Empat Pilar digugat karena dipandang “merendahkan” Pancasila.

Pertanyaan: Bagaimana pendapat akungibnu terhadap gugatan ke MK terhadap Empat Pilar yang dianggap “merendahkan” Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia? Akung juga akan digugat karena membuat Empat Saka Guru berbangsa dan bernegara., yang berarti “merendahkan” Pancasila sebagai Dasar Negara.
Jawaban: Akungibnu (Ibnusomowiyono Notoatmojo)  sudah  diperingatkan  oleh Yahoo saat menjelaskan bahwa Pancasila dapat disalah gunakan. Dikatakan Pancasila tak dapat disalah gunakan. Tulisan akung dipandang meragukan kehebatan Pancasila sebagai Dasar Negara hingga  tak mungkin disalah gunakan.
Akung menulis lagi di Yahoo sebagai pertanggungan jawab atas tulisan akung untuk memberikan bukti bahwa Pancasila pernah disalah gunakan oleh para penguasa untuk menghabisi lawan-lawan politiknya.

Contoh:

1.Menjadikan penumpasan G30 S sebagai Hari Kesaktian Pancasila, pada hal cara  itu jelas melanggar perikemanusiaan yang adil dan beradab.

2. Menjadikan Pancasila sebagai azas tunggal bagai party polistik dan ormas, yang bertentangan dengan Bhinneka Tungga Ika.

3. Melarang penggunaan tulisan/bahasa dan budaya Cina di Indonesia, juga bertentangan dengan Bhinneka Tunggal Ika dan Sumpah Pemuda.

4. Penataran P4 jaman Orba, yang menyatakan kebebasan beragama tetapi  bukan kebebasan tidak beragama, jadi rakyat Indonesia harus beragama, namun   kenyataannya yang diakui hanya lima agama, yang tidak menganut salah satu dari lima agama itu tak terlindungi oleh Pancasila. Ini juga penyelewengan Pancasila dan bertentangan dengan Bhinnika Tunggal Ika.Bhinneka Tunggal Ika.

5 . Lagu Satu nusa, satu  bangsa dan satu bahasa , tidak bertentangan Pancasila, namun  jelas menyimpang dari Sumpah Pemuda, ……..mengaku  satu nusa, satu bangsa dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Maknanya: memberi kebebasan dan berkembangnya berbagai bahasa daerah dan asing  disamping bahasa Indonesia

6. Piagam Jakarta tidak bertentangan dengan Pancasila, namun bertentangan dengan sumpah pemuda karena memberikan keistimewaan terhadap pemeluk agama Islam yang merupakan mayoritas, sehingga sumpah pemuda telah dinodai   oleh kepentingan  agama yang dianut mayoritas untuk menjalankan ibadahnya sementara yang lain dibiarkan bebas. Membatasi agama yang boleh dianut rakyat (lima agama) , terkesan tidak  mengayomi memeluk diluar kelima agama tersebut  apalagi yang tidak beragama. Piagam Jakarta  dikhawatirkan akan  menambahkan fasal satu agama dalam sumpah pemuda , sehingga memungkinkan  NKRI menjadi NII.  Semoga tidak ada niat demikian!

Kesimpulan Pancasila memang sangat ideal sebagai dasar negara ,  dan merupakan ideologi terbuka namun kurang tegas alias abu-abu, sehingga memiliki “multi” tafsir hingga dapat disalah gunakan baik secara sengaja atau tidak disengaja.

Gagasan Empat Pilar berbangsa dan bernegara bagi rakyat  Indonesia dimaksud untuk mempertegas atau mendukung Pancasila, bukan merendahkan Pancasila. Boleh saja Pancasila tetap berfungsi sebagai Dasar Negara, namun ditunjang  lebih dipertegas oleh Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, agar Pancasila tak terimbas oleh amandemen UUD 45.

Sebagai dasar negara yang didukung oleh UUD 45 Pancasila terasa kurang kuat sebab kenyataannya UUD45 telah di amandemen.  Sebagai Dasar Negara yang kurang tegas dan telah ternoda dikhawatirkan dapat ikut diamandemen sebagai halnya UUD 45.

Karena UUD 45 sudah diamandemen, maka tidak sepantasnya disamakan dengan unsur pilar lainnya, itulah sebabnya akungibnu (Ibnusomowiyono Notoatmojo) menggagas Empat Saka Guru Berbangsa dan Bernegara sebagai koreksi terhadap Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara

Keempanya sebagai Saka Guru (bukan sebagai Dasar Negara)  sama pentingnya, namun sebagai Dasar Negara memang Pancasila berbeda dengan yang lain.  Pancasila tidak mungkin di amandemen jika  merupakan salah satu saka guru berbangsa dan bernegara, akan berbeda jika Pancasila hanya merupakan Dasar Negara saja.

Sebagai bagian  Saka Guru  Berbangsa dan Bernegara Pancasila  memiliki harga mati sehingga  tak dapat di amandemen atau di revisi sebagai  halnya saka guru lainnya. Menurut akungibnu Saka Guru bukannya produk UUD sehingga tak mungkin di amandeme, sebab akan berakibat hancurnya NKRI.  Dasar Negara masih mungkin di amandemen.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s