai Rasa Bahasa dan Kedai Kata bukan untuk “menyesatkan”/membingungkan pembaca melainkan justru untuk mengklarisikasikan iastilah-istilah baru atau istilah  lama yang dipersempit/diperluas maknanya agar tak terjadi kesalah fahaman bagi pembaca yang ingin mempelajari Teori Minimalis.

112. Pertanyaan: Menurut anda abad ini paling tepat dinamakan Era apa? Alasannya?

Jawaban: Menurut saya (orang lain boleh saja menyebutnya sesuai dengan pendapatnya): Dapat dinominasikan beberapa sebutan: Era Tehnologi Informatika,  Era Informatika Tehnologi, Era Tehnologi dan Informatika. Ini tergantung dari sudut pandang masing-masing.  Saat ini terjadi revolusi (bukan sekedar evolusi) dibidang Tehnologi yang berbasis materi danInformatika yang berbasis non materi. Teori Minimalis mensejajarkan antara Tehnologi dan Informatika. sehingga  tak berlebihan jika saat ini disebut: Era Revolusi Tehnologi dan Informatika. Ada satu bidang lain yang saat ini juga mengalami revolusi, yaitu bidang Rekayasa Genetika, namun masih terlalu dini dibanding dengan kedua revolusi yang lain itu.

113. Pertanyaan: Anda mantan guru Fisika dan Mathematika, jadi pasti tahu Formula Enstein E=mc2, dimana c adakah kecepatan cahaya dalam ruang vacum yang harganya telah duketahui dengan pasti. Secara mathematis energi hanya mungkin ada jika m#0, mengapa anda berani mengatakan informasi memiliki energi padahal anda juga mengakatan   informasi tak punya massa, jadi teori  Minimalis anda tidak ilmiah dan kontroversial  alias ngawur!.

Jawaban: Pelajari dulu teori Minimalis secara “jernih”, teori ini bukan teori ilmiah (science)  yang hanya berkutat pada materi, teori ini termasuk dalam bidang informatika yang jauh lebih luas cakupannya, diantaranya menginformasikan adanya Sub Alam Transien yang  belum mengenal massa atau tak mengenal dimensi massa. 

Dunia maya, sangat erat hubungannya dengan alatalat yang menggunakan energi gelombang elektromagnit : sarana komunikasi, Radio, TV, komputer/ internet, robot.dll  Saya ganti  bertanya kepada anda: apa artinya Dunia Maya? 

Dalam Ensiklopedia Britanica atau Gambridge Learner Edvanced Dictionary: maya berarti tidak nyata. Sesuatu yang tak nyata: misalmya angan-angan,imaginasi, ilusi, “mimpi”, mabuk karena mengkomsumsi narkoba, cita-cita, firasat dll termasuk maya karena tak memiliki dimensi ruang nyata dan massa. Isi buku (bukan bukunya), prasasti (pesan yang termuat didalamnya), budaya,religi,ilmu pengetahuan termasuk dalam informatika yang merupakan penghubung antar ruang nyata dan waktu. Secara science informatika hanya dapat disimpan  dan dipindahkan melalui media materi, sebab science  memang hanya  berkutat pada masalah materi. 

Teori Minimalis mempelajari bukan sekedar materi hingga membagi Alam Semesta menjadi 5 Sub Alam Semesta dan menyatakan bahwa masing-masing memiliki norma yang berbeda,sebaliknya dimanapun letaknya, fenomena yang berlangsung dalam Sub Alam yang sama (misalnya Sub Alam Fisika) berlaku norma yang sama/identik. Fenomena Sub Alam Fisika  di Galaksi Bimasaksi sama/identik dengan yang berlaku digugusan Andromeda.  Dilain fihak, fenomena di Bumi jika berbeda Sub Alam nya, hingga berbeda dimensinya berlaku norma yang berbeda. Misalkan: Fenomena Sub Alam Fisika yang mengenal dimensi waktu,ruang nyata dan massa, normanya berbeda dengan fenomena Sun Alam Transien yang hanya mengenal dimensi waktu dan ruang semu.

Kembali pada Formula E=mc2 yang merupakan norma fisika. Sebagai bekas guru Fisika saya sangat mengakui kebenarannya, sebab sudah terbukti manfaatnya.  Jika m=0 berarti E = 0.Sebagai mantan guru Mathematika saya juga mengenal nilai tak berhinggaNol x tak berhingga dapat menghasilkan berapa saja bukan sebuah konstanta sebagai halnya c.  Dalam Sub Alam Fisika c memiliki harga tertentu/sebuah konswtanta karena dalam Sub Alam Fisika dikenal adanya massa, tetapi di Sub Alam non Fisik nilai c dapat berharga berapa saja dari  minus tak berhingga hingga plus tak berhingga karena tak dikenal dimensi massa.

Jika manusia tak ingin tertinggal dari makluk cerdas lain  yang ada (dan pasti ada) di Alam Semesta ini, misalnya Alien dengan kendaraan misteriusnya yang bernama Ufo, maka manusia tak boleh terkungkung dalam Sub Alam Fisika saja, paling tidak sanggup memanfaatkan trans energi  dan trans wave, syukur jika dapat membuat trans body sebagai Cispin ciptaan Max Freud (dalam fiksi Blackhole) untuk menjelajahi Universe sebagaimana Ufo yang digunakan oleh Alien.

Dengan Mathematika Minimalis saya menginformasikan bahwa kemampuan manusia mengakses Sub Alam Fisika (dengan pancaidra), Sub Alam metafisikia (dengan fikiran) dan Sub Alam Gaib (dengan keyakinan) sangat terbatas, sedangkan kemampuan manusia untuk mengakses Sub Alam Transien hampir tiada batasnya.

Saat ini manusia terbuai oleh kenikmatan materi sebagai hasil revolusi tehnologi dalam Sub Alam Fisika namun  manusia mulai menyadari bahwa bidang imformatika dapat melengkapi kenikmatan itu.

Informasi  yang ditunjang oleh  tehnologi electronika dengan Dunia Maya-nya dapat mewujutkan sesuatu “impian” yang tak mungkin diujudkan hanya oleh tehnologi, kecuali lewat ganja,narkoba dan berbagai obat-obatan yang memiliki masa. Didepan tv, komputer atau alat-alat “penyebar”  informasi lewat gelombang electromagnit anda tak perlu mengkomsumsi obat-obatan terlarang namun  dapat menyaksikan sesuatu bagaikan bermimpi atau berhalisunasi. Inilah hebatnya informatika yang ditunjang oleh energi electro magnetik (symetrical trans wave) yang dapat melintasi daerah yang kosong materi.  

Didaerah yang hampa materi (vacum) apakah E=mc2 tetap berlaku? Jika tetap berlaku maka dengan gampangnya science mengatakan  pembawanya adalah foton yang memiliki massa..Dapatkah gerakan foton dimodulasi oleh sinyal informasi?  Jika yang dimodulasi transwave yang tak memiliki masa, maka menurut anda E juga nol, Nyatanya gelombang electro magnetik tetap dapat melakukan aktifitas (melintasi ruang hampa materi) padahal setiap aktivitas membutuhkan energi.

Apakah Formula E=mc2 salah atau kebih kejam lagi anda katakan ngawur? Jelas tidak, karena Formula itu  telah teruji kebenarannya dan sangat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan yang berbasis materi (bermasa). Jika yang anda katakan ngawur teori Minimalis, buktikan dulu bahwa informasi itu memiliki massa atau informasi itu tak memiliki energi.

114. Pertanyaan: Menurut anda tehnologi berbasis quantu/materi, sedangkan informasi berebasis non materi. Jelaskan pernyataan anda dan beri contoh apa itu non materi.

Jawababan: Baca Teori Minimalis agar anda dapat membedakan antara materi (E=0) dan non materi (E#0), bahkan anda akan tahu bedanya ciptaan Tuhan YME yang dapat diakses oleh kemampuan manusia ( keyakinan, fikiran dan pancaindra telanjang atau dengan pertolongan peralatan fisik) dan yang tak dapat terakes oleh kemampuan manusia yangsangat terbatas.Mathematika Minimalis justru menginformasikan bahwa Sub Alam Transienlah yang dapat terakses sangat luas dibandingkan dengan Sub Alam lainnya.

Informatika berbabis trans energi, bukan clear energi. Trans energi dapat berubah menjadi pra clear energi (juga belum bermassa), jika kondisi memungkinkan barulah menjadi unsur premordial/primordial yang merupakan cikal bakal terjandinya clear energi ,diantaranya membentuk quantum, foton,electron,……………atau tetap berujut clear energi: energi grafitasi, energi potensial, energi kinetik, energi panas  dan  berbagai energi fisika) yang memiliki massa. Segala yang bermasa disebut materi, sedangkan yang belum/tidak memiliki masa dinamakan non materi. Contoh sesuatu yang bukan materi: cita-cita, mimpi, angan-angan,obsessi, kenang-kenangan, perasaan, fikiran (bukan otak), hati nurani (bukan organ tubuh), ini baru yang valid, yang invalid jauh lebih banyak lagi.

115: Pertanyaan: Unggul mana Tehnologi dan Informatika?

Jawaban: Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, maka agar dapat dinikmati (oleh manusia) keduanya harus dimanfaatkan karena dapat saling menunjang. Tehnologi hanya dapat berkembang dengan bantuan informasi. Tanpa informasi hidup manusia tak dapat berkesinambungan. Hidup manusia secara individual sangat pendek hingga tak mungkin secerdas saat ini jika tak memperoleh warisan yang berfanfaat dari generasi sebelumnya. Sebalinya secara ilmu pengetahuan (science) yang materialistik: untuk menyimpan, memindahkan dan menampilkan/menyampaikan sebuah informasi dibutuhkan sarana fisik (hasil tehnologi), misalnya prasasti, fosil, daun lontara, alat tulis dan cetak, alat perekam dan penyimpan data, alat elektronika . Informatika merupakan penghubung antar ruang dan waktu (meminjam intilah Prof. Damarjati S.: menembus batas ruang dan waktu).

Jadi  teori Hawking yang telah diralat adalah benar (dilihat dari sisi science) bahwa segala sesuatu yang tersedot oleh Blackhole akan  dikembalikan ke Universe dalam bentuk yang tak terlacak, karena jika sarana fisik rusak informasinya akan berantakan.

Menurut Teori Minimalis Ciptaan Tuhan YME bukan sekedar materi melainkan banyak yang jauh lebih hebat.

Jika manusia tak terbelenggu oleh materialisme informasi dapat disimpan,dipindahkan dan diakses kembali dengan kemampuan Super Narural manusia, namun untuk itu tak dapat dilakukan oleh setiap manusia (saat ini), lebih mudah dengan system tehologi.

Dahulu dan juga nanti akan terbukti bahwa Manusia tidak sekedar memiliki   Physical Natural Capability: Panca indra dan peralatan fisik hasil tehnologi, melainkan juga memiliki kemampuan Supernatural  yaitu kemampuan berfikir dan meyakini sesuatu yang tak terakses oleh pancaindra dan alat fisik buatan manusia.

115. Pertanyaan: Anda ini mantan guru Fisika dan Mathematika, dan seorang yang rasionil mengapa anda sangat yakin akan kehebatan Alam Transien yang anda katakan dapat terakses oleh kemampuan Supernatural yang irrational. Bukankah ini penyelewengan terhadap disiplin yang anda pelajari? Apakah karena “sakit hati” dengan kegagalan pendidikan anda lalu ingin mengkompensasinya dengan ilmu klenik yang jelas bertentangan dengan kaidah ilmu pengetahuan maupun agama?

Jawaban: Trima kasih atas “pujian” anda. Mudah-mudahan anda seorang ilmuwan yang benar-benar rasionil hingga sanggup berfikir dan  “meyakini” setiap akibat dari sebab suatu perbuatan hingga tidak sekedar cari menang dan benar sendiri.

Saya menjadi seorang “ahli ilmu klenik” bukan karena kegagalan pendidikan saya (baca Sedikit Tentang Pengalaman Hidupku. ” Dulu: ibaratnya Jesus telah mengentaskan saya  dari lumpur lewat  J.B. Basuki, pernah kemenakan saya, sehingga dari sangat bodoh dan tak berarti menjadi “cukup” pandai dan berarti. Tetapi saya menggunakan fikiran saya secara berlebihan dan hanya menyakini sesuatu yang dapat dipikirkan atau dibuktikan.Basuki mengatakan bahwa keyakinan tak dapat difikirkan, harus diterima saja apa adanya. Dari ucapan itu saya simpulkan dalam hidup ini  paling tidak ada keyakinan dan fikiran yang harus digunakan secara terpisah, tak boleh dicampur adukkan. Disamping itu yang saya hadapi  dalam kejidupan ini adalah kenyataan/realitas yang dapat terakses oleh pancaindra.. Saya membuat trilogi sendiri, bukan  Trilogi Kristiani : Yang Rama, Yang Putra dan Roch Kudus melainkan: Keyakinan yang dogmatis,  Fikiran yang logis, dan Realita yang terakses oleh Pancaindra. Keyakinan ini tak pernah tergoyahkan dan dikukuhkan oleh  azas Theosofiyang  juga memiliki trilogi : Sangkan paraning dumadi, reinkarnasi dan hukum karma.

Trilogi ini saya tuangkan dalam Teori Minimalis yang menjadi dasar Fiksi saya Blackhole. Pada Teori itu saya perkenalkan: Sub Alam Gaib, Sub Alam Metafisika dan Sub Alam Fisika.Ternyata Teori  Minimalis versi kesatu ini mendapat reaksi keras dari pembaca yang menganggap saya sesat karena mengkutik-kutik Alam Gaib yang dianggap menjadi Rahasia Illahi.Saya akan menghentikan dan mencabut tulisan di Situs saya (www.ibnusomowiyono.multiply.com), tetapi ada seorang yang mendorong saya untuk terus menulis, yaitu ananda Sudarjanto.

Ketika saya sedang kalut karena kebimbangan antara memenuhi anjuran ananda Sudarjanto dan reaksi pembaca, tanpa kesadaran dan dalam keadaan mengantuk saya menekan keybord membuat sesuatu tulisan di monitor komputer E=-x + y. 

Membaca tulisan (E=-x + y ) itu justru saya tertantang untuk menggunakan akal dan logika  berdasar ilmu yang saya pelajari untuk memecahkan teka-teki yang entah dari mana asalnya. Saya  menamakan tulisan itu dengan sebutan: Formula Supernatural Modern, sebagai yang saya gunakan dalam fiksi Blackhole.

Dalam fiksi saya sebenarnya telah saya singgung adanya Sub Alam Transien, dan kemampuan supernatural, namun tidak saya nyatakan secara difinitip. Saya menulis ulangBlackhole Jilid Pertama dengan merubah trilogi saya menjadi Pancalogi dengan menambahkan/ mendifinisikan Sub Alam Transien dan Sub Alam Biologi.

Teori Minimalis versi 2 dengan Pancalogi saya, memberi kesempatan kepada saya menjelaskan hal-hal yang irrationil tanpa mengkutik-kutik Sub Alam Gaib yang sangat  disakralkan/ditabukan.

Ketika Hawking mengoreksi teori Blackhole nya, teori Minimalis seakan mendapat angin segar. Ada yang “mengira” Hawking mengoreksi  teorinya karena “membaca” teori Minimalis. Hal ini saya sangkal dan dengan tegas saya nyatakan tak ada kaitan Koreksi Teori Blackhole Hawking dengan Teori Minimalis gagasan saya.

Dalam tulisan saya no 108 saya mempersilakan para ilmuwan dibidang fisika, termasuk Hawking untuk membuktikan bahwa informasi memiliki massa dengan harapan saya akan kembali kedisiplin ilmu saya, fisika,.yang menganggap Universe hanyalah terdiri dari materi yang bermasa.Dalam tulisan no: 115 saya mengakui sepenuhnya kebenaran Teori Blackhole baru Hawking, namun hanya berlaku dalam fisika/tehnologi dan tak berlaku dalam Informatika dan Sub Alam Transien.

Kembali pada pernyataan J.B.  Basuki yang menyatakan keyakinan tak dapat difikirkan dan menganggap keyakinan dan fikiran tak dapat saling dipertemukan. Pernyataan itu sejak dulu saya  sangkal dan kini dapat saya menjelaskan dengan Formula Supernatura Modern, bahwa  Dalam Sub Alam Gaib (keyakinan) memang benar unsur rationil adalah nol,sebaliknya dalam Sub Alam Metafisika (fikiran) unsur irrationilnya nol. Jadi tak mungkin fikiran dan keyakinan dicampur adukan. Lain halnya di Sub Alam Transien, kedua-duanya memiliki nilai bukan nol, jadi di Sub Alam Transien baik keyakinan dan fikiran bagaikan dua fenomena yang saling mengimbangi dan “erat” kaitannya. Kadang unsur logika dominan, tapi dapat juga unsur keyakinan dominan.Realita adalah titik keseimbangan antara keyakinan dan fikiran.

Dalam Sub Alam Fisika (alam nyata) kedua unsur itu sama kuatnya alias seimbang hingga seakan menyatu dan  sulit untuk dipisahkan. Dalam Sub Alam Transien keseimbangan itu belum tercapai. Dalam Sub Alam Gaib sesuai dengan pernyataan J.B. Basuki segalanya hanya dapat diterima dengan keyakinan  yang irrationil dan harus diterima secara dogmatis, sebaliknya dalam Sub Alam Metafisika Minimalis fenomena yang irrasionil tak mungkin diterima oleh akal.

Dengan Mathematika Minimalis bahkan saya temukan fenomena yang tak terakses oleh keyakian,fikiran maupun pancaindra dan saya sebut sebagai Supreme Phenomenon yang tak memenuhi Formula Supernatural Modern. Formula Supernatural Modern dapat membedakan fenomena yang dapat diakses oleh kemampuan manusia dan fenomena yang tak mungkin terakses oleh kemampuan manusia karena merupakan rahasia Tuhan YME.

Seharusnya sebagai seorang ilmuwan dan/atau agamawan anda pelajari dulu Teori Minimalis tanpa syakwasangka, anda tak perlu “meruntuhkan” sesuatu teori, pendapat atau keyakinan orang lain. Jika tak sependapat, jangan mencari benar sendiri atau menang sendiri. Yang perlu sekali lagi saya tegaskan Teori Minimalis bukanlah science yang hanya berkutat pada masalah materi untuk memperoleh kenikmastan hidup sementara, juga bukan  agama atau keyakinan  religius yang  membimbing  umatnya menuju kealam abadi. T.M. sekedar memberikan informasi, dapat benar dapat juga salah sehingga harus dimanfaatkan secara selektif, yang dibutuhkan  diambil manfaatnya yang tak bermanfaat apalagi merugikan tak usah dipedulikan. Dalam dunia maya, komputer, internet, blog banyak sekali informasi yang sulit diketahui asal usulnya dan sulit dicari kebenarannya, maka harus kita siasati dengan berfikir dan berkeyakinan yang bijaksana secara minimum, yaitu tak merugikan diri sendiri dan lingkungan. Berhati-hatilah dengan “virus” yang dapat berasal dari luar (dunia maya) atau dari diri kita sendiri (bad thinking dan bad believing).

Semoga penjelasan saya itu semakin memperkuat tuduhan anda bahwa saya seorang ahli ilmu klenik dan menomasikan teori Minimalis sebagai  bagian dari ilmu klenik. 

116. Pertanyaan: Jelaskan apa itu: Super natural (modern), Natural, rationil dan irrationil, nyata dan semu, materi dan non materi, massa, quanta, xfact,yfact,tfact, zeros,baka/abadi. immortal, sandi minimalis, koordinat minimalis, variable mathematika, bright body, bright energi, bright wave, dark body, dark energy, dark wave, trans energy, trans body, trans wave, spirit, bio body, bio energy, bio wave, gradasi, degradasi, charging, discharging, unsur primordial, clear body,clear energy, clear wave, magix body, relative energy, absolute energy, internal energy, artificial energy dan seabreg istilah yang asing bagi saya. Trima kasih.

Jawaban: Harap baca Rasa Bahasa dan Kedai Kata! Jika masih ada istilah yang belum masuk dalam Blog itu lain kali akan saya tambahkan, harap bersabar. Trima kasih anda telah membaca tulisan saya. Jika ada pertanyaan ruangan ini kami sediakan untuk menjawabnya. Saya sengaja tidak menyebutkan sumber pertanyaan untuk menghindari privasi yang bertanya, disamping untuk mengedit pertanyaan yang tidak perlu dijawab atau sudah ditanyakan orang lain.

117. Pertanyaan : Anda mantan guru Fisika dan mathematika, saya ingin mengerti perbedaan Fisika Konvensional dan Fisika Modern, Mathematika Murni dan Mathematika Terapan.

Jawaban : Setahu saya (maaf jika kurang tepat, mungkin ada pembaca lain yang dapat membetulkan atau melengkapinya.).:

A.Fisika Konvensional mempelajari benda padat, cair, gas dan hukum-hukum yang berkaitan dengan sifat-sifat benda dan gaya yang dikenakan pada benda dan yang ditimbulkan sebagai rekasinya. Hukum yang paling penting adalah Hukum Archimedes, Dalton, Boyle, Gay Lusac, Newton dan hukum pada kelistrikan dan cahaya. Fokusnya: Fisika konvensional mengenaldimensi waktu, ruang dan massa. Massa diangga tetap. Baca Wikipedia!

B. Fisia Modern tidak sekedar mempelajari benda (padat,cair,gas), melainkan pembentuk benda hingga mempelajari quantum, energy, struktur atom dan proton, bahkan  partikel yang sangat halus dan memilik massa sangat kecil yang menjurus kearah unsur primordial dalam teori Minimalis. Fokusnya: Massa dianggap tidak lagi tetap dengan diterimanya teori relativitas Eintein. Dalam theori ini dianggap kecepatan cahaya diruang hampa adalah tetap dan merupakan kecepatan tertinggi dan diberi simbol c. Baca Wikepedia!

C. Mathematika Murni: mempelajari konsep-kunsep/ teori perhitungan, basic hingga advance, yang  menjelaskan/membuktikan keneraan suatu teori,rumus atau formula untuk melakukan perhitungan.

D.Mathematika Terapan: dimanfaatkan untuk berbagai disiplin ilmu pengetahuan, diantaranya Fisika Tehnik, Kimia, Listrik, Sipil, Astronomi, Ekonomi, dan lain-lain disiplin ilmu yang memerlukan perhitungan untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa mempersoalkan asal mula sebuah rumus atau formula dan pembuktian kebenarannya.

117. Pertanyaan: Jelaskan kepada saya mengapa menurut anda tak mungkin soul masuk/bergabung dengan clear body dan hanya mungkin bergabung dengan Trans Body.?

Jawaban: Sesuatu hanya dapat bergabung jika ada penghubungnya (link), tanpa penghubung tak mungkin  tersambung apa lagi bergabung atau menjadi satu kesatuan. Saya hanya dapat menjelaskan pertanyaan anda lewat teori minimalis dengan sarana mathematika minimalis. Saya akan menjelaskan, namun bukan dengan maksud mempengaruhi keyakinan anda, ini hanya sekedar informasi, benar atau salah terserah pernilaian anda.

Untuk dapat mengakses Sub Alam Transien (tempat bergabungnya soul dan tfact) harus diyakini dulu adanya Sub Alam Transien lewat fikiran/logika yang bijaksana, tidak merugikan diri sendiri dan lingkungan (bukan sekedar fikiran yang egoistis yang hanya menguntungkan diri sendiri tanpa peduli terhadap lingkungan, atau tetap yakin tak peduli akibatnya merugikan diri sendiri atau lingkungan).

Koordinat Minimalis terdiri dari E,x.y. Koordinat Minimalis plus adalah z,x,y.  Dalam kedua koordinat sumbu x dan y adalah sama hingga saling berhimpitan, demikian juga pusat koordinatnya adalah 0.0.0.

Kedua  syatem koordinat itu yang satu valid yang kainnya invalid.Pada saat E = 0 pasti z = 0. Perhatikan : E=0 adalah materi atau benda, saat itu juga z=0 yang berarti tak ada soul.Pada kondisi ini link antara benda dan soul adalah 0. Anda tahu artinya? Artinya satu-satunya penghubungnya adala 000 (Nobody) atau kekuasaan Tuhan YME. Setuju? Kalau anda setuju saya dapat melanjutkan, kalau tidak setuju berarti anda tergolong orang yang tak mungkin menerima teori minimalis karena anda tidak memiliki dasar ilmu kenik. (Baca no 115, teori Minimalis dianggap sebagai ilmu kelnik)

Jika anda dapat menerima penjelasan itu, maka dengan mudah anda akan dapat mengetahui link antara #0#0#0 valid (sandi trans body) dan #0#0#0 invalid (sandi soul). Nilai E=z=#0membuktikan bahwa ada link antara  trans body dan soul.. Ambil contoh E= 4 dan z = 4 maka factor 4 merupakan link dari trans body dan soul. E= 4 yang memenuhi 4=-x + y yang banyak sekali variasinya misalnya: 4 = -1 + 5 = -2 + 6 = -3 + 7 …………………dan lain lainnya. Nilai z = 4 # – x + y misalnya 4 # -1 + 2 # – 1 + 3 # -1 # 4 dan seterusnya. Nilai link 4 hanya satu disantara nilai link lainnya, misalnya 5,6,100, dst. Ini menginformasikan probabilitas terhubungnya trans body dan soul tak berhingga banyaknya.

Soul merupakan fenomena invalid sedangkan trans body  dan biobody adalah fenomena  valid, maka penggabungan antara trans body  maupun bio bodi dengan soul hanya mungkin dilakukan oleh Tuhan YME. Teori Minimalis sekedar menginformasikan berdasarkan mathematika minimalis untuk menjawab pertanyaan pembaca yang  haus akan informasi. Merupakan hak anda untuk menolak atau menerima informasi yang saya berikan.

Catatan: Jika anda telah mempelajari spirit yang terdiri dari #0#0#0valid dan #0#0#0invalid maka anda akan tahu bahwa spirit sanggup memasuki bio body maupun clear body sebab sebelumnya  soul telah bergabung dulu dengan trans body. Ini membuktikan bahwa trans body memegang peranan penting dalam pembentukan live bio body (makluk hidup berwadag) dan spirit (makluk hidup yang tak berwadag).

118. Pertanyaan: Apakah bedanya tehnik dan Tehnologi?

Jawaban: Kedua kata itu sering kali dikacaukan artinya dalam bahasa Indonesia dan dianggap sekekar berbeda dalam penyesuaian/penyerapan ejaannya. Dalam bahasa Inggrispun saya mengalami kesulitan. Cambridge ALD , Wikipedia  maupun  Ensiklopedia Britanica dan berbagai Kamus Bahasa Inggris Umum, perbedaan nya juga tak jelas.

Saya memberanikan diri ,jika kurang  tepat atau dianggap mengada-ada, atau dianggap semakin membingungkan harap dikoreksi. Paling tidak pembedaan ini sangat perlu dalam mempelajari teori Minimalis.

a. Penemuan mesin uap dapat dianggap sebagai permulaan Revolusi Tehnik dan Industri,  berkembangnya alat-alat electronika (bukan sekedar alat electrik), terutama komputer dan penjelajahan ruang angkasa merupakan Era Revolusi Technologi dan Informasi. (menurut Teori Minimalis).

b. Istitut Tehnologi dan Sekolah  Tehologi  mengisaratkan arti tehnologi lebih uptodate, dan  meliputi bidang yang lebih luas dari  Institut Tehnik dan Sekolah Tehnik.

c. Tehnik Pertanian seakan hanya  terkait dengan penggunaan mesin/mekanik untuk bertani atau sekedar mekanisasi pertanian, sedangkan tehnologi Pertanian jauh lebih luas bidangnya, meliputi pemupukan hingga pengolahan hasil pertanian. Tehnik seakan terbatas dengan penggunaan mesin/mekanik, sedangkan tehnologi meliputi bidang yang lebih luas: penggunaan  bahan-bahan kimia anorganik dan organik, pengolahan bahan penunjang dan hasilnya dan berbagai bidang yang terkait dengan modernisasi pertanian.

d. Peralatan Tehnik lebih terkesan  hanya  berhubungan mesin/mekanik. Peralatan Tehnologi tidak hanya mesin/ mekanik, melainkan jauh lebih luas, peralatan untuk menganalisa materi dan pembuatan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk suatu kebutuhan dari bahan-bahan yang belum sesuai dengan kebutuhan.

e.  Fakultas Tehnik di UGM tak diubah menjadi Fakultas Tehnnologi UGM padahal meliputi disiplin ilmu yang sangat luas. Adalah sangat aneh jika Jurusan Tehnik Sipil dijadikan Jurusan Tehnologi Sipil, jurusan Tehnik Geologi jadi jurusan Tehnologi Geologi dll. Saya kira UGM dapat memberikan alasan mengapa masih tetap menggunakan Fakultas Tehik bukan Fakultas Tehnologi.

Kesimpulan: memang tak mudah menggunakan sebuah istilah atau kata secara pasti/tepat dan benar, itulah sebabnya saya membuka blog Rasa Bahasa dan Kedai Kata untuk mendifinisikan istilah/ kata yang akan digunakan dalam Teori Minimalis agar tak terjadi kesalah fahaman.

Secara minimalis arti tehnik berkaitan erah dengan Fisika Konvensional yang sekedar merangkaikan clearbody menjadi Artificial Technical Body, sedangkan Technologi kaitannya dengan Fisika Modern yang merekayasa truktur/pembentuk atau melakukan transformasi clear body , merombak quanta materi menjadi lebih komplek. .

Membuat/ merangkai bagian-bagian mobil mobil termasuk bidang tehnik, memuat material/metal bahan pembuat mobil termasuk bidang tehnologi. Untuk membuat mobil dibutuhkantehnologi untuk membuat bahannya dan tehnik untuk membuat Artificial Energy System (AES), Artificial Body System (ABS) dan Artificial Control System(ACS).

Mobil andalah Artificial Technology Body, karena dibuat dari bahan hasil tehnologi dan bukan sekedar  Artificial Technical Body sebagai halnya gerobag yang menggunakan bahan alami tanpa pengolahan materi pembuatnya.

119. Pertanyaan: Apa bedanya immortal dan abadi?

Jawaban: Immortal (body) adalah live body yang terdiri dari body + soul yang selamanya menjadi satu tak pernah terpisah, atau hidup terus menerus namun tetap dalam universe yang berdimensi waktu.  Sedangkan Abadi  berarti tak tergantung oleh dimensi watku, jadi tak mungkin ada diwilayah Universe yang berdimensi waktu, harus diluar wilayah universe atau beyon universe.

Menurut teori minimalis keabadian hanya dapat  dicapai oleh soul saja karena hanya soul yang dapat masuk keluar universe sesuai dengan kehendak Tuhan YME, tak mungkin bersama body yang merupakan konsentrasi energy, jadi jelas sekali immortal sangat berbeda dengan abadi.

Catatan: Manusia tak mungkin immortal namun sesuai dengan keyakinan/religi manusia mungkin mencapai keabadian yang di”lukiskan” sebagai ” kembali diharibaan” Tuhan YME atau “disisi Nya”. Ini diluar jangkauan teori minimalis yang hanya berkutat pada energy,body dan wave yang terisolasi dalam Universe yang berdimensi waktu. Tak ada yang abadi di Universe, tapi ada yang immortal (Holly Body dan Talent Body yang tak terakses oleh kemampuan keyakinan,fikiran maupun pancaindra manusia).

120. Pertanyaan: Jelaslam arti explorasi dan Exploitasi menurut teori Minimalis hingga mudah dimengerti.

Jawaban: Saya jelaskan dulu artinya menurut ilmu pengetahuan. Sebelum melakukan penggalian sumber alam (misalnya minyak/BBM, batubara/fosil padat, emas dan lain-lain dilakukanexplorasi yang berupa pengumupulan data/informasi dilapangan mengenai berbagai hal misalnya kesulitan untuk menggalinya, cadangan yang tersedia, kwalitas hasil tambang yang akan diperoleh dll. Semua itu memerlukan science.

Saat ini manusia melakukan explorasi terhadap space (antariksa) dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan, misalnya Astronomi, Fisika Modern, Mathematika Modern dll untuk pengumpulan data/informasi apa yang ada di antariksa, apa manfaatnya bagi kehidupan, kesulitan apa yang harus dihadapi untuk dipecahkan dan seterusnya. Jika tahapan explorasi dianggap telah selesai dan manusia telah meyakini kebenaran hasil explorasi (jadi yakin dengan dilandasi hasil explorasi dan diolah secara science dan tak sekedar yakin yang dogmatis tanpa menggunakan akal dan fikiran), maka mulailah dilakukan exploitasiJadi exploitasi adalah tindakan untuk mendapatkan manfaat dari hasil suatu explorasi.

Tehnologi (bukan sekedar tehnik) adalah alat manusia untuk mengexploitasi sesuatu yang terdapat dilapangan dalam Sub Alam Fisika. Dampaknya: jika manusia kehilangan/mengabaikansuper ego dan dikuasai oleh ego (hingga menjadi egois) maka semua sumber alam akan dikuras habis untuk kepentingan “pribadi”, golongan untuk kenikmatan sesaat, tanpa peduli atas kelestarian alam,  tak peduli terhadap lingkungan dan generasi berikutnya.

Secara Minimalis: Explorasi adalah tahap pengumpulan informasi, sedangkan exploitasi merupakan pelaksanaan dan pemanfatan hasil explorasi.  Yang dapat di explorasi dandiexploitasi bukan hanya Sub Alam Fisika, seluruh isi  Universe yang valid dapat diexplore]asi kemudian di exloitasi untuk dimanfaatkan oleh setiap ciptaan Nya, yang invalid merupakan hak mutlak Tuhan YME.

Ini penjelasan exlorasi dan exploitasi secara minimalis:

1. Keyakinan tanpa  dikotori fikiran adalah sarana untuk mengexplorasi Sub Alam Gaib yang  lalu diexloitasi dengan Filosofi, Filsafat,Agama, yang memanfaatkan energi gaib untuk menuntun manusia ke Alam Terang dan Alam keabadian.

2. Fikiran tanpa dibatasi keyakinan adalah sarana untuk mengexplorasi Sub Alam Metafisik dan mengexploitasi dengan energi fikir mencadi ilmu pengetahuan yang rasionil.

3.Sciece mengexplore Sub Alam Fisika dan mengexploitasi dengan tehnik dan tehnologi untuk  kepentingan manusia menikmati hidup sementara (duniawi) dan hidup berkesinambungan dengan sarana informatika.

3. Keyakinan yang didasari hasil pemikiran yang bijaksana (tidak merugikan diri sendiri/kepentingan sesaat dan tidak merugikan lingkungan/kepentingn jangka pancang/kelestarian dan keseimbangan universe dapat digunakan untuk mengexlorasi Sub Alam Transien, kemudian dengan kemampuan Supernatural manusia akan sanggup mengexloitasi Sub Alam Transien.

4.Teori Darwin adalah awal dari explorasi Sub Alam Biologi yang dilanjutkan exploitasi Sub Alam Biologi dengan Rekayasa Genetika.

4. Teori Minimalis  adalah  jendela untuk mengamati Universe secara menyeluruh dan bukan sekedar bagian-bagiannya, hingga dapat dianggap sebagai permulaan expolrasi Universesecara keseluruhan  bukan sekedar Sub Alam secara sendiri-sendiri yang dapat menimbulkan  perbedaan persepsi dan pertentangan kepentingan ,misalnya antara keyakinan dengan fikiran, antara ilmu penciptaan dan science/saint, antara ego dan super ego.

5. Filosofi Ketuhanan YME adalah exploitasi seluruh  Universe ciptaan Tuhan YME, yang diinformasikan oleh Teori Minimalis terdiri dari 5 Sub Alam Semesta,  menjadi satu kesatuan utuh berdasarkan realita beradaan dan keesaan Nya walau tak terakses oleh kemampuan manusia, berdasarkan keyakinan yang dilandasi pemikiran yang bijaksana ( tidak merugikan diri sendiri/kepentingan sesaat dan kepentingan bersama/ lingkungan/kelestarian dan keseimbangan Universe ) hingga semua ciptaan Nya diberi kesempatan untuk memanfaatkan yang tersedia di Universe. (bukan sekedar untuk kepentingan manusia).

121. Pertanyaan: Saya minta anda menghentikan dan mencabut tulisan-tulisan di situs ini, sebab teori Minimalis jelas berkomplot dengan teori Darwin yang sesat, bertentangan dengan norma ilmiah dan agama.

Jawaban: Trima kasih atas saran anda sebab itu berarti anda telah rela meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya, sayang sudah didasari syakwa sangka. Sudah berkali-kali saya tegaskan bahwa teori minimalis hanyalah sekedar informasi bukan science atau keyakinan/agama. Tujuannya sangat jelas : Mengagungkan Tuhan YME.

Sebelum saya mencabut tulisan saya, saya minta anda memberikan argumen, tulisan saya yang mana yang anda anggap bertentangan dengan tujuan utamanya: Mengagungkan Tuhan YME. Jika  hanya karena terdapat tulisan yang tak sesuai dengan keyakinan/religi atau science  lalu anda merasa berhak melarang saya menulis gagasan saya itu bukanlah hal yang bijaksana sebab itu berarti anda menolak azas sithik eding, yang menunjukkan bahwa anda serakah dan ingin menang sendiri. Agaknya anda memilih filosofi tiji tipeh atau kill or to be killed yang berlaku dirimba raya, bukan dalam peradaban manusia yang saling menghormati dan mensyukuri perbedaan sebagai anugrah Tuhan YME.

122.  Pertanyaan: Bagaimana membedakan white bank body, reincarnative body dan Spirit body?

Jawaban.

a. White bank body ibaratnya kertas kosong, putih bersih siap untuk dimuati informasi berupa lukisan atau tulisan apa saja. Jika dimuati yang baik akan menjadi baik, sebaliknya jika dimuati yang jelek akan menjadi jelek. Menurut agama Islam bayi dilahirkan dalam kondisi tak bernoda sehingga akan tubuh secara alami sesuai dengan lingkungannya, jika lingkungannya baik akan menjadi baik, jika lingkungannya jelek akan menjadi jelek. Bayi lahir tanpa membawa dosa.

White bank body tak memilih tempat, sepenuhnya ditentukan atas kehendak Allah swt,  Cirinya: mudah diatur sesuai dengan kondisi lingkungan dan tuntunan orang tuanya. Untuk dapatkembali bersih atau tetap bersih maka manusia harus takwamenuruti segala perintah Allah dan menjauhi Larangan Nya  sesuai dengan ayat-ayat dalam kitab suci Al Qor’an yang diwahyukan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad saw, agar memperoleh kehidupan abadi di Sorga.

b. Agama Kristen justru menyakini bahwa bayi dilahirkan dengan membawa dosa bawaan. Dosa ini telah ditebus oleh Jesus dengan rela disalibkan. Bagi yang percaya kepada Jesus sang juru selamat, maka akan dapat memasuki kehidupan abadi, Jesus akan membukakan pintu sorga bagi mereka yang mentaati ayat-ayat dalam buku suci Injil.Menurut F.J.Basuki:Believe Jesus without thinking is the way to the heaven.

c. Reincarnated body ibaratnyan kertas yang tidak kosong lagi telah memuat informasi berupa gambar atau tulisan yang jika diberikan tulisan baru yang tak sesuai dengan yang ada sebelumnya akan rancu/kacau. Menurut keyakinan Buddha sebagian bayi dilahirkan dengan membawa karma, dapat buruk atau baik. Jika karmanya baik dia akan “memilih” dilahirkan kembali ditempat yang baik, jika karmanya jelek akan memilih tempat yang  jelek. Dalam teori gelombang, sesuatu gelombang memiliki frekwensi resonansi yang memudahkan untuk terserap oleh tuner yang sesuai dengan frekwensinya.

Agar tak terlahirkan kembali, dapat memasuki kehidupan abadi, maka manusia harus melepaskan diri dari mata kail duniawi sesuai dengan  pencerahan yang diajarkan oleh Buddha.  Ciri dari reincarnated body ialah memiliki kepribadian bawaan karena telah memilih kehendak sendiri yang dibawa dari karma hidup sebelumnya. Dalam hidup ini manusia mendapat kesempatan untuk merubah karmanya dengan perbuatan, tak ada paksaan namun setiap perbuatan (sebab) akan membawa akibat pada kehidupan berikutnya.

c.Spirit: Makluk halus, atau live trans body merupakan kesatuan dari soul (zeros) + trans body dan  dinamakan live trans body. Spirit dapat terjadi dari Trans body + soul atau dari pemisahan  live bio body menjadi Bio body dan Spirit.  Ada beberapa keyakinan yang justru menginginkan mengalami reincarnasi  sehingga ketika  live bio bady mengalami kematian,soul tak mau terpisah dari trans body hingga soul tak mungkin kembali kealam abadi dan memilih tetap menjadi live trans body atau spirit. Keyakinan ini tercermin pada obsesi penulis ceritera klasik Cina seperti kisah Siluman Ular, Kera Sakti dan keyakinan nenek moyang manusia atas kehidupan leluhurnya setelah meninggal dunia.

 Agar anda lebih mengenal bagaimana kemampuan Spirit inilah ringkasannya:

1. Spirit adalah makluk hidup yang terjadi dari Trans body yang belum/tidak bermasa berasal dari: penggabungan antara Trans body + soul di Sub Alam Transien. Ini hampir sama dengan penggabungan Bio body + soul di Sub Alam Biologi. Selama di Sub Alam Transien Spirit jenis ini telah memperoleh informasdi/pengalaman dalam kehidupan di Sub Alam Transien. Jenis lain adalah terjadi dari Live bio body yang meninggal sehingga terjadi bio body dan Spirit.  Spirit jenis ini telah mengalami kehidupan di Sub Alam Biologi dan kehidupan lain sebelumnya.

2. Karena tak memiliki massa maka Spirit dapat bebas berkelana di Sub Alam Transien maupun di Sub Alam Fisika dan Sub Alam Biologi untuk masuk kembali ke Bio Body maupun clear body sesuai dengan yang diingini atau ditangkap oleh sebuah tuner yang sesuai/cocok dengan frekensi resonansi  trans wave dari spirit.

3. Jika Spirit masuk ke bio body baru ,misalnya zigote atau bayi yang belum bernyawa, maka terjadilah Reincarnated body.

4. Jika Spirit masuk ke Live bio body  yang lemah unsur tfact atau quantanya atau sama freakensi resonansinya,  terjadilah fenomena kesurupan atau gangguan kejiwaan. Seorangparanormal atau yang memiliki kemampuan supernatural dapat memanggil/ menangkap spirit dengan meresonansikan diri dengan frekwnsi trans wave dari spirit yang diinginkan. Seorang ibu dapat “memilih” spirit yang diinginkan dengan meresonansikan diri dengan trans wave spirit yang diinginkan. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara: keyakinan, kondisi kejiwaan, doa, ritual, suasana lingkungan hidup, dll.

5. Jika Spirit masuk ke bio body yang telah mati (bukan baru tetapi bekas live bio body), maka terjadilah: mayat hidup, zombi, kuntilanak dan fosil/mummy yang dapat melakukan aktivitas sebagai  live bio body walaupun tak sempurna. Energy yang dimanfaatkan dapat trans energy maupun clear energi yang masih tersisa dalam bekas bio body.

7. Jika Spirit menghuni clear body/ benda akan terjadilah spiritual body, benda keramat : pohon tua, bangunan yang dikeramatkan, tempat angker ,keris sakti dan sejenisnya. Energi yang dimanfaatkan adalah  relative energi yang diberikan oleh lingkungannya. (Hampir menyerupai energi uang).

8. Spirit dapat terurai menjadi Trans body dan soul, hingga soul dapat terbebas dari cengkeraman Trans body maka soul dapat keluar dari Universe menuju ke Alam Abadi. Tetapi untuk dapat terlepas dari cengkeraman trans body membutuhkan perjuangan dan bekal selama kehidupan yang telah dijalani. Soul tak mungkin membawa energi, jadi yang dapat dibawanya adalah karma, ibadah, dhamma, yang berupa informasi non energi, yang sandi minimalisnya 0#00 atau 00#0 atau nothing, yang hanya mampu diketahui oleh Tuhan YME.

123. Pertanyaan: Mengapa clear body yang bersandi 0qq dapat bergabung dengan trans body yang bersandi #0#0#0 padahal  tak terdapat link diantara dua fenomena itu. Jelaskan!

Jawaban:  Secara umum semua yang valid memilki link satu dengan yang lain, namun juga  dapat mengalami transformasi, sedangkan yang invalid sepenuhnya menjadi hak mutlak Tuhan YME. Namun ada baiknya saya jelaskan berbagai transformasi.

a.Suprime transformer dapat menggeser 0qq (clear body) ke koorninat lain dengan supreme transoformer 000:000, misalkan  menjadi #0#0#0 (trans body) hingga memiliki link dengan #0#0#0 yang akan digabungkan, kemudian merubahnya menjadi 0qq#0#0#0.Atau sebaliknya #0#0# digeser ke 0qq untuk mendapatkan link lalu terbentuk 0qq#0#0#0,

b.Spirit memiliki trans energy dan transwave untuk bergabung dengan apa saja dalam Sub AlamTranien , Sub Alam Fisika dan Sub Alam Biologi.

c. Supernatural transformer dapat menggunakan Formula Supernatural E=-x + y untuk melakukan penggabungan antara 0qq dan #0#0#0 dengan ” perhitungan yang cukup rumit” lewat proses supernatural.  Symetical transwave (cahaya yang kecepatan dibawah c) dapat dipandang sebagai link antara 0qq dan #0#0#0 sebab symetrical transwave yang bergetar dengan titik getar E=0 merupakan fenomena sub alam transien dan sub alam fisika.

d. Natural transformer dapat memecah 0qq menjadi komponen 0qq yang berquanta lebih kecil dan trans energi (misalnya pemecahan inti atom, bahkan electron) dengan proses tehnologi mutachir..

e. Artificial transformer dapat menyatukan 0qq#0#0#0 menjadi (QT)a hingga dapat direkayasa secara genetika.

Catatan: Penggabungan Bio Body dengan Soul  menjadi White Blank body hanya dapat dilakukan oleh Tuhan YME sebagaimana hanya Tuhan YME yang sanggup menjadikan something from nothing.

124. Pertanyaan: Mengapa anda memberi judul fiksi anda Blackhole? Apa hubungannya dengan teori Minimalis?

Jawaban: Sebelum saya jawab pertanyaan anda harap anda mengakses http://www.google.com atau http://www.gopgle .co.id. kemudian cari teori minimalis, pilih Backhole pernik ilmu pengetahuan, lalu click topik ini. Dalam diskusi  ini anda dapat mengetahui apa itu Blackhole serta tanggapan pesaerta diskusi terhadap Bh. , termasuk tanggapan saya  atas tanggapan para peserta diskusi. Dalam tanggapan itu saya jelaskan bahwa Bh. memeiliki gravitasi sangat besar sehingga semua benda (yang memiliki massa akan tertarik dan dilahap “masuk” kedalam Bh.) Semula Hawking menyatakan bahwa setelah dilahap oleh Bh. semua akan dibawa masuk ke Alam Semesta yang lain, tetapi kemudian Hawking meralat bahwa semua akan dikembalikan ke Alam semesta ini karena tak ada Alam Semesta yang lain.

Teori Minimalis mengakui akan kehebatan gravitasi Bh bahkan menjelaskan bahwa disekeliling Bh terdapat ruang hampa materi dan ruangan inilah yang cocok untuk dinamakan Blackhole (Lubang hitam). Setelah diketahui adanya benda padat didalam ruang hampa itu dengan mudah dimengerti mengapa cahaya (yang berfoton) tersedot oleh benda yang terdapat dalam Bh karena cahaya dapat bergerak melalui ruang hampa materi.

Teori Minimalis mendeklarasikan bahwa Universe terdiri dari 5 Sub Alam Semesta dan merupakan sebuah sistem tertutup hingga tak mungkin ada jalan keluar bagi energi untuk menerebos masuk atau keluar Universe.  Inti dari Fiksi Blackhole adalah di Universe terdapat materi yang bermasa dan energi/body/wave yang tak bermasa. Sesuatu yang bermassa dapat dilahap oleh Bh sedangkan yang tak bermasa tak akan terpengaruh oleh gravitasi Bh. Jadi penamaan fiksi Bh erat kaitannya dengan masalah Ciptaan Tuhan YME yang bermasa dan tak bermasa. Semula teori Minimalis hanya sekedar untuk memudahkan pembaca fiksi Bh, tetapi kemudian berkembang menjadi teori informatika, karena menurut penggagas teori Minimalis (saya) informasi tidak memiliki massa tapi memiliki energi ,kecuali yang invalid, yang tak terakses oleh kemampuan keyakinan,fikiran dan pancaindra dan hanya diketahui oleh Tuhan YME, yaitu jenis informasi yang non energi, yaitu amal,ibadah, dhamma,dharma  yang akan dibawa oleh roh menghadap Tuhan YME.

Blackhole adalah tempat yang paling aman bagi spirit/makluk yang tidak bermasa karena tak mungkin didekati oleh segala yang bermasa, termasuk kendaraan ruang angkasa betapapun canggihnya, tetapi dapat dicapai dengan aman oleh kendaraan ruang angkasa yang tak bermasa seperti ceespeen (dalam fiksi Bh) atau mungkin Ufo yang menurut saya adalah kendaraan yang tak memiliki massa sebagai halnya Alien.

Mula-mula Bh menjadi tempat pelarian bagi Spirit yang terpinggirkan oleh berbagai fenomena Sub Alam Fisika hingga menempati Bh, tetapi kemudian ternyata dapat dicapai/dijamah oleh Ceespeen yang mula-mula sekedar tersesat. Pusat Bimasakti merupakan sebuah Bh yang pada abad ke 30 diberi nama Bh John Kopernikus oleh para penulis fiksi abat itu karena John K merupakan mansuia pertama yang berhasil mendarat di pusat Galaksi Bimasakti (menurut fiksi Bh).

Jika anda malas membaca fiksi Bh secara utuh anda dapat membaca Sinopsinya lewat tag UFO1.; Ufo 2 dst. Anda jangan lupa Bh sekedar fiksi, namun siapa tahu benar-benar terjadi di abad je 30. Jika Tuhan YME menghendaki, segakanya dapat terjadi.

125. Qua vadis teori Minimalis? Sebagai seorang yang haus ilmu pengetahuan saya sangat tertarik dengan situs anda. Namun saya semakin lama semakin tak mengerti saya akan terbawa kemana. Dibeberapa tulisan anda yakin manusia dapat membuat hidrogin, tetapi pada abad ke 31 manusia belum berhasil menemukan unsur premordial yang merupakan bahan pembuat hidrogin.  Dilain tulisan anda mengatakan bahwa hanya Tuhan YME yang sanggup menciptakan something from nothing. Hidrogin itu something kok akan diciptakan/dibuat oleh manusia, jadi saya menjadi kebingungan, merasa anda permainkan.

Jawaban: Trima kasih anda telah dengan cermat mengikuti tulisan-tulisan saya. Saya akui bahwa sangat sulit mengikuti logika saya, oleh karena itu saya minta anda tak segan-segan menegur, memberikan pendapat,mengajukan pertanyaan dan sebagainya agar  tulisan saya dimengerti oleh pembaca.

Tujuan tulisan saya ialah: Mengagungkan Tuhan YME. Jadi jika ada hal yang menyimpang tujuan itu siapapun dapat menegur/memperingatkan, untuk itu saya sangat berterima kasih.

Saya akan berusaha menjelaskan masalah yang membingungkan anda:

a. Hidup manusia ini berkesinambungan, generasi yang datang lebih awal memberikan warisan yang berharga bagi generasi berikutnya, bukan sekedar materi melainkan ilmu pengetahuan, peradaban, keyakinan dll. hingga semakin lama manusia semakin cerdas dan bijaksana, dan sanggup memanfaatkan yang tersedia di Universe, tidak sekedar yang tersedia di Sub Alam Fisika. T.M. mennyatakan manusia harus berfikir dan berkeyakinan secara bijaksana betapun sangan terbatas, karena hanya Tuhan YME lah yang memiliki kebijaksanaan yang tiada batasnya. Mathematika Menimalis menginformasika bahwa kemampuan manusia untuk mengakses Universe sangat terpatas yaitu yang menurut FSM valid. Fenomena yang tak valid (invalid) tak mungkin terakses oleh kemampuan manusia. Disinilah letak kebijaksanaan sejati, lebih baik mencegah dari menghukum. Camkam: Tuhan YME mencegah setiap ciptaannya untuk melampaui kewenangan yang diberikan kepada setiap ciptaan Nya untuk sekedar mengurus dirinya, memanfaatkan yang tersedia di Universe dan saling memberi dan menerima dengan hukum Ekologin Nya. MM menjelaskan secara mathematis yang sebenarnya sangat sederhana untuk membedakan fenomena Valid dan invalid.

b.Unsur premordial itu valid, jadi masih mungkin terakses oleh kemampuan manusia. Nothing itu fenomena invadid yang tak mungkin terakses oleh kemampuan manusia. Jadi jika manusia membuat something ( hidrogin) dari unsur premoprdial atau mengungkap apa itu unsur premordial masih dalam wilayah yang diizinkan oleh Tuhan YME. Jangan dikacaukan dengan membuat something from nothing yang hanya dapat dilakukan oleh Tuhan YME.

c.Menurut fiksi Blackhole, sampai abad ke 31 manusia belum sanggup mengungkap rahasia unsur premordial, bukan berarti manusia tak sanggup/ tak diizinkan oleh Tuhan YME untuk mengungkap unsur premordial. Menurut penulis manusia mencapai kemampuan sebagai yang dikuasai saat ini memerlukan waktu yang sangat panjang. Inipun dapat diujudkan berkat adanya sistem informatika yang merupakan penghubung antar ruang dan waktu. Tanpa sistim informatika hidup manusia akan terpenggal-penggal tak berkesinambungan hingga setiap kali harus memulai dengan nol.

d.Tulisan saya justru saya maksudkan untuk menginformasikan kemungkinan manusia membuat hidrogin untuk bahan bakar reaktor nuklir fusi yang ramah lingkungan tanpa mengurangi jatah hidrogin di Sub Alam Fisika didunia dan sekitarnya. Jika informasi ini diperhatikan oleh para ilmuwan, maka usaha itu dapat dimulai saat ini, atau mungkin sudah lama diupayakan, hingga jika Tuhan YME mengizinkan mungkin saja sebelum abad ke 31 manusia telah sanggup membuat hidrogin dari unsur premordial. Tulisan saya bukanlah ramalam melainkan sekedar sentilan/saran untuk para ilmuwan untuk segera mengexplorasi Sub Alam Transien yang menurut TM justru menjanjikan sesuatu yang jauh lebih hebat dari sekedar Sub Alam Fisika. (Ini bukan berarti Sub Alam Fisika kita tinggalkan/telantarkan.)

126. Pertanyaaan: Saya sangat tertarik dengan sinoscope Blackhole. Mengapa anda tak mematentan fiksi Blackhole? Saya ingin sekali baca: Magnificience of Transwave, sayang saya harus menunggu sampai abad ke 31. Saya ingin tahu bedanya symetrical transwave dan assymetrical transwave. Dapatkah anda menjelaskan?

Jawaban: Saya tak punya beaya untuk mematenkan gagasan-gagasan saya. Saya cukup puas dan bersyukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mewariskan sesuatu (gagasan/obsessi)kepada generasi sesudah kehidupan saya semoga bermanfaat bagi mereka, jika tak bermanfaat saya tak akan merugikan diri sendiri sebagaimana  jika telah saya patenkan dengan banyak biaya ternyata tak bermanfaat. Tujuan saya memuat di blog  dan langsung saya posted agar jika terdapat yang merugikan lingkungan (orang/golongan/sesuatu kelompok masyarakat) dapat segera diketahui hingga dapat dipertimbangkan apakah “keberatan” itu bijak sana atau tidak.

Saya bukanlah meramal atau memprediksikan sesuatu yang belum terjadi. Penulisan Magnificience of Transwave karya Bob Gate baru dilakukan abat 31 bukanlah ramalan melainkan sekedar sentilan kepada Gate-gate yang pakar cybermatika yang sudah lahir  sebelum abad itu untuk menulisnya. Saya yakin mereka pasti sanggup asal ada kemauan untuk itu.

Saya akan menjelaskan perbedaan symitrical tw dan assymitrical tw.  Agar mudah dimengertri saya ibaratkan sebuah timbangan yang setiap saat dapat bergoyang jika terjadi perubahan mutan/beban (karena sangat peka). Dalam keadaan seimbang prima (E=0) maka timbangan itu akan bergoyang disekitar titik nol, lain halnya jika belum seimbang, maka timbangan itu akan bergoyang bukan disekitar titik nol hingga ada kemungkinan tak pernah melintasi titik nol.

Titik nol saya anggap sebagai poros simitri dan  harus dibedakan dengan titik-titik lain yang dapat menjadi “pusat goyangan” walau bukan sumbu simitri. Sesuai dengan teori Minimalis, quanta hanya terjadi saat E=0. Jika dilihat dari fisika” foton” hanya timbul saat transwave mengalami fase E=0. Kedua jenis transwave itu memiliki kelemahan dan kelebihan:

Symitrical transwave yang memiliki keterbatasan kecepatan (c) dapat diakses oleh fisik dan alat-alat fisik justru karena dapat membangkitkan foton. Gelombang jenis ini juga merupakan link (penghubung) antara 0qq dan #0#0#0 atau antara clear energy dengan trans energy. Cahaya sudah terbukti merupakan catalisator dalam pembentukan zat organik dari zat annorganik, pembentukan sel jaringah hidup (bio body) dari molekul juga memerlukan energi electro magnetik simitri. Tumbuh-tumbuhan membutuhkan energi matahari (cahaya) untuk membuat tepung dari carbon, oksigin dan hidrogin).

Disisi lain assymetrical trans wave yang tak membangkitkan foton hanya dapat terakses oleh manusia lewat kemampuan supernatural (kemampuan manusia diluar panca indra) hingga tak dapat dimanfaatkan oleh manusia yang hanya mengandalkan tehnologi yang berbasis materi, namun trans wave jenis ini  memiliki keunggulan dapat bergerak dengan kecepatan sangat tinggi dan sanggup menembus apa saja (termasuk Blackhole yang memilik gaya grafitasi sangat tinggi).

Inilah sebabnya Bob menulis buku Magnificiece of Transwave karena dia tak ingin kalah dengan Alien yang sanggup mengirimkan Ufo ke bumi yang jika menggunakan symitrical trans wave akan membutuhkan jutaan tahun. Box dan Max sekedar “mewakili” ilmuwaan dalam bidang tehnologi, informatika serta spychology. Semoga penjelasan saya bermanfaat bagi pembaca.

127. Pertanyaan: Semakin asyik saya membaca blog anda. Saya ingin tahu bedanya ruang nyata dan ruang semu, juga apa itu yang dimaksud koordinat semu.

Jawaban: trima kasih atas perhatian anda pada blog saya.

Ruang nyata dan ruang semu:
Ruang nyata adalah ruang yang  telah terisi oleh materi. Setiap materi memerlukan ruangan, jika ruangan nyata terisi oleh materi sesuai dengan hukum fisika maka ruangan tiu susah/tak mungkin diisi lagi oleh materi lain. Jika dipaksakan maka harus berlaku hukum-hukum fisika, misalnya mendapatkan reaksi dari benda yang sudah berada pada ruangan ini. Contoh: jika kita masuk kedalam air, maka akan memperoleh gaya dari air termasuk gaya angkat dari air sesuai dengan hukum Archimides.

Tabung “hampa” TV betapapun telah dikosongkan masih terdapat materi jadi didalamnya masih dapat dimasukkan ruang  nyata namun memiliki sifat yang agak berbeda yaitu electron akan dengan mudah melintasinya. Seandainya manusia dengan tehnologinya dapat membuat ruangan yang benar-benar hampa materi, maka yang dapat melintasinya hanyalah cahaya/gelombang electro magnetik. Raung ini dapat mewakili ruang semu buatan (artificial unreal space.) dan dapat digunakan untuk mengukur kecepatan cahaya symetris. Jika ruang itu terisi fenomena supernatural saja maka ruangan ini belum nyata karena fenommena transien tak memerlukan ruangan. Jika dalam ruangan ini dimasukkan materi maka mula-mula tak berlaku hukum fisika, setelah ruangan ini terisi materi mulailah berlaku hukum fisika. Jadi hukum fisika hanya berlaku diruangan nyata.

Penjelasan saya itu dapat terkesan bahwa ruang semu hanyalah ruangan hampa materi. Namun perlu anda ingat bahwa ruang yang demikian sekedar contoh ruang bukan nyata(artificial). Di universe ini terdapat ruangan yang memiliki sifat seperti itu, ruang yang hanya dapat dilewati oleh cahaya karena belum terisi materi, ruang ini termasuk dalam ruangan semu karena belum terisi materi.

Dimensi ruangan semu:  Fenomena Sun Alam Transien memiliki dimensi ruang semu, bukan berarti fenomena  ini tak mungkin terjadi disub Alam Nyata. Fenomena transien dapat terjadi diseluruh Universe namun tak menjadikan ruangan semu berubah menjadi ruangan nyata, sebaliknya fenomena fisika yang hanya berlaku di Sub Alam Nyata dapat merubah Sub Alam Semu menjadi Sub Alam nyata.

Yang menjadi pertanyaan: ruang dalam tabung tv jelas terisolasi oleh kaca, tetapi mengapa terdapat ruang hampa di universe? Adakah sekat yang memisahkan antara bagian yang terisi materi dan yang kosong materi hingga tak terjadi aliran materi dari ruang nyata keruang semu? Ataukah sebenarnya tak ada ruang kosong di universe sebagai dalam tabung kaca? Jika ada isinya, apakah isi itu? Hal ini saya serahkan pada ilmuwan fisika untuk menjawabnya.

Teori Minimalis dapat menginformasikan sbb: Semua ruangan  di universe,baik yang belum terisi materi maupun yang telah terisi materi, terisi oleh berbagai jenis energi, namun banyak yang belum terisi materi. Sebagian kecil energi memiliki massa hingga menjadikan ruangan yang ditempati menjadi ruang  nyata, sebagian besar belum memiliki massa hingga  dapat memanfaatkan ruang nyata(namun tak mentaati  hukum fisika )dan bebas memanfaatkan ruang semu tanpa merubahnya menjadi ruang nyata.

Koordinat semu: Jika anda membuka peta maka telah menjadi konsnsus utara berletak diatas, selatan dibawah dst.  Jogya dan Solo dapat ditentukan  letaknya berdasarkan peta atau dapat anda buktikan dengan helikopter.Masing-masing memiliki koordinat nyata. Sebagai pembanding yang ekstreem anda tak akan tahu dimanakah letaknya sorga dan neraka. Sorga tak memiliki koordinat, apalagi koordinat nyata. Lain halnya jika anda ingin ke Mars, walau sistem solar bergerak, anda dapat menggunakan peta ruang angkasa dan perhitungan yang dilakukan oleh fikiran dan logika, sebab masing-masing memilik koordinat yang dulunya tidak nyata (semu) kemudian setelah dilakukan explorasi ruang angkasa dan dilakukan pemetaan menjadi koordinat nyata.

Dalam kinematika yang mempelajari posisi titik yang satu terhadap titik lainnya, baik yang diam maupun yang bergerak digunakan sistim koordinat nyata yang tak mempersoalkan ruangan (sebab sebuah titik materi dianggap tak  memiliki massa dan tak membutuhkan ruangan nyata). Lintasan titik pada as roda yang berputar akan merupakan garis lurus sejajar permukaan tanah yang dilintasi, titik diluarnya akan bergerak sebagai grafik sinusoidal, lintasan tersebut  berupa koordinat semu, sedangkan yang kita lihat adalah roda yang berputar atau gerobag yang bergerak.  Jadi antara koordinat dan ruangan walau erat kaitannya merupakan sesuatu yang berbeda, sebagai halnya sebuah titik pada roda yang berputar dengan roda atau gerobagnya.

Koordinat lebih bersifat posisi titik terhadap itik pusat koordinat hingga dapat diketahui posisi titik yang satu terhadap titik yang lain dalam sebuah sistim koordinat  tanpa mempedulikan bagian-bagian lainnya dalam ruangan/bidang. Jika pusat koordinatnya berubah, titik itupun secara automatis berubah letaknya.

Koordinat semu hanya dapat terakses oleh fikiran manusia, tak mungkin terakses oleh pancaindra maupun keyakinan. Fikiran manusia dapat  memposisikan  titik-titik diseluruh universe  yang diperoleh dari pancaindra kemudian  mengolahnya dengan fikiran  untuk menentukan koordinat semu dan setelah mengexplorasi dengan berbagai bantuan alat fisika dapat  membuat peta yang menggunakan koordinat nyata.

Sebagai contoh N. Copernicus menganalisa letak bumi dialam semesta dari  hasil pengamatannnya di bumi (tak usah menjelajahi antariksa)  namun berani mengatakan bahwa bumi bukanlah pusat alam semesta, melainkan bumi mengelilingi matahari.

Banyak  ahli fikir dapat “memprediksikan” sesuatu yang belum/tidak nyata dan belum  dapat dibuktikan secara nyata, karena belum tersedianya sarana untuk membuktikannya.Waktu adalah bagian dari koordinat semu, orang tak akan sanggup meramalkan sesuatu yang belum terjadi, namun logika manusia dapat memprediksikan apa yang mungkin dan bahkan pasti terjadi dengan menggunakan koordinat semu. Fikiran manusia lebih unggul dari sekedar sebuah komputer, namun komputer dibutuhkan untuk membantu kerja fikiran manusia.

Ringkasan:

a. Ruang nyata: ruangan yang telah terisi oleh materi/partikel. Dalam ruang nyata berlaku hukum fisika. Setiap partikel membutuhkan ruang (nyata) jika particel q2 akan menempati ruang yang telah dimanfaatkan oleh partikel q1 maka akan mendapatkan reaksi dari partikel yang telah menempati ruang tersbut.

b. Ruang semu: ruangan yang belum dicemari oleh partikel dan hanya terisi oleh fenomena non materi (body,energi dan wave yang belum bermassa.) partikel yang memasuki ruangan semu masih bebas, tak mendadapatkan reaksi karena masih kosong. Foton yang timbul dalam ruang semu akan bebas muncul dan hilang lagi sesuai denga fase gelombang electro magnetik yang melintasinya, namun mendapat reaksi dari foton lain disekitarnya sesuai dengan hukum fisika (karena foton memiliki masa hingga butuh ruang nyata sesaat disamping kelembaman). Fenomena inilah yang menjadikan transwave simitri kecepatannya c. Pada saat memasuki ruang nyata maka kecepatan transwave simitri akan berkurang karena mendapat hambatan dari particel (termasuk foton lain) yang berada diruangan nyata.

c. dimensi ruang nyata:  setiap partikel memiliki massa hingga memerlukan ruang nyata, setiap partikel tunduk pada dimensi waktu, massa dan ruang nyata.

d. dimensi ruang semu:  fenomena non materi tak memiliki massa sehingga tak memerlukan ruang nyata, sehingga tak akan mendapatkan reaksi dari partikel yang ada pada koordinat yang sama dalam ruang nyata.

e. koordinat adalah posisi titik terhadap pusat koordinat. Dua titik yang berbeda koordinatnya dapat diketahui jaraknya tanpa mengukur jarak sesungguhnya melainkan dengan “rumus” dan perhitungan yang dilakukan oleh fikiran/otak manusia.

f. koordinat nyata (koordinat ruang nyata) adalah koordinat yang dapat diakses oleh panca indra, diantaranya mata.

g. koordinat semu adalah koordinat yang hanya dapat diakses lewat fikiran dari hasil  mengamati suatu fenomena, misalnya mengukur kecepatan cahaya dan menganggapknya cahaya memiliki kecepatan tetap c.  Kecepatan cahaya kemudian digunakan untuk mengukur jarak objek yang sangat jauh. Berdasarkan pengawatan dalam kurun waktu yang cukup lama dan menggunakan teori dan hukum fisika manusia sanggup menentukan koordinat-koordinat semu benda-benda yang terdapat di Universe. Mengapa dikatakan semu: karena metoda yang digunakannya masih semu dan perlu diuji kebenarannya lewat pengamtan dalam jangka waktu yang belum dapat ditentukan. Itulah mengapa waktu termasuk dalam koordinat semu.

128. Pertanyaan:  Mengapa kecepatan cahaya dapat berubah? Dapatkah kecepatan cahaya nenjadi nol atau negatip?

Jawaban :

a.Dalam fisika c merupakan kecepatan cahaya dalam ruangan hampa, jadi pada saat memasukti ruang tidak hampa kecepatannya akan berkurang, ini dapat terdeteksi dengan fenomena pembelokan cahaya pada media transparan yang memiliki kepadatan masa sangat tinggi (misalnya kaca, intan, berlian). Untuk penjelasan ini saudara dapat belajar dari ilmu fisika optik. Jika cahaya memasuki permukaan yang mengkilap cahaya akan dipantulkan hingga arahnya berlawanan, secara mathematik dengan menggunakan sitem koordinat pantulan cahaya dapat dipandang sebagai berkecepatan negatip karena arahnya berlawanan dengan arah semula. (ingat ini penjelasan secara mathematik, bukan fisika). Saat jatuh kepermukaan hitam dan kasar cahaya diserap hingga dapat dianggap kecepatannya nol, cahaya akan diubah menjadi clear energy.

b. Fisika hanya mempelajari symetrical trans wave sehingga menganggap assymetrical trans wave tak ada. Assymetrical transwave kecepatannya juga dapat berubah, tetapi bukan akibat media yang dilaluinya , melainkan tergantung dari energy yang menggerakkannya. Semua transwave memiliki frekwensi  dan memiliki frewensi resonansi yang dapat mempengaruhi kecepatan dan arah gerakan. Symetrical trans wave dapat “ditangkap” oleh “antena”/receiver, dipilih oleh tuner sesuai dengan frekwensi resonaninya, dikuatkan dan diubah menjadi gelombang listrik hingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Demikian halnya assymetrical transwave dapat ditangkap oleh “kemampuan  supernatural manusia” berdasarkan fenomena resonansi, dikuatkan oleh trans body yang merupakan bagian dari bio body dengan memanfaatkan bio energy, diubah menjadi energi listrik untuk digunakan oleh otak untuk berbagai keperluan.

129. Pertanyaan: Saya seorang ibu yang memiliki anak tuna grahita. Saya merasa tersinggung atas tulisan anda yang menyatakan kelainan mental seorang anak disebabkan oleh masuknya psirit kurang baik akibat kelalaian saya waktu mengandung. Menurut  keyakinan saya itu merupakan kehendak Allah. Tak adayang anda katakan spirit, itu sesat.

Jawaban: Mohon maaf jika saya melukai hati anda dan mereka yang bernasib sebagai anda. Tulisan saya sekedar informadsi, jika tak bermanfaat harap dimasukkan dalam keranjang sampah. Namun saya sebagai penggagas theori Minimalis yang ingin mengagfungkan Tuhan YME juga kurang sependapat jika sesuatu yang tak kita inginkan “ditimpakan” sebagai kehendak Nya. Agar kita tak cerpat-cepat segalanya yang terjadi dan menimpa diri kita, termasuk musibah dianggap sebagai kehendak Nya, maka saya menggagas teori Minimalis.

Dalam teori Minimalis ada dua fenomena:

a.Fenomena Jagad Cilik, dimana Tuhan YME telah melimpahkan sebagian dari wewenang Nya kepada ciptaan Nya untuk mengurusi dirinya sendiri  sesuai dengan hukum Ekologi. Dalam Jagad Cilik manusia masih dapat menggunakan teori probabilitas dan prisip sebab akibat. Setiap akibat masih dapat ditelusuri sebabnya, sehingga hal-hal yang akan berakibat tak baik dapat dihindari dan yang berakibat baik diupayakan dengan berbagai usaha dan ikhtiar.

b.Fenomena Jagad Gede: dimana Tuhan YME menggunakan hak Mutlaknya sesuai dengan kehendak Nya sehingga tak berlaku hukum probabilitas dan tak mungkin ditelusuri hubungan antara sebab dan akibat. Keyakinan anda menurut saya seratus persen benar dalam fenomena Jagad Gede, namun jika kita ingin mengagungkan Nya justru haruslah jangan menganggap sesuatu yang masih dapat ditelusuri sebab akibatnya sebagai kehendak Nya. Misalnya : banjir yang terjadi akibat penggundulan hutan, polusi udara hingga  menimbulkan efek rumah kaca…………….. dan masih banyak fenomena lainnya yang disebabkan oleh ulah manusia. Perceraikan yang sebenarnya tak mungkin atas kehendak Nya, melainkan karena permasalah suami istri atau akibat ulah orang ke tiga, dengan mudahnya anda katakan sebagai kehendak Nya.

Dalam masalah “nasib” yang menimpa anda, sebaiknya anda cari sebabnya dengan introspeksi. Kelainan mental seorang anak dapat disebabkan berbagai faktor, diantaranya faktor genetika, kondisi saat seorang ibu mengandung, misalnya kesehatan rohani/psychologi,keadaan lingkungan akibat polusi………. dan masih banyak lagi. Saya ikut prehatin terhadap masalah yang menimpa anda, bukan maksud saya menyalahkan anda, hal itu banyak faktor yang ikut bersalah, sebagai yang saya sebutkan itu. Adalah sudah tepat anda memiliki keyakinan yang kokoh, yaitu takwa terhadap Allah, jangan menjadi goyah karena membaca tulisan saya. Sekali lagi saya mohon maaf.

130. Pertanyaan: Saya anak bungsu, ibu meninggal ketika melahirkan saya. Dahulu keluarga kami kaya, karena ibu seorang pengusaha. Ayah kawin lagi, istrinya pemboros hingga kami jatuh miskin. Apakah saya membawa karma jelek?

Jawaban: Jelas bukan karena anda membawa karma jelek, sebab kematian adalah kehendak Tuhan YME, walau sebabnya dapat ditelusuri dari berbagai hal: penyakit, kecelakaan,terlalu membanting tulang untuk menjadi kaya hingga lupa menjaga kesehatan dsb. Setahu saya karma itu hanya berkaitan dengan kehidupan seseorang dan tidak ada kaitannya dengan fihak lainnya (misalnya ayah dan kakak anda). Kebangkrutan keluarga anda bahkan dengan mudah ditelusuri sesuai dengan yang anda ceriterakan: ibu anda seorang pengusaha yang menjadi tulang punggung keluarga hingga sangat berpotensi membawa kesuksesan, ibu tiri anda seorang pemboros yang berpotensi membawa kemiskinan. Jangan salahkan diri anda,hanya akan merugikan diri anda. Jika ingin bangkit dari kesulitan anda memanfaatkan informasi yang telah anda peroleh dalam kehidupan ini (bukan kehidupan sebelumnya yang mungkin telah terhapus dengan bertambahnya usia anda), yaitu: rajin dan hemat pangkal kaya, boros dan malas pangkal miskin! Setuju?

 

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s