sumpah pemuda? bineka? pancasila? No!……………. yes.!

Pertanyaan: Selamat ketemu lagi mbah somo. Hari ini hari sumpah pemuda, simbah bungkam tak menghormatinya dengan menulis sesuatu di  hari keramat ini padahal simbah mengaku  pancasialis dan menganggap bineka suatu anugrah Tuhan YME. Kurasa semua itu telah terkubur bersama berbagai bencana yang melanda bangsa yang munafik ini, mengaku mayoritas beragama Islam tetapi membiarkan berbakai maksiat dan berkomplot dengan kafir……………
Sadarlah mbah dan jangan bermimpi  pancasila dapat menyatukan bangsa ini. Yang dapat menyatukan bangsa besar yang mayoritasnya beragama Isalam hanyalah hukum Allah, bukan hukum buatan manusia.
Jawaban: Terima kasih cucunda mengingatkan hari ini adalah Hari Sumlah Pemuda. Yang lebih penting simbah ucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada mereka yang sedang dilanda musibah.
Sebaiknya kita tak usah memperdebatkan perbedaan keyakinan cucu dengan keyakinan simbah. Cucu adalah darah daging simbah bukan “daun” dari negara seberang yang terhembus badai dan jatuh ditanah air tercinta ini.
Simbah mengakui bahwa saat ini semangat sumpah pemuda telah pudar, namun  bukan berarti terkubur. Simbah tak berdaya menghunus pedang untuk mempertahankan Pancasila. Simbah memilih menggunakan pena untuk mempertahankan diri akan kebenaran Pancasila.
Cucu boleh saja bernostalgia tentang kebesaran Islam dimasa lalu, simbah ber obsessi memperasukan NKRI dengan Pancasila.
Satu yang simbah pesankan: Jangan mencabik-cabik bangsa yang sangat kita cintai ini. Simbah tak apriori bangsa ini harus disatukan dengan Pancasila, tetapi gunakan cara damai sesuai dengan hakekat semua ajaran agama.
Peluk cium simbah untuk cucu!

1 CommentChronological   Reverse   Threaded

be2ny
be2ny wrote on Oct 28, ’10
cucunya belum insaf
Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s