Apakah di dunia tak ada kebahagian dan yang ada sekedar kenikmatan?

Pertanyaan: Menurut eyang believe without thingking is the way to the heaven, thinking before believe is the way to reality. Artinya jika ingin ke heaven manusia jangan berfikir, sedangkan hanya dengan berfikir sebelum mempercayai manusia akan sampai kepada kenyataan. Cucu ingin tahu dimana letaknya heaven dan dimana terdapat kenyataan? Apakah kebahagiaan tak terdapat dibumi yang ada di bumi hanya  sekedar kenikmatan?
Jawaban: Eyang tak pernah berkata: believe without thinking is the way to the heaven (baca dengan cermat tulisan-tulisan eyang sebelumnya. Yang menyatakan slogan itu adalah guru “spiritual” eyang yang sangat meyakini kebenaran ajaran Jesus. Eyang hanya “mengimbanginya” dengan slogan: thinking before believing is the way to reality sebab apa yang digambarkan oleh guru eyang itu heaven dipenuhi dengan kebahagiaan yang serba menyenangkan, tiada penderitaaan. Kenyataannya eyang lihat dan rasakan dunia ini penuh dengan berbagai fenomena, ada kesenangan ada penderitaan. Eyang lalu menyimpulan: bahwa yang sedang eyang alami adalah “kenyataan” bukan heaven.
Eyang juga tak pernah menyatakan bahwa yang ada dibumi hanya sekedar kenikmatan dan tak ada kebahagiaan dibumi, Eyang menyatakan dibumi ini tiada yang abadi, jadi baik kebahagiaan atau kenikmatan duniawi tak abadi, hanya bersifat sementara. Demikian juga penderitaan juga hanya bersifat sementara.
Menurut guru eyang heaven itu abadi, jadi menurut logika fikiran heaven tak dikuasai dimensi waktu,Karena dunia merupakan bagian yang teramat kecil dari alam semesta, sedangkan alam semesta tunduk pada dimensi waktu, maka bumi juga tunduk pada diomensi waktu, artinya tak abadi. Berdasar logika fikir maka heaven pasti berada diluar bumi, bahkan diluar alam semesta. Kesimpulan ini menjadikan guru speritual eyang “marah” dan sangat kecewa terhadap eyang.  Dia telah  membuka wawasan berfikir eyang sehingga dari seorang anak dungu menjadi seorang yang cukup cerdas, tetapi setelah cerdas lalu  “membanggakan” fikiran hingga  eyang  berani “menyimpulkan” bahwa heaven berada diluar universe. Itulah sebabnya dia mengucapkan peringatan : believe without thinking is the way to the heaven. Dia menjadi lebih gusar ketika eyang meneruskannya dengan slogan thinking before believing is the way to reality.
Eyang berusaha menjelaskannya tetapi dengan logika fikir, dia tak ingin berfikir untuk menggoyahkan keyakinannya, tetapi bukan berarti dia tak mau berfikir, Dia berfikir untuk sesuatu yang bermanfaat, bukan untuk “mengoreksi” keyakinannya.
Eyang sendiri tak faham apakah guru spiritual itu menyakini heaven ada di universe sehingga “marah” atas kesimpulan eyang yang  bertentangan dengan keyakinannya. Yang jelas eyang bukannya tak percaya adanya alam abadi, dan eyang juga mendambakan kebahagiaan abadi, tetapi eyang tak mau lari dari kenyataan.
Kesimpulan: Menurut eyang univerve ini dikuasai dimensi waktu. Menurut TM universe merupakan sebuah sytem tertutup (bagi energi) sehingga tak mungkin energi keluar dari universe. Menurut TM Plus yang mungkin keluar masuk universe adalah soul (z) yang bukan termasuk energi, oleh karenanya yang dapat mencapai keabadian hanyalah soul khususnya roh.. Andaikata heaven ada di universe maka tak mungkin abadi, sehingga didalamnya juga tak mungkin terdapat kebahagiaan abadi. Dibumi ini terdapat aneka fenomena, dari kebahagiaan,kenikmatan,penderitaan……… dll namun semuanya bersifat sementara,tidak abadi.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s