Manunggaling kawula Gusti bukan mempersekutukan Tuhan dengan ciptaan Nya.

Pertanyaan: Menurut pak de Ibnu: Filosofi “manunggaling kawula Gusti”  bukan berarti mempersekutukan Tuhan dengan ciptaan Nya. Apakah filosofi tersebut hanya berlaku pada microcosmos atau juga berlaku pada macrocosmos? Apakah manunggal identik dengan menyatu (*) atau sekedar bergabung (+)? Mohon  dijelaskan menurut Teori Minimalis.

Jawaban: Terima kasih, kemenakan telah memahami Teori Minimalis dan meminta pak de menjelaskan berdasar Teori Minimalis, bukan berdasar RS maupun MS atau SS.

TM, khususnya Teori Paralogika  menggunakan komputer sebagai model organisme dan user sebagai model spirit atau soul. Bagi orang awam juga dapat digunakan “kendaraan” sebagai model organisme dan “pengemudi” sebagai model spirit atau soul.

Dengan menggunakan model tersebut , sesuatu yang rumit dapat dijelaskan dengan lebih mudah. Berdasarkan model tersebut: dengan mudah dijelaskan “rahasia” living organisme( termasuk manusia)  yang merupakan penggabungan (+) antara spirit atau soul sebagai user atau pengemudi dan organisme sebagai komputer atau kendaraan.

Living organisme dapat “hidup”  hanya saat organsime dikendalikan oleh spirit atau soul. Living organisme tidak immortal, mengalami proses kelahiran dan kematian, sehingga  hanya sekedar penggabungan (+).  Lain halnya dengan Holly Body dan Talent Body yang immortal  merupakan contoh penyatuan (*) body dengan soul sehingga tidak mengalami  kelahiran dan kematian.

Istilah manunggaling kawula gusti bukan hanya berlaku bagi living organisme, melainkan juga berlaku pada living body lainnya, sebab istilah manunggal bukan hanya “menyatu”(*) melainkan  juga  sekedar “menjadi satu” atau bergabung (+).

Sebagai pembandinga:   Manunggaling suami istri berdasar pernikahan yang dilindungi oleh hukum, tanpa pernikahan tidak dapat disebut manunggal melainkan kumpul kebo. Suami istri dapat “bercerai” (misalnya yang satu meninggal dunia). Jika suami istri tidak sekedar bergabung melainkan menyatu, jika yang satu mati yang lain ikut mati.

Istilah manunggal dapat berarti bergabung atau menyatu  sesuai dengan norma yang berlaku diwilayah hukum tertentu. Di wilayah Sub Alam Gaib terdapat Holly Body (menyatunya bright body dengan soul)  dan  Living Bright Body  (bergabungnya bright body dengan soul). Di wilayah Sub Alam Metafisika terdapat Talent Body  (menyatunya dark body dengan soul) dan Living Dark Body  (bergabungnya dark body dengan soul)

Manunggaling kawula gusti juga berlaku di sistem macrocosmos, sebagai contoh: atom terdiri dari inti atom dan elektron.  Inti atom bertindak sebagai gusti sedangkan elektron sebagai kawula. Atom yang kehilangan elektron dinamakan ion positif, yang memperoleh tambahan elektron dinamakan ion negatif. Atom juga mengalami “kelahiran” dan ‘kematian”, sehingga tidak immortal.

Inti atom dapat pecah menyadi inti atom yang memiliki bobot atom lebih kecil. Atom dapat bergabung dengan atom lainnya membentuk molekul.

Hal serupa juga terjadi pada sebuah galaksi, tata surya, bahkan planet.

Sekali lagi pak de menjelaskan berdasar Teori Minimalis  dengan menggunakan akal budi, bukan dogma RS maupun  Analisa  Ilmiah  Science (tanpa menggunakan batin)  yang merupakan bagian MS yang tidak mengakui adanya soul dan spirit.

TM  menunjang SS bernaung dibawah payung sistem informatika sehingga yang menerima harus menggunakan akal budinya (bukan hanya menggunakan akal saja atau batin saja), jika bermanfaat silakan gunakan, jika tidak bermanfaat buang saja ke keranjang sampah.

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s