Bagaimana terjadinya magnet permanen pada baja.

Pertanyaan: Setahu saya magnet permanen hanya dapat terbuat dari bahan baja, sedangkan besi lunak  hanya sanggup menghasilkan magnet temporer. Mungkinkah material lainnya dibuat menjadi magnet permanen? Bumi memiliki kutub permanen yang konon terjadi karena terdapat sejenis serbuk magnet, sanggupkah teori eyang menjelaskannya?
Jawaban: Magnet permanen pada baja dan  elektro magnet dengan inti besi besi lunak dapat dijelaskan dengan teori kemagnetan weber atau teori atom, jadi silakan cucu mempelajari hukum kemagnetan lewat fisika. Yang seharusnya dipertanyakan adalah mengapa elektron dapat mengelilingi  proton pada orbitnya sehingga sebuah atom dapat memancarkan medan magnet. Fisika hanya menjelaskan medan magnet terjadi akibat elektron berputar mengelilingi proton, tetapi tak menjelaskan mengapa elektron dapat mengelingi proton. Berbagai teori atom yang sudah ada tak menjelaaskan fenomena ini secara gamblang.
Eyang sejak dulu mempertanyakan fenomena ini, tetapi semakin lama semakin tak mengerti penjelasan lewat teori atom konvensional hingga fisika modern , maklum pengetahuan fisika eyang mangat minim. Saat ini para ilmuwan telah mampu menemukan partikel sub atomik yang lebih mendasar, misalnya quark, lepton, messon dll, tetapi tetap saja rahasia atom sebagai sebuah system yang terdiri dari proton (neutron dan positro)  dan elektron ,yang teramat sederhana, dan dapat dibuktikan tentang keberadaan kedua partikel sub atomik itu dan dapat dibuktikan bahwa electron memang benar mengelilingi proton pada jarak tertentu, namun tak dijelaskan bagaimana fenomena itu dapat terjadi. Mungkin cucu sanggup menjelaskan dengan  mekanika quantum, atau teori  fisika mutakhir, misalnya teori baku  atau teori dawai yang menurut eyang semakin rumit.
Teori Minimalis yang semula hanya eyang maksudkan untuk menjelaskan fiksi Blackhole ternyata dapat eyang kembangkan menjadi bagian dari teori informatika yang sanggup menjawab pertanyaan yang eyang peroleh dari disiplin ilmu fisika teori maupun fisika terapan.
Terakhir eyang menggagas Teori Quantum Eterik (Baca tulisan eyang sebelumnya) yang menurut eyang sanggup menginformasikan mengapa electron tak menempel atau menyatu  dengan proton akibat gaya tarik antara positon pada proton dan elektron akibat adanya haya tarik muatan listrik plus (pada positrom) dan minus (pada elektron.),. Menurut teori Quantum Eterik partikul sub atomik bukanlah sekedar paket quantum yang mengakibatkan terjadinya massa (karena E=0)  melainkan ada bagian  eteric yang sanggup membangkitkan medan listrik ( karena E#0) yang menyebabkan elektron dapat mengelilingi oproton.
Singkatnya: Paket quantum merupakan rantai tertutup dari dipole yang telah mengalami keseimbangan prima sehingga tak memancarkan medan magnet dan  gaya tarik diantara kutub-kutub magnet dari dipole yang telah mengalami keseimbangan prima sangat kuat  hingga sangat sulit untuk dipisahkan satu dengan yang  lain.. Paket eteric  yang terjadi dari dipole yang belum mengalami keseimbangan prima dapat merupakan rantai terbuka  yang hanya memiliki gaya lemah hingga mudah berubah posisinya akibat  induksi magnetik ( yang dalam fisika dinamakan medan magnet) rantai tertutup yang masih memancarkan medan magnet karena terdapat “celah-celah” diantara sambungan eteric yang tak sekuat sambungan quantum. Medan magnet yang telah stationer (tak berubah) tak akan menimpulkan medan listrik, sebaliknya perubahan medan magnet akan menimbulkan medan listrik. Jadi tanpa adanya paket eteric mustahil terjadi medan listrik pada sebuah atom. Tanpa medan listrik proton dan elektron tak mungkin membentuk atom. Jadi atom bukanlah sekedar paket quantum melainkan paket quantum eteric.
Agar terjadi muatan listrik statis  untuk saling tarik menarik antara proton dengan elektron dan medan listrik mengelilingi proton agar elektron dapat mengelilingi proton maka setiap saat paket eteric harus “bergetar” untuk memberikan pulsa pembangkit medan listrik. Proton memiliki E genap ( – pangkat genap=+)  arah getarannya berlawanan dengan arah getaran eteric pada elektron karena E ganjil (- pangkat ganjil = -).Medan listrik yang dibangkitkan oleh  proton arahnya keluar dari system sehingga system  seakan bermuatan + sedangkan medan listrik yang ditimbulkan oleh elektron arahnya masuk ke  system sehingga seakan  system bermuatan – Inilah yang menjadikan proton dan elektron saling menarik karena muatan listriknya berlawanan.
Eterik pada proton sangat  kuat (karena memiliki quanta lebih besar dan terpusat sedangkan  elektron  quantanya rendah dan terpisah satu dengan lainny.  Eteric pada proton disamping  membangkitkan gaya tarik elektro statis  juga membangkitkan medan listrik yang sanggup memutar elektron mengelingi proton.
Massa proton jauh lebih besar dari massa elektron, sehingga proton jauh lebih lembam dalam bergerak dibandingkan elektron. Itulah sebabnya proton tidak dapat meninggalkan atom,sedangkan  electron jauh lebih lincah sehingga dapat mendekat atau menjauhi proton, mengelilingi proton bahka sanggup melarikan diri dari atom, sehingga terjadi ion positip. Neutron bermanfaat untuk  mempertinggi massa proton sehingga  kelembaman proton jauh lebih besar dari elektron.
Ada baiknya cucu pembaca dan pempelajari makalah:  CERN dan LHD lewat Wikepedia, disitu akan terbukti  mempercepat  gerakan proton dengan medan magnet (yang tak lain adalah paket eteric)  jauh lebih sulit dari mempercepat gerakan elektron. Baik proton dan  ion positip maupun elektron akan mendapat percepatan jika bergerak dalam medan listrik karena keduanya memiliki muatan listrik statis. Fenomena ini dapat dijelaskan oleh fisika kelistrikan.

Aja gumunan lan gampang percaya, ning ya aja gampang maido apa sing durung kok ngerteni. Thingking before believing is the way to reality.

ibnusomowiyono
ibnusomowiyono wrote on Dec 25, ’10
Baja atomnya dapat diarahkan hingga menimbulkan medan magnet yang tak mudah berubah arahnya, sedangkan besi lunak arah atom-atomnya segera “rusak jika tak diatur oleh medan magnet luar (yang dibangkitkan oleh aliran elektron pada lilitan yang mengelilinginya) . Eter bebas sangat mudah dipengaruhi oleh medan magnet. Materi lainnya memiliki sifat-sifat khusus terhadap pengaruh medan magnet. Masih harus dicari rahasia magnet bumi, apakah disebabkan oleh serbuk magnesium yang ada dikutub bumi, atau akibat putarab bumi pada porosnya.
Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s