T-M verus TM Komsumsi bagi yang ingin berfikir.

Pertanyaan: Saya mahasiswa MIPA yang memandang Teori Minimalis sebagai ilmu klenik karena tak memiliki referensi ilmiah. Saya menjadi terperangah ketika ada seorang yang mengaku cucu penggagas TM “ingin mempertemukan ” Teori Membrane (T-M)  yang ilmiah dengan Teori Paralogika (TM) yang tak memiliki referensi apapun dan berlindung dibawah bendera informatika..  Lebih-lebih si penggagas TM mempersilakan membandingkan kesamaan dan perbedaan kedua Teori itu, mana yang lebih mudah dimengerti.
Pembicaraan antara kakek dan cucunya itu sangat menarik, sebab ternyata sang kakek mau belajar dari cucunya tentang Teori Mutakhir yang teramat sulit di mengerti oleh kakeknya   karena terbelenggu oleh Fisika Konvensional,sedangkan cucunya nampak sangat  menghormati gagasan kakeknya yang telah ketinggalan zaman.
Menurut saya: Teori Minimalis itu membuat yang sebenarnya sangat rumit menjadi sangat sederhana. Kedua teori itu ternyata sama-sama rasionalnya. Dengan tulisan ini saya meminta maaf kepada eyang ibnu, selama ini saya sering memperolok  eyang.
Saya sarankan agar kalian saling menghormati pandangan masing-masing, seperti saran eyang: perbedaan harus disukuri sepanjang tak menjadi pangkal sengketa.
Jawaban: Terima kasih atas perhatian cucu semuanya. Eyang  menjadi sangat bangga karena ternyata banyak cucu yang memperhatikan tulisan-tulisan eyang  sehingga memberikan semangat kepada eyang untuk tetap menulis. Eyang selalu teringat pada ananda Sudarjanto yang memberikan dorongan eyang untuk terus menulis, demikian juga ananda Budhi dan lain-lainnya.
Maafkan jika eyang memberi judul tulisan ini dengan judul: T-M versus TM konsumsi bagi yang ingin berfikir. Janganlah versus dipandang sebagai lawan dalam artian musuh, melainkan lawan dalam artian teman sepermainan atau sparing partner.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s