Informatika adalah penghubung antar ruang “dan” antar waktu, atau penghubung antar ruang waktu?

Pertanyaan: Dalam teori relativitas dikenal adanya dimensi ruang waktu, sedangkan dalam Teori Minimalis waktu dipandang sebagi urutan suatu kejadian atau suatu proses sedangkan ruang dibedakan antara ruang semu dan ruang nyata. Definisi informatika yang benar yang mana: sesuai dengan teori relativitas (informatika adalah penghubung antar ruang waktu) atau teori minimalis (informatika adalah penghubung antra ruang dan antar waktu)?
Jawaban: Dimensi ruang waktu hanya dikenal dalam fisika, khususnya teori relativitas. Dimensi waktu, ruang dan massa merupakan demensi dasar  dalam fisika konvensinal, dan dapat diekperimenkan hingga lebih mudah dimengerti, maka secara umum informatika didefinisikan sebagai penghubung antar ruang dan antar waktu, bukan antar ruang waktu.
Terus terang sebagai seorang Newtonian saya sulit memahami teori relativitas. Sulit bagi saya menerima teori yang menyatakan massa  berubah menurut kecepatannya. Menurut pengertian saya massa hanya berubah jika  berinteraksi/bergabung dengan massa lain dan berkurang jika  pecah menjadi massa  yang relatif lebih kecil..
Newton tak menyatakan bagaimana massa dapat terjadi, maka Teori Minimalis melengkapinya dengan menginformasikan  massa terjadi akibat keseimbangan prima dari energi terang dan energi gelap ( penjelasan menurut filosofi) atau keseimbangan antara monopole selatan (x) dan monolope utara (y) dalam suatu dipole.
Teori Minimalis membedakan antara energi semu dan energi nyata, sehingga juga membedakan antara ruang semu dan ruang nyata. Ruang semu ialah ruangan yang hanya serisi oleh energi semu (dalam fisika dinamakan ruang kosong), sedangkan ruang nyata adalah ruangan yang disamping terisi energi semu juga telah terisi oleh energi nyata atau quantu dan partikel. Ruang nyata memiliki koordinat tiga dimensi, sehingga tiap partikel yang berada diruang nyata memiliki koordinat ruang. Jika pada satu koordinat terdapat partikel, maka jika ada partikel lain akan menempati titik tersebut akan mendapat reaksi dari partikel yang ada dititik itu.
Partikel dapat bergeser koordinatnya akibat perbedaan waktu, dengan berbagai cara, dengan energi yang dimilikinya atau digerakkan energi dari luar.
Dua materi yang dalam keadaan bergerak jika pada saat yang sama melintasi sebuah titik dengan koordinat sama akan terjadi tubrukan, ini berbeda dengan energi semu yang belum memerlukan ruang tak akan terjadi tubrukan.
Informatika menurut TM merupakan urutan  pula-pulsa energi semu (tak memiliki massa hingga tak memerlukan ruang) sehingga dapat melintasi ruangan tanpa akan bertubrukan walau waktu dan koordinat ruangannya sama., informatika dapat bergerak bebas dari waktu ke waktu tanpa  berkurang energinya.
Informatika sanggup menghubungkan satu titik ketitik lainnya dalam ruangan dan menghubungkan antara  waktu  yang satu dengan yang lain. Informatika dapat dikirim dengan berbagai media dari suatu koordinat ruang ke koordinat ruang yang lain atau direkam untuk kemudian diputar ulang. Yang dapat diulang bukannya peristiwa melainkan rekaman peristiwa.
T

ibnusomowiyono
ibnusomowiyono wrote on Jul 10, ’10
Harus dibedakan antara: informasi, sistem informasi dan tehnologi informasi.
1.informasi adalah energi semu yang memiliki kemampuan untuk disimpan dalam berbagai bentuk medium untuk suatu saat atau sewaktu-waktu dimanfaatkan, dipindahkan atau di sebarkan ke berbagai koordinat ruang.
2.sistem informasi atau informatika adalah metoda dan/atau sarana untuk menyimpan atau memindahkan informasi, misalnya: tulisan, prasasti, rekaman, ceritera/kisah, omongan, angan-angan, mimpi……………. yang dapat digunakan untuk menyimpan, memindahkan, menyebarkan informasi atau memberikan informasi sehingga yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.
3. tehnologi informatika: sistem informasi menggunakan body dan energi nyata dan cenderung modern ( bukan bersifat konvensional atau konservatif).

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s