Mana yang benar: Right or wrong it’s mine atau It’s mine I can make it be wrong or right?

Pertanyaan: Mana yang benar: Right or wrong it’s mine atau It’s mine I can make it  be wrong or right?

Jawaban: Tergantung penggunaannya:

Right or wrong it’s mine: membuat orang tak bergeming dari keyakinannya, bagaikan  pulau karang yang tak bergeming walau setiap kali dihantam ombak.

It’s mine I can make it be wrong or right: membuat seorang berusaha dan sanggup  membuat lingkungannya menjadi  buruk atau sebaliknya, bagaikan ombak yang berdeburan mengarungi samodera  “menggempur” pulau karang untuk  menguji ketangguhan pulau karang.

Pernahkah cucu mengetahui rahasianya: mengapa pulau karang justru semakin tangguh akibat gempuran ombak? Seandainya dibuat “talut”/tanggul  yang melindungi  pulau karang  dari gempuran ombak, apa jadinya? Jika talut itu dimaksud untuk mengurug laut disekitar pulau karang untuk dijadikan daratan, karang tidak mungkin “tumbuh lagi” alias mati kutu.   Mengapa? Dengan mudah karang dijadikan semen untuk membangun bangunan beton demi keserakahan manusia.

Ternyata ombak yang seakan akan  menghancurkan pulau karang justru menjadikan pulau karang semakin perkasa. Mengapa? Ombak menggunakan deburannya untuk berbuat benar (right) bagi  pulau karang, sebaliknya manusia membuat talut/pelindung untuk berbuat salah (wrong) terhadap pulau karang.

Ombak menggunakan filosofi: It’s mine (Laut adalah wilayahku) so I can make it (mine)   be right.

Manusia membuat “pelindung”/ talut menggunakan filosofi: It’s mine (Laut adalah wilayahku) so I can make it be wrong for other but be right for me.

Eyang Ibnu pernah membuat sair “gombal” mengenai rahasia ombak dan pulau karang.

Kulihat (dengan mata)  ombak datang dan pergi menghantam pulau karang. Pulau karang tetap bertahan bahkan semakin perkasa.

Aku heran, mengapa yang kulihat lewat mata, kudengar lewat telinga:  debur ombak yang ganas menghantam pulau karang setiap saat kok tidak menghancurkan nya, malah menambah keperkasaan yang digempur”.

Setelah mempelajari biologi , rahasia itu terungkap. Karang itu dibangun oleh living organisme yang membutuhkan makanan. Ombak setiap saat mengirimkan kebutuhan living organisme untuk membangun pulau karang.

Menurut akung: pikiran/akal manusia bagaikan ombak yang setiap saat “mengocok otak manusia” sedangkan pulau karang adalah “otak manusia” yang selalu ada dalam batok kepala, dekat dengan:  mata, hidung , telinga, lidah, dan kulit muka, hingga manusia hanya mengandalkan pancainderanya, yang berakibat menjadi materialistik (MS), tidak mengakui  adanya microcosmos disamping macrocosmos. Karang (microcosmos) berbeda dengan batu alam (macrocosmos).

Right or wrong it’s mine bukan hanya dimanfaatkan   MS yang tak mau  membedakan antara macrocosmos (benda/energi)  dengan microcosmos (makhluk hidup) , melainkan juga  RS (yang  jelas membedakan antara benda dengan makluk hidup), bahkan  setiap budaya manusia memanfaatkan filosofi :  Right and wrong it’s mine, untuk menghadapai “gempuran” lingkungan, padahal lingkungan tidak selalu akan  menghancurkan kita sepanjang kita dapat “memanfaatkan” demi memperkokoh kemampuan diri kita.

Jika kita sanggup menguasai lingkungan, ( It’s mine! ) sering menjadi perusak lingkungan akibat filofosi: It’s mine so I can make it be right for me even  wrong for it.

Bagi yang menginginkan meniadakan keraguan filosofi “Right or wrong  it’s mine”  memang sangat bermanfaat.

Ini contohnya: Right or wrong my nation, my belief, my community,……………… Right or wrong my son, my father, my husband……..

Yang perlu diwaspadai adalah dampaknya, sehingga merasa:  I am alway right, other are alway wrong.  Mengapa? Sikap ini akan menjadi bumerang, atau senjata makan tuan. 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s