Apa bedanya Reformasi dengan Restorasi.

Pertanyaan: Dapatkah akungibnu menjelaskan perbedaan reformasi dan restorasi. Akung memilih melakukan reformasi atau restorasi?
Jawaban:
a. reformasi adalah: perubahan tatanan secara “bertahap”, untuk  meniadakan tatanan yang telah terbukti buruk menjadi baik, sebagai lawan dari reformasi adalah revolusi yaitu perubahan tatanan secara spontan.
b.restorasi atau reklamasi: artinya mengembalikan tatanan yang rusak menjadi baik dengan cara bertahap. Ada kesan “mengembalikan” tatanan lama yang baik namun telah rusak menjadi baik kembali seperti sebelum rusak.
Saat ini bangsa Indonesia sedang melakukan reformasi. antara lain dengan mengamandemen UUD 45. Seharusnya reformasi akan meninggalkan “kebiasaan” buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik, namun dalam kenyataannya justru banyak yang menjadi semakin tidak baik.
Mereka yang kurang sabar menganjurkan untuk melakukan revolusi.  Akungibnu memilih melakukan reformasi ketimbang revolusi, sebab akibat dari revolusi sangat mengerikan, yaitu “menghancurkan” semua yang telah kita capai dan  tidak memuaskan, yang buruk dan yang baik ikut dikorbankan.
Jika restorasi / reklamasi sekedar untuk mgembalikan tatanan  lama , akungibnu  juga tidak setuju,, ini artinya langkah mundur. Jika tidak demikian, pada hakekatnya tak berbeda dengan reformasi, memperbaiki yang buruk agar menjadi baik, tanpa ber “nostalgia” pada tatanan lama yang dianggap baik namun tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Reformasi lebih realistik ketimbang reklamasi, karena berdasar kondisi yang dibutuhkan saat ini (bukan masa lalu), sepanjang tidak melanggar Saka Guru Berbangsa dan Bernegara: Sumpah Pemuda, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.
Reformasi harus berjalan terus, hasil  reformasi yang tidak baik harus ditata ulang agar menjadi baik tanpa bernostalgia pada tatanan lama yang mungkin tak sesuai dengan kondisi saat ini.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s