Operatot Matematika Penggabungan adalah plus (+) sedangkan penyatuan operatornya kali (*)

Secara Matematika : Penggabungan  akan menghasilkan nilai penjumlahan, sedangkan penyatuan menghasilkan nilai perkalian. Contohnya: a + a = 2a, sedangkan a * a = a^2.

Kesimpulan: pada umumnya penyatuan jauh lebih kuat dari sekedar penggabungan. Atas dasar inilah eyang ibnusomowiyono menyatakan bahwa: Negara Kesatuan lebih kuat dari Negara Serikat.

Jawaban atas Pertanyaan cucu: Mengapa Amerika Serikat tetap utuh sedangkan Uni Soyet telah hancur berkeping dapat dijelaskan dengan MM.

Secara Matematika Minimalis:

a+. (E1=0) + (E2=0) = (E3=0) ,

a*.  (E1=0) * (E2=0) = (E3=0)

b+. (E1=0) + (E2#0) = (E3#0) ,

b*. (E1=0) * (E2#0) = (E3=0)

c+. (E1#0) + (E2#0) = (E3#0), kecuali jika (E1#0) = – (E2#0),  akan menghasilkan (E3=0)

c*. (E1#0) * (E2#0) = (E3#0) . Dapat dibuktikan bahwa  E3 hasil penyatuan  semakin  menjauhi titik keseimbangan E=0 .Dibanding  dengan penggabungan. E3 hasil  penyatuan  semakin menjauhi titik  keseimbangan prima ( E=0), jadi  penyatuan dua yang semu (E#0)  justru akan menghasilkan  (E3#0)  yang semakin semu dibanding penggabungan antara (E#0). 

 

Penyatuan Uni Soviet termasuk  Penyatuan Semu (E1#0)*(E@#0) yang menghasilkan E3#0  sangat besar nilainya  , karena berdasar pemaksaan yang kuat kepada yang lemah, maka sangat goyah sehingga mudah terpecah. Berbeda dengan NKRI yang berpegang pada Bhinneka Tunggal Ika, bukan pemaksaan untuk menyatu. dari yang kuat kepada yang lemah., sebab memberikan tempat pada perbedaan (tidak mengharuskan sama). 

Amerika Serikat berserikat/bergabung  atas dasar kemauan masing-masing, ibaratnya: penggabungan antara (E1=0) + (E2=0) hasilnya  (E3)=0  sama dengan hasil penyatuan (E1) * (E2). = (E3=0). Penyatuan atau penggabungan sesuatu yang nyata hasilnya pasti nyata, bukan semu.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s