Informasi dalam bahasa Indonesia

Bagi yang tak memahami bahasa si penyanya, ini akungibnu sajikan penjelasan mengenai informasi dalam bahasa Indonesia.
Informasi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Informasi yang dinyatakan dalam kode ASCII untuk kata “Wikipedia”
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.[1] Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi [2]. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.
Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.
Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet (semisal dari Microsoft Excel) seringkali digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada di dalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan bentuk informasi, sementara angka-angka di dalamnya merupakan data yang telah diberi konteks sehingga menjadi punya makna dan manfaat.
Daftar isi [sembunyikan]
1 Etimologi
2 Istilah informasi
3 Sebagai masukan sensorik
4 Sebagai representasi dan kompleksitas
5 Lihat Juga
6 Referensi
7 Baca
8 Pranala Luar
Etimologi[sunting]

Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan” [3].
Informasi merupakan fungsi penting untuk membantu mengurangi rasa cemas seseorang. Menurut Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak informasi dapat memengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.
Para Yunani kuno kata untuk form adalah μορφή (morphe; cf. morph) dan juga εἶδος (eidos) “ide, bentuk, set”, kata yang terakhir ini biasa digunakan dalam pengertian teknis filosofis oleh Plato (dan kemudian Aristoteles) untuk menunjukkan identitas yang ideal atau esensi dari sesuatu (lihat Teori bentuk). “Eidos” juga dapat dikaitkan dengan pikiran, proposisi atau bahkan konsep.
Istilah informasi[sunting]

Banyak orang menggunakan istilah “era informasi”, “masyarakat informasi,” dan teknologi informasi, dalam bidang ilmu informasi dan ilmu komputer yang sering disorot, namun kata “informasi” sering dipakai tanpa pertimbangan yang cermat mengenai berbagai arti yang dimilikinya.
Sebagai masukan sensorik[sunting]

Seringkali informasi dipandang sebagai jenis input ke sebuah organisme atau sistem. Beberapa masukan penting untuk fungsi organisme (misalnya, makanan) atau sistem (energi) dengan sendirinya. Dalam bukunyaSensory Ecology, Dusenbery menyebutkan itu kausal input . input lainnya (informasi) yang penting hanya karena mereka berhubungan dengan kausal input dan dapat digunakan untuk memprediksi terjadinya masukan kausal di lain waktu (atau mungkin tempat lain).
Beberapa informasi adalah penting karena asosiasi dengan informasi lain harus ada koneksi ke kausal input. Dalam prakteknya, informasi biasanya dilakukan oleh rangsangan yang lemah yang harus dideteksi oleh sistem sensorik yang khusus dan diperkuat oleh input energi sebelum mereka dapat berfungsi untuk organisme atau sistem. Misalnya, cahaya sering merupakan masukan kausal ke tanaman, tetapi memberikan informasi kepada hewan. Berwarna terang tercermin dari bunga terlalu lemah untuk melakukan banyak pekerjaan fotosintesis, tetapi sistem visual dari lebah mendeteksi dan sistem saraf lebah menggunakan informasi untuk memandu lebah kepada bunga, di mana lebah untuk menemukan nectar atau pollen, yang merupakan masukan kausal, melayani fungsi nutrisi.
Sebagai representasi dan kompleksitas[sunting]

Ilmu Kognitif dan terapkan matematika Ronaldo Vigo berpendapat bahwa informasi adalah sebuah konsep relatif yang melibatkan setidaknya dua entitas yang terkait dalam rangka masuk akal. Ini adalah: setiap kategori didefinisikan dimensi-objek S, dan setiap tindakan R. R, pada dasarnya, adalah representasi dari S, atau, dengan kata lain, membawa atau menyampaikan representasional (dan karenanya, konseptual) informasi tentang S. Vigo kemudian mendefinisikan jumlah informasi yang disampaikan R tentang S sebagai tingkat perubahan dalam kompleksitas dari S setiap kali objek dalam R dihapus dari S. bawah “informasi Vigo”, pola, invarian, kompleksitas, representasi, dan lima-informasi dasar ilmu universal yang bersatu di bawah kerangka matematis baru.[4] dengan kata lain, kerangka kerja ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan informasi Shannon-Weaver ketika mencoba untuk mengkarakterisasi dan mengukur subjektif informasi.

Lihat Juga[sunting]

Infrastruktur kebebasan Informasi
Kebebasan Informasi
Gregory Bateson
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Information Arsitektur
Teori Informasi
Informasi geometri
Keadilan Informasi
Informasi Infrastruktur
Pemetaan Informasi
Proses Informasi
Sistem Informasi
Filsafat Komunikasi
Prediksi
Model Propaganda
Informasi Quantum
Teori Shannon–Hartley
Referensi[sunting]

^ L. Floridi, Information – A Very Short Introduction (Oxford University Press) provides a short overview.
^ (Inggris) American Heritage Dictionary: Information
^ (Inggris) Online Etymology Dictionary: Information
^ Vigo, R. (2011). “Representational information: a new general notion and measure of information”. Information Sciences, 181 (2011),4847-4859.
Baca[sunting]

Alan Liu (2004). The Laws of Cool: Knowledge Work and the Culture of Information
Bekenstein, Jacob D. (2003, August). Scientific American.
Gleick, James (2011). The Information: A History, a Theory, a Flood. Pantheon, New York, NY.
Shu-Kun Lin (2008). ‘Gibbs Paradox and the Concepts of Information, Symmetry, Similarity and Their Relationship’, Entropy, 10 (1), 1-5. Available online at Entropy journal website.
Luciano Floridi, (2005). Philosophy and Phenomenological Research, 70 (2), pp. 351 – 370. Available online at PhilSci Archive
Luciano Floridi, (2005). The Stanford Encyclopedia of Philosophy (Winter 2005 Edition), Edward N. Zalta (ed.). Available online at Stanford University
Sandro Nielsen: ‘The Effect of Lexicographical Information Costs on Dictionary Making and Use’, Lexikos 18/2008, 170-189.
Stewart, Thomas, (2001). Wealth of Knowledge. Doubleday, New York, NY, 379 p.
Young, Paul. The Nature of Information (1987). Greenwood Publishing Group, Westport, Ct. ISBN 0-275-92698-2.
Pranala Luar[sunting]

Eschatos ♦ Informasi
Konsep semantik dari Informasi oleh Luciano Floridi untuk Filsafat Ensiklopedia Stanford
Principia Cybernetica entry on negentropy
Informasi Fisher , paradigma baru untuk ilmu pengetahuan: perkenalan, Prinsip-prinsip ketidakpastian,Ide dari Escher, Kant, Plato and Wheeler. Esai ini terus di revisi dalam penelitian yang sedang berlanjut
Berapa banyak informasi? 2003 upaya untuk memperkirakan berapa banyak informasi baru yang dibuat setiap tahun (studi oleh fakultas dan mahasiswa di Sekolah Sekolah manajemen dan sistem informasi di Universitas California)
Informationsordbogen.dk Kamus Denmark istilah informasi
[sembunyikan] l b s
Bidang utama teknologi
Ilmu terapan
Kecerdasan buatan · Teknologi keramik · Teknologi komputasi · Elektronika · Elektronika dan instrumentasi · Teknologi energi · Penyimpanan energi · Rekayasa fisika · Teknologi lingkungan · Teknik material · Mikroteknologi · Nanoteknologi · Teknologi nuklir · Rekayasa optik · Komputer quantum
Olahraga
dan Rekreasi
Peralatan berkemah · Tempat bermain · Peralatan olahraga
Informasi
dan Komunikasi
Teknologi informasi · Teknologi komunikasi · Grafis · Pengenalan suara · Teknologi visual
Industri
Konstruksi · Teknik finansial · Manufaktur · Mesin · Pertambangan
Militer
Bom · Senapan · Amunisi · Teknologi militer · Teknologi militer dan peralatan · Teknik kelautan · Pesawat tempur · Kapal perang · Peluru kendali · Tank
Rumah tangga
Peralatan rumah tangga · Teknologi rumah tangga · Teknologi pendidikan · Teknologi pangan
Teknik
Teknik material · Teknik finansial · Teknik kelautan · Teknik biomedis · Teknik keselamatan · Teknik kesehatan · Teknik penerbangan · Teknik perkapalan · Teknik pertanian · Teknik arsitektur · Rekayasa biologi · Teknik bioproses · Teknik biomedis · Teknik kimia · Teknik sipil · Teknik komputer · Teknik konstruksi · Teknik fisika · Teknik elektro · Teknik lingkungan · Teknik industri · Teknik mesin · Teknik mekatronika · Teknik metalurgi · Teknik pertambangan · Teknik nuklir · Teknik otomotif · Teknik perminyakan · Teknik perangkat lunak · Teknik struktur · Teknik industri · Rekayasa jaringan
Kesehatan
dan Keselamatan
Teknik biomedis · Bioinformatika · Bioteknologi · Informatika kimiawi · Teknologi perlindungan kebakaran · Farmakologi · Teknik keselamatan · Teknik kesehatan
Transportasi
Angkasa luar · Teknik penerbangan · Teknik perkapalan · Kendaraan bermotor · Teknologi luar angkasa
Artikel bertopik budaya ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
Kategori: Ilmu InformasiInformasiKonsep Metafisika
Menu navigasi
Buat akun baruMasuk logHalamanPembicaraanBacaPerubahan tertundaSuntingVersi terdahulu

Halaman Utama
Perubahan terbaru
Peristiwa terkini
Halaman baru
Halaman sembarang
Komunitas
Warung Kopi
Portal komunitas
Bantuan
Wikipedia
Bagikan
Cetak/ekspor
Peralatan
Bahasa lain
Afrikaans
Aragonés
العربية
অসমীয়া
Azərbaycanca
Беларуская
Беларуская (тарашкевіца)‎
Български
বাংলা
Bosanski
Català
کوردی
Česky
Cymraeg
Dansk
Deutsch
Zazaki
Ελληνικά
English
Esperanto
Español
Eesti
Euskara
فارسی
Suomi
Français
Galego
עברית
हिन्दी
Hrvatski
Kreyòl ayisyen
Magyar
Interlingua
Ilokano
Ido
Íslenska
Italiano
日本語
Basa Jawa
ქართული
Қазақша
한국어
Latina
Lëtzebuergesch
Lietuvių
Latviešu
Олык марий
Македонски
മലയാളം
Монгол
मराठी
Bahasa Melayu
Mirandés
नेपाली
नेपाल भाषा
Nederlands
Norsk nynorsk
Norsk bokmål
Occitan
Polski
پنجابی
Português
Runa Simi
Română
Русский
Русиньскый
Саха тыла
Sicilianu
Srpskohrvatski / српскохрватски
සිංහල
Simple English
Slovenčina
Slovenščina
Shqip
Српски / srpski
Basa Sunda
Svenska
தமிழ்
Тоҷикӣ
ไทย
Türkçe
Татарча/tatarça
Українська
اردو
Oʻzbekcha
Tiếng Việt
Winaray
Wolof
მარგალური
ייִדיש
中文
粵語
Sunting interwiki
Halaman ini terakhir diubah pada 18.05, 22 Mei 2013.
Teks tersedia di bawah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Cre

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s