Akal budi dan dogma.

Pertanyaan: Tuhan YME adalah hasil akal budi manusia, namun menurut Akungibnu hanya dapat dibuktikan lewat akal budi manusia, bukan lewat dogma. Apakah menurut Akungibnu akal budi manusia jauh lebih heibat dibandingkan dogma?
Jawaban: Dogma jauh lebih heibat dari sekedar akal budi manusia bagi mereka yang dapat yakin tanpa difikir, hingga dapat memperoleh kebahagiaan abadi, walaupun tidak terakses oleh pancaindera dan peralatan fisika. Kata guru spiritual Akungibnu (J.B.Basuki) : “Believe withount thinking is the way to the heaven, “ sedangkan akal budi lebih heibat dari dogma bagi mereka yang berfikir sebelum menyakini. Akungibnu mengimbangi statemnt itu dengan : “ Thinking before believing is the way to reality.”

Kami menyelesaikan perbedaan itu dengan cara pendekatan pencapaian target, yaitu tujuan hidup seseorang atau idealisme sebagai: “ menembak target/sasaran yang kita inginkan, kita menginginkan langit (kebahagiaan abadi) atau bumi (kenyataan di bumi). Atau……. kedua-duanya.”

Ibaratnya menembak:
a. untuk tujuan apa (tergantung selera dan kepentingan si penembak), atau yang menyuruh menembak.
b. yang akan kita tembak apa (burung pipit, harimau, pesawat antariksa…………….atau meteor)
c. Senjata dan peluru yang harus digunakan jelas berbeda, tergantung target yang akan dicapai dan tujuan mengenai sasaran, untuk dihancurkan atau untuk dimanfaatkan demi kepentingan lain.
d. Sipenembak melakukan atas kemauan sendiri, atau atas perintah “majikan ”/ atasan yang “menjanjikan” apa yang diingikan oleh si penembak (jadi tujuannya bukannya sekedar hasil tembakannya, melainkan jauh lebih bermakna ketimbang sekedar materi.)

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s