Apa bedanya Information Technology (IT) dengan Bio Information Technology.(BIT)

Pertanyaan: Menurut eyang Informasi jauh lebih tua dari Tehnologi.Apa bedanya IT dengan BIT. Apa yang dimaksud Tehnologi Ilmiah dan Tehnologi Alamiah? Berikan contoh IT dan BIT.
Jawaban:
a.Tehnologi  ilmiah adalah kemampuan manusia untuk memanfaatkan/mengolah materi dengan bantuan energi fisika secara ilmiah (berlandaskan ilmu pengetahuan yang rasional)  agar dapat dimanfaatkan oleh manusia (dan lingkungannya) untuk berbagai pemenuhan kebutuhan untuk memperoleh kemudahan dan kenikmatan hidup. Contohnya: peralatan transportasi, peralatan komunikasi dan informasi, pengolahan tanah untuk menghasilkan mutu yang lebih baik dll.
b. Tehnologi alamiah  adalah kemampuan alam untuk melakukan proses perubahan/pengolahan  dari satu jenis materi menjadi jenis materi  lain dengan memanfaatkan berbagai  jenis energi yang tersedia diseluruh alam semesta. Misalnya: terbentuknya organisme dari  partikel/materi dan STW, daur ulang unsur organik, peluluhan radio aktivitas, terbentuknya atom dari sub partikel……………. yang semua tanpa campur tangan manusia.  Living organisme yang bukan manusia, misalnya bacteri, tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia sebagai bagian dari living organisme  dapat ikut serta dalam proses tehnologi alamiah.. Dalam hal pengolahan yang dilakukan oleh living organisme termasuk manusia tetapi tak berdasar ilmu pengetahuann yang dikuasai oleh manusia, Tehnologi alamiah dinamakan  Bio Tehmoligi Alamiah, sedangkan jika manusia ikut mencampurinya dengan ilmu pengetahuan maka menjadi Bio Tehnologi Alamiah yang Ilmiah.
c. Sistem Informatika sangat dibutuhkan dalam proses perubahan sebab informatika dapat menjadi penghubung (link) antar  waktu dan antar ruang. Atom hanya mungkin terjadi jika masing-masing pembentuknya sanggup berkomunikasi untuk kemudian bergabung atau memisahkan diri. Untuk dapat  bergabung atau berpisah dibutuhkan link yang menghubungkan antar ruang dan antar waktu.Hal ini dimungkinkan karena adanya  komunikasi untuk saling bertukar informasi.
d. Tehnologi Informasi Alamiah menjadikan proses alami dapat berlangsung lebih efisien dan lebih cepat dalam menghasilkan sesuatu secara alami dari pada sekedar Tehnologi Alamiah.
e. Tehnologi Informasi menjadikan Tehnologi Ilmiah semakin efesien dan cepat.
f. Bio Information Techology  menjadikan Bio Technology  semakin efisein dan cepat.

Kesimpulan: sistem informasika dimiliki oleh setiap ciptaan Tuhan YME sehingga sustu proses menjadi efisien dan cepat karena  : telah terbentuk pola-polanya yang didapat dari waktu silam untuk diwarisken pada generasi berikutnya, juga karena terjadinya komunikasi antara tiap-tiap komponen yang akan bergabung atau memisahkan diri.
Satu contoh: Pembuatan komputer generasi baru  jauh lebih mudah, “praktis” hingga murah, berkat  informasi dari pembuatan generasi sebelumnya, bukan setiap kali harus dimulai dari nol lagi. Komputer dapat bekerja lebih efisien dan lebih cepat berkat  kemajuan tehnologi pembuatannya. Penggunaan energi nuklir akan semakin aman dengan belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Ilmu pengetahuan adalah sumber informasi untuk mempercepat laju Tehnologi disamping research/penelitian dan ekperiment.
Saat ini sampah electronik  dan sampah tehnologi (barang-barang non organik) sukar didaur ulang, maka dengan adanya sistem  Tehnology Informasi Ilmiah yang  Alamiah maka kelak tak akan sulit lagi sampah  Tehnologi Ilmiah yang  Alamiah didaur ulang. Era ini dinamakan Era Tehnogi Ilmiah  yang Alamiah. Prosesnya akan semakin efisien dan cepat jika ditunjang dengan sistem Informatika, menjadi  Scienfic & Natural Information Techlonogy. (SaNIT) atau Tehnologi Informasi Ilmiah  yang Alamiah  (TIIA).
Manusia harus belajar dari Alam agar dapat melestarikannya.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Teori Minimalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s