Percaya diri dan tak tahu diri.

Pertanyaan: Aku adalah pengagum Akungibnu, sehingga marah ketika teman-teman mengejek Som Wyn alias Akungibnu sebagai manusia yang tidak tahu diri. Harga diriku sangat tersinggung sehingga kuputuskan persahabatan kami agar perasaanku tidak tersakiti. Bagaimana pendapat Akungibnu?

Jawaban: Terima kasih cucu “mengagumi” akung, namun cemooh teman-teman cucu  memang tidak salah, sebab Som Wyn memang tidak tahu diri.

Antara percaya diri (PD)  dengan tak tahu diri (TTD)  ibarat keping uang setipis rambut dibelah sejuta, yang membedakan: orang PD  tidak akan tersinggung dikatakan TTD . Jika cucu PD  jangan marah dicemooh sebagai TTD, apalagi marah karena Akungibnu dikatakan TTD (padahal memang akung memang TTD).

Orang TTD memperolok/mencemooh  orang lain karena saat bercermin bayangan pada cermin hanyalah sekedar hasil ilusi  atas dirinya, bukan  kenyataan.

Banyak tulisan dan gagasan Akungibnu “melukai” orang-orang yang mereka kagumi, misalnya: Einstein, Darwin, Hawking,  dll yang telah sanggup meyakinkan peradaban manusia saat ini yang materialistik  sementara Som Wyn belum sanggup menyakinkan mereka (kecuali cucu), sehingga dikatakan tidak tahu diri, bahkan seharusnya dikatakan gila.

Tak ada ruginya “menjauh” dari mereka yang selalu membuat perasaan cucu tidak nyaman, namun jangan  marah apalagi membenci  sebab hal itu justru merugikan diri sendiri.

Memilih teman sebaiknya yang “sama sudut panjangnya”, namun harus tetap  mawas diri sehingga tidak  apriori yang berbeda sudut pandang salah bahkan dianggap sesat dan dipandang sebagai musuh.

Tetaplah PD walau dikatakan TTD!

 

Iklan

Tentang Akung Ibnu

Kakek dengan duabelas cucu yang masih senang menulis. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s