Mathematika itu sulit, Matematika Minimalis jauh lebih sulit?

Pertanyaan: Kalau atom H memiliki quanta 1, maka berapakah quanta 100 atom H?
Jawaban: Berat  Atom H 1 satu, berapakah berat atom 100 atom H? Tetap 1, bukan 100
Yang berubah bukan bobot atom H atau quanta atom H melainkan jumlahnya atom H. Sepintas quanta seperti bobot atom, tetapi sebenarnya tak sepenuhnya sama. Dua atom H akan berbeda quantanya jika membentuk molekul H2. H2 memiliki quanta lebih tinggi dari atom H. Quanta adalah”alamat” dari suatu file yang tersusun secara sistematis berdasarkan tingkat kerumitan sebuah paket quantum. Jadi berbeda dengan bobot atom, berat molekul , banyaknya atom atau molekul, melainkan atas dasar kerumitan strukturnya. Saat atom dianggap sebagai materi terkecil, maka atom memiliki quanta paling rendah, tetapi setelah diketemukan quak dan lepton, quanta atom menjadi lebih tinggi karena atom terdiri dari proton dan elektron, elecron terdiri dari bagian yang lebih sederhana dari inti atom dan seterusnya………… Jadi quanta suatu paket quantum atau matter akan semakin tinggi dengan ditemukan sub sub sub atomic partikel yang lebih mendasar (sederhana). Namun yang tetap dari matter atau material adalah Enya = 0. Quanta berubah sesuai dengan tingkat keruwetan strukturnya, tetapi E tetap 0 karena merupakan fenomena Fisika, bukan berubah menjadi fenomena transien apalagi fenomena gaib atau fenomena metafisika.
MM justru menyederhanakan Matematika, sebab hanya  mempermasalahkan x,y,q, E=0 dan E#0 dan hanya menggunakan operator +  (untuk penggabungan) dan *. (untuk penyatuan)
Sepuluh ekor ayam digabungkan (ditambahkan) dengan sepuluh ekor kambing? Berapa hasilnya? Untuk menjumlahkan ayam dengan kambing dapat dilakukan dengan “mempertinggi quantanya dari ayam dan kambing menjadi binatang, hasilnya sepuluh ekor ayam + sepuluh ekor kambing = dua puluh  ekor binatang. Tetapi dapat juga ayam dan kambing disembelih, dicincang, dagingnya dibuat bakso hasilnya……. tergantung ukuran baksonya.
2 CommentsChronological   Reverse   Threaded
iwananashaya
iwananashaya wrote on Nov 13, ’10

sepuluh ekor ayam + sepuluh ekor kambing = sepuluh ekor binatang 

dua puluh ekor binatang
ibnusomowiyono
ibnusomowiyono wrote on Nov 13, ’10
@ iwananashaya.
Thank. Saya telah mengoreksinya.
Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s