Mungkinkah Teori Relativitas digabungkan dengan mekanika quantum?

Pertanyaan: Saat ini para ilmuwan fisika teori sedang berupaya keras untuk mempertemukan dan menyatukan kedua teroti ilmiah itu, Teori Relativitas dan Mekanika Quantum,dan membuat sebuah teori yang sanggup menjelaskan segala nya (segala fenomena universe). Bagaimana pendapat bapak sebagai penggagas TM?
Jawaban: Baik Teori Relativitas maupun Mekanika Quantum termasuk dalam  disiplin Ilmu Nyata, diantaranya adalah Fisika  Modern dan Matematika Modern. Terus terang saya awam terhadap kedua teori ini, karena yang saya pelajari adalah Fisika Konvensional dan Matematika Konvensional.
Sebagai penggagas TM yang dualistik saya menyakini adanya energi semu (E#0) yang tak dikenal dalam fisika, baik fisika modern maupun fisika konvensional. Dalam Matematika  0 dan tak berhingga tak divinisikan. Jadi terlalu gegabah jika saya memprediksikan hasil penyatuan kedua teori fisika modern. Namun karena saya berfikir dulu sebelum meyakini, maka saya berusaha berfikir dan bertanya  mungkinkah sesuatu yang berbeda itu disatukan?
Hasilnya adalah : mungkin sekali sesuatu yang berbeda disatukan sebab yang berbeda itu justru merupakan pasangan yang dapat saling mengimbangi. Namun: menurut filosofi hidup saya: biarkan yang berbeda tetap berbeda sepanjang tak menimbulkan sengketa.
Saya menggagas TM mula-mula sekedar untuk menjelaskan fiksi saya yang berjudul Black hole. Fiksi ini sangat berbeda dengan fiksi ilmiah lainnya, sehingga tidak laku jual.  Pada saat itu Teori Hawking yang  menjelaskan seluruh fenomena alam semesta menyatakan bahwa Black hole dapat menjadi jalan menuju ke alam semesta yang lain, sehingga Black hole dikultuskan.
Saya sependapat dengan ilmuwan lain yang menentang Teori Hawking atas dasar Mekanika Quantum, sehingga beranggapan tak mungkin energi yang terdapat di universe meninggalkan universe, sehingga saya berani membuat teori yang menyatakan bahwa universe merupakan sistem tertutup yang jumlah energinya tetap yang berubah hanyalah ujudnya. Ini sangat bertentangan dengan Teori Hawking.
Ketika Hawking meralat teorinya dan kemudian menyatakan adanya radiasi Hawking yang dipancarkan oleh Black hole banyak yang bertanya kepada saya: apakah radiasi Hawing adalah Elementer Clear Wave (ECL) saya mulai berfikir lagi.
Bagi saya jawaban itu ada ditangan Hawking, jika Hawking sanggup menjelaskan fenomena  gaya tarik gravitasi dengan memanfaatkan  Radiasi Hawking  maka mungkin saja menyatukan Quantum Mekanik dengan Teori Relativitas Einstein  dapat segera tercapai.
Mungkin ananda lalu ragu tentang kebenaran Teori Einstein. Jika keraguan  itu disebabkan oleh radiasi Hawking, mungkin mudah dimengerti, sebab untuk menyatukan dua yang berbeda, maka dibutuhkan pengorbanan. Hawking telah berlaku sportif dengan meralat teorinya. Jadi mungkin saja mereka yang sangat meyakini Teori Relativitas juga bersedia meralat teori yang sangat diyakini kebenarannya, Teori Relativitas.
Jadi kedua teori fisika modern itu mungkin sekali dipertemukan karena diketemukannya graviton secara ekperimental akan memungkinkan Teori Baku dimanfaatkan untuk membuat suatu teori yang dapat menjelaskan segalanya, atau Theory of Everything.
Namun sebagai penggagas TM saya menyatakan, jika fisika masih menganut azas monolistik, maka teori itu hanya dapat menjelaskan fenomena Sub Alam Fisika yang nyata, dan tak akan sanggup menjelaskan fenomena seluruh alam semesta.
Teori Dawai adalah upaya para ilmuwan fisika teori untuk menyatukan kedua teori ilmiah itu dengan bantuan  Fisika Modern dan Mathematika Modern.
TM hanya jendela untuk meneropong universe, sedangkan sains adalah pintu untuk memasuki universe dan melakukan ekplorasi dan ekploitasi energi yang tersedia didalamnya.

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

