Mengapa jika elektron bergerak disekitarnya terjadi medan magnet?

Pertanyaan: Cucu menjawab dulu pertanyaan eyang: jika roda berputar dilantai  datar dan mendapat tekanan kebawah sambil berputar, maka roda akan menggelinding, artinya as roda akan bergerak tegak lurus as  roda dan tegak lurus  gaya gravitasi.. Eyang anggap as roda itu sebagai lintasan elektron yang menyebabkan terjadinya medan magnet disekelilingnya , sedangkan gaya gravitasi eyang anggap medan magnet, maka elektron (as roda) akan bergerak tegak lurus medan magnet dan lintasan elektron. Nah kalau memang demikian jelaskan juga mengapa jika elektron bergerak disekelingya terjadi medan magnet “melingkarinya”.
Jawaban: Eyang berikan medali perunggu untuk “teka teki” timbulnya  gaya Lorentz. Agaknya cucu pelum puas dan ingin mendapatkan medali perak.
Ternyata  dengan visualisasi dan metoda interaktif  cucu lebih mudah menerima gagasan eyang.
Menurut eyang elektron adalah paket quantum etertic yang merupakan penyatuan (operatornya X) dari quantum dan eter.
a.Quantum merupakan rantai tertutup dari dipole yang telah mengalami keseimbangan prima atau E=0, bagian quantum dari elektron  dapat dimodelkan sebagai angka nol (0) yang “kekar” hingga sulit dipisahkan. Electron tak memancarkan medan magnet keluar karena merupakan rantai tertutup. Elektron memiliki massa karena  E=0, elektron juga memiliki muatan listrik negatif karena quantanya bulat dan ganjil, electron memiliki energi dalam sehingga sangat sulit untuk dipecah atau  dibabungkan antar elektron.
b.Eter merupakan rantai terbuka maupun mudah menjadi terbuka hingga memancarkan medan magnet, Eter merupakan dipole yang belum seimbang  (E#0). Dalam keadaan tertutup eter hanya memancarkan medan magnet sangat lemah, namun saat terbuka medan magnetnya menjadi kuat. Eter dapat dimodelkan sebagai angka nol (0) yang berupa garis-garis terputus yang terdapat “celah” sehingga mudah menjadi “terbuka”. Eter belum memiliki massa karena E#0 dan belum memiliki muatan listrik, internal energinya sangat lemah.
c.Jika eter menyatu dengan quantum akan terjadi quantum eteric (E#0) X (E=0) = (E=0)
Quantum eterik memiliki massa, memiliki muatan listrik. Dalam keadaan diam quantum eterik memancarkan medan magnet sangat lemah, karena merupakan rangkaian tertutup,tetapi jika bergerak dan mendapatkan energi kinetik, maka celah-celah pada rangkaian eter akan membuka sehingga memancarkan medan magnet lebih kuat. Semakin tinggi energi kinetiknya semakin kuat medan magnet yang dibangkitkan.
d.Jika elektron bergerak, maka bagian eternya akan memancarkan medan magnet keluar system.
e. Elekron yang bergerak akan memutar (berpusing))  sehingga pancaran medan magnetnya ikut berputar bagaikan sebuah spiral mengelilingi lintasan elektron.
f. Eter lain disekitar elektron yang bergerak akan terinduksi  sehingga terjadilah “lingkaran medan magnet”.
g. Fenomena ini dapat divisualisasikan dengan penghantar listrik yang dialiri arus elektron dan sebuah kompas.

ibnusomowiyono
ibnusomowiyono wrote on Nov 23, ’10
Cucu: jelaskan mengapa jika elektron bergerak akan berputar. Untuk memvisualisasikan anggaplah sebuah elektron bagaikan pesawat jet khusus yang jika bergerak akan berpusing (memutar). Tersedia “medali perak” untuk jawaban yang benar. Pertanyaan ini terbuka bagi siapa saja!
ibnusomowiyono
ibnusomowiyono wrote on Nov 23, ’10, edited on Nov 23, ’10
Cucu: tubuh pesawat tak boleh memiliki sayap melainkan diberi sudu-sudu sedemikian rupa sehingga jika pesawat bergerak maju akan menghasilkan gaya aerodinamika (dari depan) hingga sudu-sudu mengubahnya menjadi gaya pusaran sehingga pesawat jet atau roket akan berposing.
Eyang: Benar! Tetapi kurang lengkap. Waktu elektron bergerak maju bagian eternya “membuka” hingga memancarkan medan magnet dengan arah yang tak radial melainkan agak miring, membentuk sudut terhadap jari-jari. Medan magnet akan menginduksi eter disekitarnya sehingga terjadi medan magnet melingkari lintasan elektron dan menyebabkan elektron berposing.
Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s