Mengapa BLCD motor sangat penting?

Pertanyaan: Saya mempelajari berbagai motor litrik, diantaranya: motor serempak (motor sinkron) dan motor tidak serempak (motor asinkron). Menurut akung lebih penting mana motor serempak atau motor tidak serempak?

Jawaban: keduanya sama pentingnya, namun memiliki ciri khusus:

a. Motor serempak kecepatan  putaran medan magnet  yang dibangkitkan oleh arus listrik yang mengalir dalam lilitan (pada stator) sama  dengan putaran motor (rotor), sehingga tidak boleh terjadi selip, sebab akan menyebabkan motor menjadi panas.

b.motor tak serempak harus terjadi selip (perbedaan kecepatan putar medan magnet yang dibangkitkan oleh arus listrik yang mengalir dalam lilitan sator berbeda dengan keceptan putaran rotor) agar rotor dapat berputar menyesuaikan dengan beban mekanik,  semakin besar selip, tenaganya semakin besar, namun juga menimbulkan panas.

Diantara motor serempak adalah motor  DC atau AC/DC., sedangkan motor tidak serempak adalah motor induksi.

Motor induksi mula-mula hanya dapat digerakkan dengan AC berdasar medan magnit berputar pada listrik AC tiga phase, atau dengan cara menggeser sudut phasa pada listrik satu atau dua phase sehingga dapat membangkitkan medan magnet putar yang akan menginduksi rotor yang terbuat dari  lapisan besi lunak.

Berkat  ditemukan converter (osilator  DC ke AC) , kemudian disempurnakan dengan inverter, motor AC  dapat digerakkan dengan DC dengan terlebih dulu mengubah arus DC menjadoi AC.

Motor DC hanya dapat digerakkan dengan DC berkat ditemukannya komutator yang berupan lamel pada rotor dan sikat arang pada stator. Motor DC hanya memiliki gulungan/lilitan pada stator atau pada rotornya, bagian yang lain merupakan magnet permanen.

Motor AC/DC baik rotor maupun statornya merupa lilitan yang dialiri arus listrik searah. Motor AC/DC juga menggunakan komutator.

Komutator sangat penting agar rotor dapat berputar pada poros nya. Tanpa komutator tak mungkin motor DC atau AC/DC berputar jika dialiri arus listrik DC. Kelemahan komutator adalah: menimbulkan gesekan antara lamel rotor dengan sikat arang (borstel) pada stator.

Akibat gesekan menyebabkan sikat arang terkikis menjadi serbuk arang yang mengotori lamel tembaga pada rotor sehingga nengganggu aliran listrik yang membangkitan medan magnet listrik. Lamel yang kurang baik akan terkikis sehingga menimbulkan bunga api yang dapat membakar sikat arang, bahkan merusak lilitan motor.

Kesimpulan: kelemahan motor DC maupun AC/DC terletak pada komutator.  Motor jenis ini digolongkan motor DC konvensional atau Brushed DC motor. Penemuan peralatan electronic dapat mengganti fungsi  fungsi komutator sehingga  dari sistem mekanik menjadi sitem electronik, tidak dibutuhkan lamel dan sikat arang.  Motor baru ini disebut BLDC  motor  yang termasuk DC motor atau AC/DC motor  yang tidak membutuhkan lamel dan sikat arang . Perubahan arah arus listrik   dalam lilitan stator diatur dengan peralatan elektronik.

Motor DC dan AC/DC  sangat penting sebab dapat digerakan dengan arus searah  (DC). Energi listrik DC dapat disimpan dalam  elemen kimia yang dinamakan aki. Penyimpanan energi listrik DC jauh lebih mudah dibanding penyimpanan energi listrik AC. Sebaliknya pengiriman energi listrik jauh lebih mudah menggunakan energi listrik AC.

Kesimpulan : kedua  jenis listrik AC dan DC saling melengkapi, sebagai halnya motor listrik serempak dan motor listrik tidak serempak.

Kendaraan bebas (sepeda listrik, mobil listrik ) , harus menggunakan DC karena   dapat tersimpan dalam aki sedangkan kendaraan diatas rel yang merupakan transportasi masal,  lebih mudah digerakkan dengan AC yang  dibangkitan oleh generator AC dipusat pembangkit tenaga  listrik dan disalurkan lewat sistem transmisi (kawat)  sehingga dapat mencatu energi listrik besar  untuk menggerakkan kendaraan berat. Listrik AC juga sangat mudah diubah tegangannya agar sesuai dengan kebuthan.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mengapa BLCD motor sangat penting?

  1. Akung Ibnu berkata:

    Kendaraan bebas (lewat jalur yang berubah-ubah) yang kini digerakkan oleh motor pembakaran dalam (baik BBM atau gas) akan segera digantikan dengan motor listrik BLDC, sebab lebih efisien, tidak bising, tidak menimbulkan polusi udara, mudah mengoperasikan dan perawatannya. Kendaraan massal yang melewati rel, baik yang konvensional maupun yang monorel akan digerakkan dengan motor listrik BLDC bukan motor induksi sebab pada tenaga kuda sama membutuhkan ruang lebih kecil.
    Motor induksi akan tetap digunakan dalam kebutuhan rumah tangga dan pabrik yang tidak bergerak (tidak berpindah-pindah lokasinya) sebab lebih sederhana konstruksinya, sangat mudah perawatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s