Tatabahasa dan rasa bahasa.

Pertanyaan:  Eyang sejak kecil mencintai bahasa Indonesia, cucu ingin bertanya: Mana yang benar. 1. pengusaha wanita atau wanita pengusaha. 2. ibu Mariam atau ibunya Mariam. 3.  Haji dokter Budi atau dokter  haji Budi. 4. Rumah Sakit Anak atau Rumah Anak Sakit.
Jawaban: Pada dasarnya dalam menyusun urutan dua kata  bahasa Indonesia seharusnya memenuhi hukum Baku  Tata Bahasa Indonesia, namun ada kalanya terjadi kerancuan akibat pengaruh tata bahasa asing atau daerah. Penyusunan dua kata, misalnya pembentukan kata harus dikaitkan dengan tujuan penyatuan itu, misalnya pembentukan kata majemuk ,aneksio atau pemberian sifat, bilangan dll. Sering kali aturan itu dilanggar akibat telah salah kaprah atau akibat lebih mengedapankan logika fikir atau rasa bahasa (feeling).
1. pengusaha wanita adalah benar jika pengusaha dianggap sebagai individu atau kelompok manusia sedangkan  wanita dianggap sebagai sifat/gender, tetapi jika wanita dipandang sebagai individu/kelompok manusia  dan pengusaha sebagai jenis  profesi maka wanita pengusaha lebih cocok.
2.  ibu Mariam memiliki dua arti, arti
a. ibu dapat dianggap sebagai martabat/panggilan  Mariam (sebagai halnya presiden, dokter)  b. ibu dapat merupakan kata benda (seperti rumah, buku dll)  yang berkaitan dengan atau dimiliki oleh  Marian, dalam hal ini untuk membedakannya dapat diadoptsi  tata bahasa Jawa dengan memanfaatkan kata ganti empunya “nya” sebagai pengganti kata e dalam bahasa Jawa. Walau menyalahi Tata Bahasa Baku Indonesia kata “ibunya Maria”  tak lagi ambigus.
3. Haji dokter Budi dapat digunakan sebagai sebutan/panggilan  seorang yang telah menunaikan ibadah haji, dan  telah berhak menyandang gelar dokter, baik dia masih aktif maupun sudah pensiun. Dokter Haji Budi digunakan dalam hal menyebutkan profesi seseorang yang telah menunaikan ibadah haji, misalnya guru Haji B, presiden Haji Sukarno.
4. Rumah Sakit Anak termasuk dalam aneksio Rumah Sakit yang artinya tempat perawatan untuk orang sakit dan yang berkaitan dengan masalah sesehatan, kata Anak merupakan keterangan/sifat dari Rumah Sakit  untuk membedakan dengan jenis Rumah Sakit lainnya, misalnya Rumah Sakit Gila.
Rumah Anak Sakit aneksionya adalah Rumah Anak, artinya rumah yang diperuntukkan bagi anak anak, bukan panti jompo atau rumah jompo, kata Sakit merupakan kata sifat, misalnya kata Cerdas, Gila dll.
Semoga penjelasan eyang memuaskan, jika rasa bahasa cucu berlainan dengan eyang, silakan mengemukakan dibuku tamu.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s