Apakah pemindai = scanner?

Pertanyaan: Apakah pemindai = scanner? tetap mempertahankan makna slinya

Jawaban: pemindai adalah bahasa Indonesia yang saat ini digunakan sebagai terjemahan dari scanner, namun menurut rasa bahasa akung keduanya memiliki perbedaan sehingga akan lebih baik tetap mengadoptasi kata asing demi mempertahankan makna aslinya.

Ini akung kutibkan arti pemindai, dan arti scanner:

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemindai desktop, dengan kap terbuka. Sebuah objek diletakkan di atas kaca, siap dipindai.

Hasil pindaian badak tampak pada foto di atas.

Pemindai (bahasa Inggris: scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:

Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.

Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai LJK. Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:

  1. Flatbed
    Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
  2. Automatic Document Feeder (ADF)
    Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder(ADF) adalah:

    • kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
    • dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
    • dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
    • sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

Ini arti memindai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Indonesian to Indonesian
verb
1. melihat dng cermat dan lama; memandangi: ia ~ wajahnya dl cermin itu;
source: kbbi3

2. Dok memeriksa dng alat pengindraan (spt fitometer atau sinar radiasi) untuk mendapatkan informasi; melewatkan berkas elektron atau (sesuatu) lalu mengubahnya menjadi variasi sifat-sifat elektron (msl vilatase) yg membawa informasi secara elektronis;
Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Apakah pemindai = scanner?

  1. Akung Ibnu berkata:

    Scanner adalah alat untuk memindai objek berdasar urutan data masuk, baik yang berupa digital atau analog, hampir mirip dengan kata melacak atau menelusuri,
    Merekam dengan alat fotografi konvensional, baik still photo grafi atau movie tidak bersifat melakukan scanning melainkan merekam menyeluruh pada objek diam atau bingkai-bingkai pada movie. Mengamati objek termasuk memindai, kemudian dilakukan dilakukan scanning dalam ujut pulsa untuk disampaikan pada otak lewat saraf.
    Saat mata melihat gambar, maka akan terjadi bayangan yang kemudian discan menjadi pulsa-pula untuk dikirim ke otak. Mata memindai objek secara keseluruhan, kemudian melakukan scanning. Memindai juga berbeda dengan merekam, sebab merekam meluputi proses memindai sekaligus menyimpan data baik secara analog maupun digital. Memindai lebih tepat diterjemahkan sebagai to capture the object, kemudian dapat direkam secara menyeluruh atau dengan cara menscan.
    Kesimpulan: memindai memiliki makna lebih luas dibanding menscan.
    Pemindai adalah alat untuk mengamati (secara keseluruhan maupun bagian per bagian) sedangkan scanner mengamati berdasar urutan titik-titik yang discanning.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s