Bedanya orang genius dan orang gila

Pertanyaan: Eyang Ibnu menyatakan: genius dan gila bedanya hanya serambut. Apakah perbedaan itu dapat dicermati lewat akal budi?

Jawaban: Dapat dianalisa berdasar persamaan dan perbedaannya.
Persamaannya: Keduanya berfikir semau gue, sehingga sangat berbeda dengan kebanyakan orang, perbuatannya juga sangat berbeda dengan kebanyakan orang.
Perbedaannya: Orang genius memiliki idealisme sehingga berusaha untuk membuat orang kebanyakan “membenarkan” hasil pemikirannya. Orang gila bersifat masa bodoh, tidak berusaha untuk dapat dimengerti oleh orang kebanyakan.
Contoh orang genius:
Einstein dipandang genius karena dapat “menyakinkan” para ilmuwan bahwa kecepatan maksimal adalah c. Hawking juga dipandang genius karena membuat teori yang dapat meyakinkan orang bahwa Blackhole merupakan jalan menuju alam semesta yang lain.
Namun keduanya berbeda:
Einstein sampai meninggal tetap konsisten, walau gagal dalam upaya menemukan eter, namun tetap saja menyakinkan para ilmuwan bahwa eter tidak ada, seakan Einstein tahu segalanya. Hawking tidak dapat menyakinkan para ilmuwan kebenaran teorinya, teori tersebut hanya diterima oleh mereka yang terbiasa menggunakan dogma (tinggal percaya tanpa bukti ilmiah) . Hawking meralat teorinya sehingga sangat mengecewakan orang yang terlanjur mempercayai, terakhir malah membuat pernyataan yang kontroversial : Tuhan tidak mencampuri urusan dunia.
Dalam meyakinkan orang banyak atas kebenaran fikirannya
a. memanfaatkan kesempatan yang tersedia, diantaranya “kejenuhan” akan kemapanan, harapan akan terjadinya mujijat terjadinya perubahan tatanan.
b. menawarkan gagasan baru sebagai pembanding fikiran lama yang telah mapan.
c. memanfaatkan gagasan yang telah dibuang ke keranjang sampah, namun ternyata dibutuhkan lagi.
Jika terbukti dapat membuat orang banyak “mempercayai” nya, maka barulah dapat dikatagorikan genius. Jika tidak berhasil ada dua kemungkinan: dianggap gila atau memang  benar-benar gilan.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s