Ciptaan Tuhan berpasang-pasang, sehingga dapat rukun dan dapat bersengketa.

Pertanyaan: Pak de Ibnu menyatakan bahwa ciptaan Tuhan berpasang-pasang dan hanya Tuhan yang tidak butuh pasangan. Dapatkan pak de membuktikan bahwa Tuhan tidak butuh pasangan bukan atas dasar dogma melainkan atas dasar akal budi?

Jawaban: Makna dari pasangan adalah dua individu yang “berbeda” ,misalnya lelaki dengan perempuan, kaki kiri dan kaki kanan,  bumi dan langit……………. yang dapat menghasilkan apa yang  diinginkan oleh yang berpasangan maupun  yang tidak diinginkan oleh  yang berpasangan atau lingkungannya.

Sesuatu yang berbeda dapat bergabung atau menyatu membentuk sesuatu yang lebih baik maupun buruk dibanding saat masing-masing berdiri sendiri. Sebagai contoh suami istri  yang  hanya terdiri dari satu lelaki dan satu isteri, tidak menjamin menghasilkan rumah tangga sebagai yang diinginkan oleh masing-masing  individu yang berpasangan. Mungkin  lebih baik saat masing-masing belum berpasangan. Itulah sebabnya perceraian “diizinkan” oleh agama Islam. Yang perlu dipertanyakan apakah anak-anak yang dilahirkan dari perkawinan yang diselewaikan lewat perceraian tidak menjadi korbannya?

Seandainya “Tuhan” memiliki “pasangan” apa jadinya jika “Tuhan” melakukan “perceraian” atau berselisih  faham dengan pasangan Nya?  Umatnya akan sangat sengsara. Nah berdasar akal budi  semua akan sependedapat bahwa Tuhan tidak butuh pasangan agar dapat tetap “mandiri” tanpa direcoki oleh pasangan Nya.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s